+62 811 114 280 [email protected]

Derawan Island, Salah Satu Alternatif Destinasi Liburan

derawan island

Apakah Anda pernah mendengar tentang Derawan Island? Pulau yang ada di Provinsi Kalimantan Timur ini kemungkinan akan bisa menjadi destinasi wisata favorit Anda selain tempat lain yang sudah lebih dulu mendunia.

Kami akan ajak Anda untuk lebih mengenal apa saja yang ada di pulau ini, supaya bisa menjadi referensi Anda ketika hendak berkunjung kesini baik sendiri, bersama teman maupun keluarga Anda.

Apa Itu Derawan Island?

Derawan Island merupakan sebuah kepulauan di Kabupaten Burau, Kalimantan Timur yang terkenal dengan keindahan dari pantainya. Meskipun terkenal dengan pantai, daya tarik dari Derawan Island bukan hanya pantai saja, tetapi ada juga eksotisme dari pemandangan bawah laut serta panorama alam yang akan membuat Anda terpukau ketika melihatnya.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan Di Derawan Island

Setelah memperkenalkan tentang Derawan Island selanjutnya Kita akan bahas tentang berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke pulau tersebut.

  • Menginap Di Penginapan Apung

Hal menarik pertama yang bisa Anda coba di Derawan Island adalah merasakan bagaimana sensasi menginap di penginapan apung.

Sesuai namanya, penginapan apung merupakan penginapan yang letaknya ada di atas permukaan laut yang ada di tepi pantai.

Tentunya sensasi menginap di penginapan apung ini akan menjadi kenangan liburan yang sulit untuk dilupakan.

  • Berenang bersama dengan Ubur-Ubur

Penasaran bagaimana rasanya berenang bersama ubur-ubur? Rasa penasaran Anda akan terjawab jika datang ke Derawan Island.

Karena merupakan kepulauan, di sekitar Derawan Island ada pulau-pulau lain yang menawarkan hal yang tidak kalah menarik.

Bagi Anda yang ingin mencoba berenang bersama dengan ubur-ubur, maka bisa berkunjung ke pulau Kabakan.

Pulau Kabakan terkenal karena adanya banyak ubur-ubur air tawar yang tidak memiliki sengat sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika berenang bersama mereka.

Baca juga:  Viral Nenek Dapat Doorprize Umrah di Hari Natal, Berikut Klarifikasi Pihak Travel

Kegiatan berenang bersama dengan ubur-ubur ini merupakan daya tarik tersendiri bagi Anda yang gemar dengan kegiatan air yang sedikit berbeda dengan hal pada umumnya untuk dilakukan.

  • Berpetualang di Goa

Untuk Anda yang gemar berpetualang, Anda bisa mencoba untuk berpetualang di Goa Haji Mangku.

Sebenarnya dari pada goa seperti namanya, objek wisata yang satu ini bisa dikatakan sekilas lebih mirip dengan kolam atau danau karena bagian bibir goanya memiliki bentuk vertikal. Bentuk vertikal tersebut ,memiliki bagian dalam yang terisi oleh air.

Objek wisata yang satu ini rasanya akan membuat betah Anda yang memiliki jiwa petualang.

  • Menyelam di Goa

Selain berpetualang, Anda juga akan bisa merasakan asyiknya menyelam di dalam goa. Derawan Island memiliki banyak spot yang terkenal untuk menyelam, salah satu yang paling terkenal adalah di tempat yang disebut ‘’Blue Light Cave’’

Blue Light Cave merupakan sebuah goa yang ada di bawah laut. Anda akan dipandu oleh seorang master diving sehingga bisa menjelajah di gua dengan kedalaman 12 meter ini tanpa perasaan khawatir.

Lokasi lain yang bisa dijadikan alternatif ketika Anda ingin menyelam adalah Coral Garden yang menghadirkan indahnya pemandangan terumbu karang atau Shark Point dengan hiunya.

  • Berenang Bersama Dengan Pari Raksasa

Pesona lain yang dihadirkan Derawan Island untuk pengunjung yang ingin liburan adalah kesempatan untuk merasakan berenang bersama dengan ikan pari Manta raksasa.

Ikan Pari Manta merupakan salah satu jenis ikan pari yang memiliki ukuran terbesar di dunia.  Ikan pari ini bisa dikatakan raksasa karena ukuran tubuhnya bisa mencapai 8 meter jika diukur dari ujung sirip ke ujung sirip yang lainnya.

Baca juga:  15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

Anda bisa bertemu dengan ikan pari raksasa ini jika berkunjung ke Pulau Sangalaki.

  • Konservasi Penyu

Selain ikan pari raksasa, Pulau Sangalaki yang masih berada satu kepulauan dengan Derawan Island ini juga memiliki tempat konservasi penyu.

Disini Anda bisa mengetahui proses penyu bertelur serta bagaimana penyu-penyu kecil yang baru lahir dibebaskan di lautan lepas.

  • Berenang di Danau Labuan Cermin

Sama dengan namanya, Danau Labuan Cermin ini dikenal memiliki air yang sangat jernih hingga menyerupai kaca.

Untuk bisa berenang di danau ini, Anda perlu melewati sungai yang banyak ditumbuhi tanaman bakau yang sangat rimbun.

Namun, keindahan pemandangan serta kejernihan air yang Anda lihat akan membantu Anda untuk menyegarkan pikiran dengan cepat.

  • Kuliner Derawan Island

Mencicipi kuliner khas suatu daerah ketika berwisata merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan.

Derawan Island memiliki makanan jenis seafood yang tergolong unik misalnya olahan ketan yang dimasak berbarengan dengan pandan dan juga santan dengan memakai cangkang landak laut yang disebut Tehe-tehe.

Ada juga makanan yang disebut Kima-kima yaitu kerang laut yang diasinkan serta dikeringkan serta tidak ketinggalan buah khas Derawan Island yang bernama Elai yang bentuknya mirip dengan Durian.

Itulah informasi tentang Derawan Island yang telah Kami suguhkan untuk Anda, Tertarik mengunjunginya?

1 Response
  1. […] Pantai derawan berada di Kalimantan timur yang memiliki penampakan sanga eksotis sekali, air laut sangat bening, dengan view biota tembus pAndang dan sedikit panas. Anda dijamin puas jalan-jalan ke pantai derawan karena bisa menaiki perahu kecil dipandu oleh pemandu wisata, ombaknya sangat tenang dan anti sampah. […]

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!