+62 811 114 280 [email protected]

Keunikan Masjid Al Aqsa Sebagai Tempat Ibadah Umat Muslim Tertua

Masjid al aqsa palestina

Sejarah Islam pertama kali dibentuk oleh tempat ibadah sakral di Yerusalem, yaitu masjid al aqsa palestina, Masjidil Haram dan masjid nabawi. Ketiganya menjadi kiblat ibadah umat muslim dunia, kendati hingga sekarang masih terjadi konflik perang antara palestina dan israel. Meskipun perang masih berkibar karena perdebatan panjang dari riwayat masa lalu, Masjid Aqsa tetaplah menjadi sebuah bangunan suci yang memiliki nilai sejarah agamis dari nabi Allah SWT.

Inilah keunikan dari Masjid Aqsa yang bisa anda ketahui:

  1. Menjadi kiblat pertama Islam 
    Saat ini banyak umat muslim yang datang umroh dan haji mengunjungi kiblat Islamnya bernama mekah, tetapi jauh sebelum kiblat mekah diresmikan, kiblat pertama umat muslimnya adalah Masjid Al Aqsa. Masjid Aqsa ini memang kemudian berpindah ke mekah setelah Nabi Muhammad  mendapatkan pesan suci dari Allah SWT untuk mengubah kiblat Islam dari Masjid Aqsa ke mekah, Masjidil Haram. Hingga saat ini sampai kiamat kiblat umat muslim adalah tetap mekah bukan masjid lainnya.
  2. Didirikan oleh nabi Allah SWT
    Masjid Aqsa didirikan oleh nabi Allah SWT yaitu lebih tepatnya cucu Nabi Ibrahim, Nabi Yakub. Nabi Yakub membangun Masjid Aqsa ini dengan konsep yang sedikit berbeda dari konsep saat ini. Karena setelah pembangunan tersebut nabi sulaiman berusaha menyempurnakan Masjid Aqsa hingga berbentuk lebih bagus. Sayangnya, tahun 746 masjid tersebut hancur karena bencana alam gempa kemudian dibangun kembali oleh khilafah Abbasiyah Al-Mansur tahun 754. Penyempurnaan masjid kembali dilakukan setelah pemerintahan berganti.
  3. Terdiri lebih dari 1 masjid 
    Masjid Aqsa merupakan masjid induk terbesar yang ternyata memiliki anak masjid yang tak kalah indah dan memiliki sejarah. Anak masjid tersebut adalah Masjid Qibli, Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan beberapa masjid lainnya. Anak masjid juga digunakan untuk ibadah ketika umat Islam Merayakan sholat ied fitri.
  4. Pernah dibakar
    Masjid aqsa pernah dibakar oleh seorang berkebangsaan Australia tahun 1969, bernama Dennis Michael Rochan. Dia sempat diadili karena tindakan mursalnya, tetapi kemudian dibebaskan dengan alasan memiliki gangguan jiwa dan dirawat di rumah sakit jiwa.
  5. Dibuat tempat pembuangan akhir
    Ketika penduduk yahudi pergi meninggalkan Yerusalem, maka wilayah ini dijadikan oleh penduduk romawi sebagai tempat sampah. Pada masa itu, sahabat nabi Umar Bin Khattab rela turun tangan sendiri membersihkan  dengan tangan kosongnya sampah yang menumpuk dengan bantuan umat muslim seadanya. Akhirnya, Umar memanggil 70 keluarga untuk tinggal di Yerusalem.
  6. Tempat Nabi Muhammad  isra mi’raj
    Dari masjid al aqsa palestina inilah peristiwa bersejarah Nabi Muhammad  menerima wahyu melalui kendaraan buraq yang menuju ke langit lapis tujuh. Semua sahabat nabi menunggu peristiwa penting tersebut dan wahyu yang diturunkan adalah jumlah sholat 5 waktu dalam sehari wajib.
    Awalnya, jumlah sholat dianjurkan sebanyak mungkin dalam sehari tetapi Nabi Muhammad  memberikan ide agar shalat dilakukan 5 kali saja dalam sehari mulai dari subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya. Untuk subuh sebanyak 2 rakaat, dzuhur 4 rakaat, ashar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat dan isya 4 rakaat.
  7. Imam Al-Ghazali Menulis Kitab Ihyaa’ Ulumuddin
    Masjid Aqsa merupakan saksi bisu dari seorang penulis kitab Islam tersohor bernama Imam Al-Ghazali yang menuliskan semua tentang kajian kasus hadist, dan ajaran Al Qur’an. Dari masjid aqsa, beliau mendapatkan ketenangan dan inspirasi yang luar biasa, semua kasus yang umat Islam saat ini jalani terjawab lewat kitab tersebut.
  8. Kubah emas
    Masjid Aqsa memiliki kubah emas yang dibalut dengan marmer asli. Sebenarnya, kubah masjid dulunya terbuat dari kayu tetapi seiring dengan perjalanan pemerintahan digantikan dengan lapisan emas asli dan marmer sehingga saat ini kubah tersebut dinamakan sebagai dome of rock.
Baca juga:  Menarik! Fakta Unik Tentang Pegunungan Alpen dan Desa Mempesona Untuk Berwisata

Bagi umat Islam yang datang dengan tujuan ibadah seperti naik haji, umrah, ziarah jangan sampai terlewatkan mengunjungi tempat bersejarah agama Islam. Semua tempat tersebut adalah saksi sejarah bahwa nabi allah pertama kali turun hingga nabi akhir zaman memberikan semua tenaganya untuk menyebarkan agama Islam sebagai agama dengan tuntunan terbaik. Kendati Masjid Aqsa pernah dikontroversikan sebagai daerah perang hingga saat ini, tetapi kekuatan Islam dunia tetap mendukung penuh agar Masjid Aqsa berdiri tegak dan bisa digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam.

Masjid al aqsa palestina tidak hanya tersedia ruang untuk ibadah saja tetapi juga ruang baca perpustakaan yang terpisah dengan ruang utama ibadah. Dalam ruang perpustakaan tersebut tersedia banyak karya seni Islami yang cukup fenomenal, kaligrafi tangan seniman Islam dan literatur studi kasus Islam. Masjid Aqsa Yerusalem merupakan sejarah ribuan tahun bahkan lebih yang patut kita jaga dan rawat karena mengandung kekuatan Islam dari keberkahan doa para nabi.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!