+62 811 114 280 [email protected]

Plesiran Seru di Seongsan Ilchulbong Korea Selatan

Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong menjadi tempat wisata di Korea Selatan yang sangat seru untuk dikunjungi.

Masa kini Korea Selatan sedang booming-boomingnya. Terutama melalui drama, film, dan tentu saja K-Pop nya. Dari situlah banyak orang mengenal tentang negeri gingseng ini. Terutama bahasanya yang sekarang menjadi populer di kalangan masyarakat.

Bahkan wisata-wisata yang menarik ditampilkan dalam dramanya. Sehingga banyak orang yang ingin terbang ke sana. Salah satu wilayah yang eksotis dan menjadi impian wisatawan yaitu Jeju.

Jeju, termasuk region yang punya pemandangan sangat cantik. Namanya juga ditransliterasi menjadi Cheju atau Cheju Do. Jadi jangan bingung lagi ya kalau masih ada yang menyebutnya dua nama tersebut. Bentuknya berupa pulau ini menawarkan destinasi-destinasi wisata yang mengasyikan. Salah satunya Seongsan Ilchulbong.  

Hal Mengasyikan di Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong Peak berada di bagian timur Cheju Do. Bentuknya berupa kawah ini berdiameter 600 meter dengan tinggi 90 meter. Terdapat juga 99 batu seperti mahkota raksasa di sekitar kawah. Ada tebing di bagian utara dan selatan. Timur laut merupakan bukit-bukit bisa langsung menuju desa Seongsan.

Seongsan sendiri berarti gunung yang menyerupai kastil, sedangkan ilchulbong berarti puncak. Awal terbentuknya ada fenomena alam dari seratus ribu tahun lalu di wilayah itu. kejadian erupsi di bawah laut memunculkan kawah-kawah di Pulau Jeju.

Mendaki ratusan tangga

Jika mau berkunjung ke Seongsan Ilchulbong, siapkan fisik terlebih dahulu ya. Mengapa begitu? Sebab mendaki ke puncaknya harus melawan ratusan tangga. Waktu yang dihabiskan kurang lebih 20 menit. Bosan? Tentu tidak.

Baca juga:  Inilah Paket Wisata Halal Eropa Yang Banyak Diminati Muslim di Indonesia

 Justru menaiki dengan medan jalan itu akan menikmati pemandangan yang cantik-cantik. Sambil istirahat di pertengahan jalan dapat melihat keadaan alam yang hijau. Di puncak bukit ini nikmati sepuas-puasnya keindahan alam yang menakjubkan. 

Ketika turun dari situ, anak tangga menurun menujukan arah ke kuda poni (kiri) dan pemandangan laut (kanan). Para turis bisa memilih yang ingin dikunjungi. dua tempat itu bagus untuk dinikmatinya. Jadi jangan sampai ada yang terlewat ya?

Melihat matahari terbit

Selain mendaki, para wisatawan disuguhi sunrise yang cantik. Di Seongsan Ilchulbong memang menjadi area sunrise paling bagus di Korea Selatan. Tidak heran para turis melancong ke spot ini.

Jika ingin melihat proses kemunculan matahari dari awal sampai akhir, datanglah di hari sebelumnya. Anda dapat menginap di sekitar wisata. Terdapat hotel dan restaurant yang khusus disediakan pelancong.

Tidak hanya itu perhatikan juga kondisi iklimnya. Kondisi buruk membuat kecewa. Dikarenakan view-view yang sudah direncanakan tidak bisa dilihat dengan bagus.

Menikmati pantai jeju

Setelah mendaki dengan badan yang capek, cobalah untuk datang ke pantai. Pasirnya yang hitam ini terletak di dasar tebing Seongsan Peak.  Airnya yang jernih membuat mata lebih segar.

Bahkan bisa juga nih mengobati kaki-kaki yang lelah dalam menginjak pantai ini. Apabila tidak mau mendaki dan hanya ingin melihat sunrise atau sunset, datang saja ke pantai ini. Selain di Puncak Seongsan, tempat ini juga memperlihatkan pemandangan matahari terbit atau tenggelam yang indah.

Tidak hanya kegiatan itu saja, wisatawan juga dapat menikmati makanan laut langsung dari penyelamnya. Namanya Hanyeo. Penasaran kan? Yuk tetap ikuti tulisan ini.

Berkenalan dengan Haenyeo

Mungkin kalau anda penyuka drama korea, penyelam wanita sudah tidak asing lagi. Penyelam ini disebut haenyeo. Pekerjaan yang hebat bagi wanita-wanita Jeju. Di sini para turis bisa melihat atraksi-atraksi haenyeo dalam menyelam.

Baca juga:  Daftar Tempat Wisata Halal Dunia | Cocok Untuk Muslim

Mereka akan menangkap hasil laut. Hasil tersebut nantinya akan dijual di tempat-tempat makan supaya wisatawan bisa menikmati hasil tangkapannya. Bahkan dijual juga di pasar-pasar sekitarnya. Rasa makanan laut di pulau itu pun sangat lezat.

Penyelam ini dilakukan oleh wanita muda dan tua. Sangat keren ya wanita tua masih mau menyelam. Haenyeo tua memang sudah terkenal di penjuru Korea. Menandakan juga dari kehidupan masa lalu Jeju, bahwa wanita di sana sebagai punya peran sangat penting sebagai kepala keluarga.

Berkuda

Apabila dari mendaki anda belok kiri, wisatawan akan menemukan area kuda poni Jeju. Dalam bahasa koreanya Jorangmal. Letaknya terdapat di dekat pintu masuk Seongsan Ilchulbong. Di situ ada ladang rumput untuk kuda-kuda. selain melihat kuda-kuda yang gagah itu, turis dapat menaikinya. Ada pemandu yang siap untuk menjaga penunggang kudanya. Jadi jangan takut mencoba ya.

Tiket Masuk dan Waktu Operasional Seongsan Ilchulbong    

  • Biaya masuk

Masuk di wisata ini satu orang dewasa dipungut biaya 2000 won. Berbeda dengan anak-anak harga karcisnya setengah harga dari orang dewasa. Biaya parkirnya gratis.

Biaya-biaya itu untuk menjaga kebersihan dan jalur pendakiannya. Sehingga akan terawat dengan baik. Perlu diperhatikan, belilah tiket 20 menit sebelum waktu penutupan.

  • Jam buka

Dalam satu tahun jam operasionalnya akan berbeda. Pada bulan April hingga Oktober dibuka mulai pukul 07.00-20.00. Berbeda dengan bulan November hingga Maret.

Jam bukanya diundur setengah jam, 07.30. Ditutupnya pun lebih awal satu jam tepatnya pukul tujuh malam. Wisata ini dibuka setiap hari.  

Cara Menuju Seongsan Ilchulbong

Jarak tempuh menuju Pulau Jeju memakan waktu yang lama. Selama perjalanan pun pasti merasakan kebosanan. Tetapi tenang, selama perjalanan menuju Seongsan Ilchulbong akan diperlihatkan buah jeruk Jeju. Bahkan disuguhi pula bunga-bunga kanola.

  • Sewa mobil
Baca juga:  Toledo, Kota Dengan Kisah Toleransi Dan Perbedaan Tiga Agama Berbeda

Jika anda ingin menikmati perjalanan tidak memakan waktu yang lama, bisa nih menyewa sebuah mobil. Terlebih menginginkan perjalanan bersama orang-orang tercinta. Tentunya menyewa mobil menjadi pilihan yang baik.

  • Naik bus

Ada keseruan tersendiri ketika berwisata naik bus. Anda bisa mengobrol dengan orang-orang lokal. Orang tua di sana suka mengajak mengobrol orang asing terlebih dahulu. Untuk naik bus antar kota Jeju, ambil bus nomor 710.

Berhentilah di pintu masuk Ilchulbong. Perjalananya selama 1 jam 40 menit. Lumayan lama ya? Bus- bus tersebut beroperasi dari pukul 06.15 sampai 21.00. Sarana itu akan tiba di halte setiap 20-25 menit.

Bisa juga nih memilih bus antar kota Soegwipo. Bus yang bernomor 701 ini akan berhenti di timur Halte pintu masuk Ilchulbong. Perjalanannya pun memakan waktu banyak, sekitar 2 jam 12 menit. Super lama juga ya.

Moda itu beroperasi mulai pukul 05.40-20.50, dengan kedatangan setiap 15 sampai 20 menit sekali jalan. Tempat pemberhentian bus bernama Seongsalliipgu.

Bagi yang mau berkunjung ke Seongsan Ilchulbong, pakailah sepatu atau sandal. Jangan pakai high heels ya. Tidak mau kan ketika mendaki dengan salah kostum alas kaki? Bisa-bisa kaki akan merasakan kesakitan. Selain itu pakailah baju lengan panjang dan hangat. Wilayah ini mempunyai atmosfer dingin. Seongsan ilchulbong sudah masuk ke daftar Warisan Dunia UNESCO. Hal ini dikarenakan hasil letusan gunung berapi. Dengan begitu wisata ekologi itu wajib dijaga dan dilestarikan. Menarik kan? Yuk langsung menyusuri kawasan ini.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!