+62 811 114 280 [email protected]

Referensi Wisata Menurut Peta Wilayah Eropa Barat

eropa barat

Eropa merupakan salah satu dari 5 benua di dunia, yang sebenarnya adalah semenanjung atau anak benua. Sebagai benua terkecil kedua setelah Australia, Eropa memiliki luas wilayah sekitar 10.080.000 kilometer persegi. Berdasarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa, benua Eropa terbagi menjadi 4 wilayah yaitu Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Utara dan Eropa Selatan. Dilansir dari peta  Eropa barat terdiri dari negara-negara eropa bagian barat seperti Austria, Belgia,Prancis, Liechtenstein, Jerman, Luksemburg, Monako, Belanda, Swiss, dan Inggris.

Kondisi Geografis Eropa

Dilihat dari peta Eropa Barat merupakan bagian dari benua Eropa yang terletak di bagian barat wilayah yang berada di daratan Eurasia atau Eropa dan Asia. Secara astronomis, benua ini terletak pada 71o6 LU – 36o LU dan 9o27 BB – 66o20 BT

Dulunya benua Eropa merupakan hutan yang berada di antara laut Mediterania dengan Samudra Artric. Namun seiring berkembangnya waktu hutan tersebut di tebang guna memenuhi kebutuhan manusia dari abad pertengahan hingga masa revolusi industry.

Perbatasan dari negara Eropa bagian barat ini adalah negara-negara yang tidak diduduki Uni Soviet. Selain itu negara yang termasuk dalam negara berdasarkan peta Eropa Barat adalah negara yang tidak dikuasai oleh rezim komunis. Negara Eropa Barat memiliki konsep politik demokrasi liberal, kapitalisme dan juga Uni Eropa

Dalam peta Eropa Barat terdiri atas pulau-pulau di pantai barat, dataran rendah bergelombang hingga pegunungan. Suhu di Eropa Barat dipengaruhi oleh angin barat yang berasal dari Samudra Atlantik yang bertiup setiap musimnya.

Kota Wisata Populer pada Peta Eropa Barat

Jika melihat peta Eropa Barat dengan seksama, maka akan nampak kawasan dataran rendah yang membentang dari timur menuju barat. Kawasan yang didominasi oleh Ras Kaukosoid ini memiliki ciri fisik hidung mancung. Selain itu biru matanya, kulit terang dan rambut pirang atau biasa disebut sebagai subras nordik.

Terkenal akan arsitektur bangunannya, membuat Eropa Barat menjadi negara yang wajib di kunjungi. Untuk itu banyak kota yang bisa disambangi untuk sekedar menikmati epicnya arsitektur bangunan. Adapun destinasi kota wisata yang bisa di sambangi para pelancong tersebut adalah sebagai berikut :

1.Paris, Prancis

Siapa yang tidak kenal dengan kota Paris? Sebuah kota yang menjadi kiblatnya dunia fashion sejagat raya. Paris sebagai ibukota Prancis ini disebut juga sebagai City of Light yang memiliki makana pusat pencerahan intelektual peradaban Barat. Selain itu juga disebabkan adanya gemerlap lampu-lampu kota berpadu dengan monument yang berdiri dengan megah nan mempesona.

Paris, Perancis

Memiliki Menara Eiffel sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia ini membuat banyak orang berbondong-bondong ingin pergi ke kota ini. Bahkan saking mempesonanya banyak dunia entertaint tanah air yang menjadikan kota Paris sebagai latar belakang film mereka. Di Paris kamu juga akan menemui lukisan terkenal yaitu lukisan Monalisa juga Museum Louvre.

2.Zurich, Swiss

Berdasarkan peta Eropa Barat salah satu kota istimewa yang berada di Swiss adalah Zurich. Meski dikenal sebagai kota termahal karena biaya hidup yang tinggi, tak menyurutkan langkah wisatawan untuk mendatangi kota ini.

Zurich, Swiss

Pasalnya kota yang memiliki sejarah peradaban dunia barat ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Panorama pegunungan Alpen disertai arsitektur gedung memukau membuat pandangan mata tidak ingin berkedip. Alih-alih rugi rasanya jika tidak menyimpan memori tersebut dengan jepretan kamera.

3.Amsterdam, Belanda

Selain sebagai ibukota negara Belanda, Amsterdam juga merupakan kota yang wajib ada di list destinasi wisatamu.

Karena kota ini menawarkan keindahan arsitektur bangunan yang klasik nan romantic. Alangkah bahagianya saat bisa menikmati aneka ragam kesenian,makanan dan juga ikon bangunan bersama orang tersayang di Amsterdam.

Baca juga:  Daya Tarik Budaya Korea Selatan yang Khas dan Unik
Amsterdam, Belanda

Amsterdam juga dikenal dengan “Venesia dari Utara”, dengan berjuta kanal. Kamu bisa mempercantik instagrammu dengan swafoto bersepeda di dekat sungai. Atau bisa juga menjadikan bangunan abad ke -17an ini sebagai latar belakang saat kamu menaiki perahu di kota ini.

4.Dublin, Irlandia

Ingin berwisata tapi tetap bisa berolahraga? kamu bisa memilih kota Dublin untuk melakukan keduanya dalam waktu bersamaan. Karena berbagai tempat wisata di kota ini jaraknya saling berdekatan, sehingga kamu bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki.

Gimana selain menyehatkan, tentu juga akan merefreshkan pikiran penatmu bukan?

Dublin, Irlandia

Dalam peta Eropa Barat, lokasi wisata yang berada di Dubin ini saling berdekatan. Adapun objek wisata tersebut seperti General Post Office, Liffey Bridge, City Hall, Dublin castel Christ Chrush Cathedral hingga St. Patrick’s dan Tempel Bar area.

Menikmati indahnya aliran air sungai Liffey disuguh dengan secangkir kopi panas dapat kamu rasakan di Dublin. Pemerintah setempat menyediakan tempat duduk untuk menikmati suasana tersebut.

5.Edinburgh, Skotlandia

Sama halnya dengan Amsterdam, sebagai ibukota suatu negara Edinburg memiliki nilai-nilai sejarah. Edinburgh merupakan sebuah kota kuno dengan gaya arsitektur bangunan khas Eropa. Sebagai kota yang menawan di Skotlandia, Edinburgh terbagi menjadi 2 bagian yaitu Old Town dan New Town.

Edinburgh, Skotlandia

Old town dengan gaya klasiknya abad pertengahan, sedangkan ne Town dengan gaya Neo Clasical- Georgian. Dari situ keduanya telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995 silam.

Dengan berwisata ke kota-kota yang berada pada peta Eropa Barat ini kamu akan menikmati suguhan asitektur khas Eropa yang banyak ditiru di negara Asia. Atau mungkin kamu akan terinspirasi untuk membangun istana dengan arsitektur nuansa barat.

Destinasi Wisata Eropa Barat yang Wajib di Kunjungi

Saat melihat peta Eropa Barat, kamu akan berangan-angan untuk berwisata ke negara-negara tersebut. Karena Eropa Barat selalu menawarkan tempat-tempat kece untuk dikunjungi para penggemarnya. Apalagi saat melakukan perjalanan kamu ditemani oleh orang tersayang. Biar tidak menjadi angan, sebaiknya kamu mulai menabung dari sekarang agar bisa mencapai belahan dunia bagian barat tersebut.

Biar kamu tidak terlihat norak saat mengunjungi beberapa tempat wisata di Eropa barat. Kami sajikan beberapa referensi destinasi wisata berdasarkan masing-masing negara yang wajib kamu kunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut

1.Belanda

Negara Belanda terkenal dengan sebutan negara kincir angin, karena memang banyak sumber daya tenaga yang dimanfaatkan dari angin. Sebagian besar wilayah Belanda terdiri dari daratan rendah, namun terdapat pula pegunungan , bukit pasir dan sungai-sungai indah lainnya.

Tidak hanya keindahan alam yang memukau, Belanda juga memiliki banyak tempat wisata menarik dengan keunikannya tersendiri. Keunikan-keunikan tersebut mampu mendaya tarik wisatawan untuk berkunjung. Adapun destinasi wisata Belanda yang wajib kamu datangi, diantaranya:

1.1.Taman Bunga Keukenhof

Taman Bunga Keukenhof merupakan taman indah dengan hiasan ladang tulip yang berwarna-warni. Taman ini juga dikenal sebagai salah satu taman terindah di dunia. Taman Bunga Keukenhof akan semakin terlihat cantik pada bulan Maret hingga Mei. Karena pada bulan-bulan itulah banyak bunga yang bermekaran seperti tulip, sakura, anggrek, mawar dan lavender.

taman bunga keukenhof

Menurut peta Eropa Barat,taman ini memiliki luas 32 hektar, dan membuat taman ini dibagi menjadi beberapa jenis taman seperti Nature Garden, English Landscape Garden, Japanese Garden, dan Historical Garden.Kenikmatan bagaikan surga semakin terasa saat kamu menyusuri kawasan taman ini dengan perahu yang tersedia.

1.2.Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Jika di Indonesia memiliki Lembang sebagai float marketnya, maka Belanda memiliki Bloemenmarkt. Bloemenmarkt merupakan sebuah pasar bunga yang terapung yang berdiri sejak tahun 1862. Berdasarkan peta Eropa Barat Pasar ini berada di tepi Kanal Singel sehingga biasa juga disebut sebagai Bloemensingel.

Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Bagi pecinta bunga, akan sangat senang apabila mengunjungi tempat ini. Di tempat inilah kamu akan menjumpai aneka macam bunga yang sudah dirangkai maupun masih tertanam di pot. Pasar ini buka setiap hari pada pukul 09.00-17.30 saat hari Senin-Sabtu dan pukul 11.00-17.30 di hari Minggu.

Baca juga:  Inilah Paket Wisata Halal Eropa Yang Banyak Diminati Muslim di Indonesia

1.3.Desa Kinderdijk

Tidak afdhol rasanya, jika kamu sudah singgah ke Belanda tapi tidak mampir ke Desa Kinderdijk. Sebuah desa yang menjadi icon Belanda disebut sebagai negara kincir angin. Di desa ini terdapat kurang lebih 1000 kincir angin.

Desa Kinderdijk

Berdasarkan peta Eropa Barat, lokasi dari Desa Kinderdijk berada di 15km dari kota Rotterdam atau tepatnya berada di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan. Kincir angin ini dibangun guna membantu daratan yang posisinya dibawah level air tetap kering. Hal ini dikarena desa tersebut sering kena banjir, sehingga diperlukan baling-baling untuk memompa air dari waduk menuju sungai.

1.4.Rijksmuseum

Buat yang tidak ingin ketinggalan untuk mempelajari mengenai sejarah dari Belanda ini dapat mengunjungi Rijksmuseum. Di tempat inilah, catatan-catatan sejarah di bekukan. Berbagai koleksi dari museum ini adalah lukisan maestro terkenal, buku-buku tua, dan juga fotografi klasik.

Rijksmuseum

Museum dengan desain arsitektur bergaya khas Belanda dinobatkan menjadi salah satu museum terbaik di dunia. Unsur elemen dekorasi dari bangunan ini menggunakan elemen neo-ghotic.

1.5.Leiden Canals

Banyak film-film barat yang menggunakan kanal sebagai latar belakang film layar lebar mereka. Untuk itu biar ke-Belanda-anmu makin terasa, sebaikya kamu mengunjungi Leiden Canals.

Leiden Canals

Penyusuran kanal-kanal menggunakan perahu akan menambah keseruanmu untuk menikmati liburan di negara Belanda. Selain itu kamu akan menyaksikan berbagai atraksi menarik sepanjang perjalanan menaiki perahu

Dari peta Eropa Barat,Nampak jelas bila Belanda memiliki berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi. Kamu akan menikmati petualangan seru yang berbeda saat menginjakkan kaki di negeri kincir angin ini.

2.Prancis

Selain terkenal sebagai kota mode, Prancis juga terkenal sebagai pusat keromantisan dunia. Tidak heran banyak film percintaan yang menggunakan latar belakang dari negara ini.

Dan bahkan tak jarang yang menggunakan judul film mereka dengan unsur Prancis.

Kalau kamu tidak hanya ingin jadi penonton film-film romantisnya saja. Sebaiknya kamu datang sendiri dan rasakan sensasi romanticnya negara yang terkesan kecil pada peta Eropa Barat ini.

Sensasi romantic tersebut bisa kamu gapai dengan mngunjungi tempat wisata Prancis seperti :

2.1.Basilica Of Sacred Heart of Paris

Basilica merupakan tempat suci yang dibangun untuk menghormati para korban peperangan  Fraco-Prusia. Destinasi ini terletak di kawasan Montmarte dan berada di puncak bukit. Basilika ini di buka setiap hari dari pukul 06.00 pagi hingga 22.30 malam.

Basilica Of Sacred Heart

Yang menarik dari objek wisata ini adalah, bangunannya yang terbuat dari batu khusus bernama Chateau Landon. Dimana batu tersebut akan mengeluarkan kapur saat hujan dan berfungsi sebagai pemutih sebagai lambang dari kesucian.Gedung ini selalu terlihat putih dan bersih

2.2.Pont Du Gard Bridge

Saat mendengar kata jembatan, jangan langsung lompat ya saat kamu putus cinta. Karena sangat disayangkan jika kamu jauh-jauh ke Paris hanya untuk bunuh diri. Pont Du Gard Bridge ini menawarkan keindahan bangunan yang luar biasa epicnya. Bangunan dengan tiga tingkat ini dibangun guna menjembatani saluran air Bangsa Romawi terdahulu.

Bangunan ini dibangun oleh menantunya Caesar Augustus yaitu Marcus Vipsanius Agrippa. Jembatan dengan ketinggian 48,8 m ini mampu menyalurkan sekitar 200 juta liter air setiap harinya. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan jepretan kamera ya, karena di Indonesia belum punya jembatan dengan tiga tingkatan.

2.3.Arc De triomphe

Monumen ini berada di tengah Place Charles de Gaulle ini merupakan tempat untuk memperingati prajurit pahlawan perang. Bangunan Arc De triomphe memiliki banyak patung yang menggambarkan peristiwa revolusi pada masa kekaisaran. Selain itu juga terdapat api abadi dan museum.

Arc De triomphe

Keunikan dari monument ini adalah saat pengunjung ingin pergi ke tempat wisata ini, mereka harus menggunakan jalan bawah tanah. Pengunjung dapat menikmati keindahan kota Paris dengan berjalan menuju lantai atas monument.

2.4.Verdon Gorge Canyon

Jika dari tadi berkutat dengan wisata arsitek, kini beralih ke wisata alam di negara Prancis. Verdon Gorge Canyon merupakan sebuah ngarai yang menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Ngarai dengan panjang 25 kilometer dan tinggi 700 meter dan lebar bervariasi, antara 6-100 meter di bagian bawah ini menjadi destinasi favorit para pelancong

Baca juga:  Mengenal Amr bin Ash Sahabat Nabi, Gubernur Sekaligus Pembebas Mesir
Verdon Gorge Canyon

Dari peta Eropa Barat, dapat diketahui lokasi dari Grand Canyon ala Eropa ini terletak di antara Alpes de Haute Provence dan Var. lokasi ini juga sering digunakan untuk multipich climbing, hiking, paralayang dan arum jeram.

Selain destinasi wisata diatas, masih terdapat berbagai destinasi wisata lainnya di Prancis yang bisa kamu kunjungi. Sebagai negara romantic, tak lengkap jika kamu pergi ke negara ini sendirian. Sebaiknya ajak pasangnmu agar bisa merekam kisah yang romantic seperti Romeo dan Juliet.

3.Austria

Menurut peta Eropa Barat sebagai negara yang berada di kawasan Pegunungan Alpen, desa-desa kecil yang diselimuti salju menjadi keindahan alami yang bisa dinikmati. Austria sebagai negara cantik memiliki destinasi wisata cantik pula, seperti:

3.1.Wina (Wein)

Wina merupakan ibukota negara yang bertetanggaan dengan Jerman, yaitu Austria. City of Music menjadi julukan dari kota ini, karena banyak musisi-musisi ternama lahir dari kota Wina. Opera house teater music classic juga menjadi daya pikat wisatawan untuk mengunjungi kota Wina ini.

3.2.Hallstatt

Dilihat dari peta Eropa Barat, Hallstat memiliki jumlah penduduk sekitar 800an jiwa. Hallstatt adalah ikon dari negara Austria dengan view  rumah tradisional yang berada di Danau Hallstat. Danau Hallstat memiliki latar belakang Pegunungan Alpen, saking cantiknya desa ini sampai dibikin replica oleh China.

Hallstatt, Austria

3.3.Linz

Selain sebagai ibukota state Styria, Linz juga menjadi pusat budaya Eropa. Dimana kemudian ditetapkan oleh UNESCO dengan julukan City of Media Arts, karena memiliki aneka ragam kesenian budaya yang spektakuler.

linz, Austria

3.4.Seefeld

Bisa dibayangkan betapa indahnya, keindahan alam Danau Wildsee yang berada di dataran tinggi Pegunungan Wetterstein dan Pegunungan Karwendel. Keindahan alam ini makin sempurna dengan panorama alam yang memukau di musim panas, dan keseruan salju untuk pecinta sky pada musim dingin

Menurut peta Eropa Barat, Austria memiliki dataran tinggi disertai danau sehingga membuat suasana nature begitu terasa bagi wisatawan yang menyinggahi negara satu ini. Jadi jangan lewatkan moment indahmu dengan mengabadikannya melalui jepretan kamera.

Temukan paket-paket pilihan tour ke negara-negara di Eropa bersama Hayatun Tour disini https://www.hayatuntour.com/tujuan/eropa/

4.Belgia

Belgia merupakan negara yang kurang peminat wisatanya. Hal ini karena tidak banyak orang yang mengetahui keindahan wisata yang ditawarkan. Meski dalam peta Eropa Barat Belgia tergolong negara kecil, Belgia juga memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Adapun tempat wisata yang menarik tersebut adalah sebagai berikut :

4.1.Manekin Pis

Manekin Pis merupakan tempat yang paling terkenal di Belgia. Disebut sebagai Manekin Pis karena terdapat sebuah patung anak kecil laki-laki yang sedang buang air kecil atau pipis ke dalam sebuah kolam. Patnung tersebut terkenal karena disebut sebgai aksi heroic anak dalm menjinakkan bom melalui air kencingnya.

4.2.Brussel Town Hall

Eropa memiliki masa sejarah abad pertengahan, sehingga banyak bangunan yang bernilai dengan desain abad pertengahan. desain arsitektur renaissance dengan warna krim gading, membuat bangunan ini terkesan gothic.

Brussel Town Hall

Yang menarik dari objek wisata ini adalah lonceng dengan tinggi sekitar 96 meter yang dilengkapi dengan patung tokoh-tokoh Belgia.

4.3.Parc du Cinquantenaire

Parc du Cinquantenaire merupakan sebuah taman anniversary 50th Belgia merdeka. Untuk memperindah taman ini, pemerintah setempat membangun monument dengan material kaca, besi dan batu. Selain itu juga ditanami aneka pepohonan dan aneka bunga yang harum nan elok yang akan memperindah peta Eropa Barat.

Parc du Cinquantenaire

4.4.Bruges

Siapa yang tidak ingin menjelajahi kota seperti kota kuno yang terdapat dalam suatu dongeng. Bruges memiliki desain arsitektur renaissance yang di padukan dengan kanal-kanal membuat kesan retro semakin terasa. Terdapat pula Sea Park Boudewijn untuk area bermain anak-anak.

Itulah beberapa referensi wisata Belgia yang bisa kamu masukan dalam daftar list wisata berdasarkan peta Eropa Barat.

5.Swiss

Rasa coklat dari swiss begitu lezat, sehingga banyak pengusaha kuliner khususnya yang berbau coklat mengambil bahan pokok mereka dari Swiss. Selain coklat, Swiss juga memiliki destinasi wisata yang wajib kamu datangi, seperti :

5.1.Rhina Falls Scaffhausen

Rhina Falls merupakan air terjun dengan akses yang mudah. Selain suguhan panorama yang elok. Tempat ini di lengkapi anak tangga yang aman untuk anak-anak. Untuk mencapainya kamu bisa menggunakan kapal wisata.

Rhina Falls Scaffhausen

5.2.Zurich

Dilihat dari peta Eropa Barat, Zurich merupakan sebuah danau yang terletak di bagian utara Swiss. Untuk bisa menikmati suguhan panorama yang mempesona, kamu tidak perlu mengeluarkan segepok uang alias gratis. Tapi inget tetap harus memperhatikan kebersihan ya.

Zurich

Melihat peta Eropa barat, masih banyaklagi destinasi wisata menajkubkan yang bisa kamu sambangi. Tidak hanya di Belanda, Prancis, Austria, Belgia dan Swiss saja, kamu juga bisa menikmati destinasi wisata lain di negara Eropa Barat lainnya. Kalau kamu masih bingung mesti kemana saja, kamu bisa menghubungi Cheria-Travel. Kamu akan mendapatkan rekomendasi paket wisata pada peta Eropa Barat yang sesuai dengan keinginamu. Kalau kamu tertarik dan ingin mengunjungi wisata Eropa Barat, segera sisihkan uang jajanmu untuk berlibur. Kalau bisa sekarang kenapa harus menunggu besok.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!