+62 811 114 280 [email protected]

Kabah Adalah Arah Kiblat Umat Islam, Ini Dia 7 Fakta Menariknya!

kabah adalah

Kabah adalah kiblat lebih dari satu miliar umat Islam yang ada dipermukaan bumi setiap lima kali sehari, bahkan lebih. Ka’bah berbentuk segi empat dan membuatnya mengarah ke segala arah, baik timur, barat, selatan dan utara. Lalu, sudah berapa banyak Anda mengetahui tentang kabah? Dalam kesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa fakta menarik tentang kabah.

1.     Kiblat sebagai pusat menunaikan shalat

Seperti yang diketahui oleh seluruh umat muslim, ka’bah Mekkah merupakan pusat kiblatnya umat Islam dalam menunaikan shalat. Kiblat adalah arah yang dituju oleh umat Islam saat melakukan shalat maupun saat pelaksanaan tawaf.

Dalam sejarah Islam, sebelumnya arah kiblat pernah berubah ke Masjidil Aqsa atau Baitul Maqdis yang ada di Yerusalem hingga kemudian dikembalikan ke pusatnya di kabah Mekkah. Semuanya kejadian tersebut tidak terlepas dari kuasa Allah SWT.

2.       Kiswah kabah

Anda pasti bertanya-tanya tentang kain penutup kabah. Kain ini disebut kiswah dan umumnya saat ini kita melihat kabah selalu tertutupi kiswah berwarna hitam. Pada mulanya warna kiswah kabah berbeda-berbeda, tidak seperti sekarang yang sepanjang tahun ditutupi oleh kiswah berwarna hitam saja. Dahulunya tidak seperti ini lho!

Pada masa Rasulullah SAW, kiswah yang digunakan Rasulullah berwarna putih. Di masa Khalifah, kiswah mulai diganti warnanya ada yang berwarna hijau, merah dan putih. Pada akhirnya, di masa Dinasti Abbasiyah penggunaan kiswah hitam menghentikan perubahan warna. Hingga hari ini, kita mengenal ka’bah dengan kiswah hitam.

Baca juga:  Simak 6 Syarat Haji yang Wajib Dipenuhi Berikut Ini!

3.     Tawaf tidak pernah berhenti

Jangan pernah berfikir jika tawaf berhenti? Tawaf merupakan salah satu kegiatan selama haji atau umroh, di mana para jamaah harus mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali. Tawaf sendiri termasuk salah satu amalan ibadah yang wajib dilakukan jamaah haji dan umroh. Dan menariknya, tawaf selalu dilakukan tanpa berhenti.

Tawaf hanya berhenti di waktu shalat saja. Meskipun diguyur hujan atau banjir, jamaah tetap akan melakukan tawaf dengan tertib. Disinilah salah satu letak keistimewaan kabah sebagai tempat suci umat Islam di seluruh permukaan bumi. Semoga suatu saat kita berkesempatan menjawab panggilan Allah SWT untuk melakukan ibadah haji dan umroh. Aamin..

4.      Mekkah sebagai pusat bumi

Anda pasti pernah mendengar jika kabah adalah pusat bumi kan? Rupanya ka’bah Mekkah merupakan pusat bumi dan ini telah dibuktikan oleh penelitian Prof Hussain Kamel. Dalam penelitian tersebut bisa disimpulkan jika kedudukan Mekkah benar-benar berada di tengah daratan bumi. Inilah salah satu mukjizat atau kelebihan kiblat umat Islam.

Allah SWT telah mensucikan Mekkah sebagai wujud pengagungan penciptaan langit dan bumi sehingga ada banyak kebenaran Islam yang ada di tanah suci tersebut yang bisa disaksikan langsung oleh umat muslim di seluruh dunia. Tidak heran mengapa umat Islam selalu berlomba dan bercita-cita mengunjungi tanah suci.

5.       Pesawat dilarang melintasi ka’bah

Anda pasti sudah tahu fakta yang satu ini bukan? Ya, salah satu lokasi yang tidak boleh dilintasi pesawat atau disebut no fly zone ialah ka’bah di Mekkah.

Bukan tanpa alasan, dalam sebuah teori menunjukkan jika terdapat gelombang magnet besar yang berada di atas kabah, meskipun teori ini belum bisa dibuktikan. Ada atau tidaknya gelombang magnet, sebagai kiblat umat Islam sudah tentunya keberadaan ka’bah harus dijaga dan dihormati.

Baca juga:  Mengenal Objek Wisata Terkenal di Yordania, Tertarik Mengunjunginya?

6.       Pintu ka’bah sempat terbuka untuk umum

Tahukah Anda? Di dalam kabah terdapat sebuah ruangan yang bisa diakses melalui sebuah pintu. Pada awalnya, pintu tersebut konon selalu dibuka untuk umum terkhusus bagi umat Islam yang ingin menunaikan doa di dalamnya.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu jumlah jamaah meningkat pesat dan mencapai jutaan sehingga pintu kabah mulai ditutup untuk jamaah umum dan hanya dibuka untuk dimasuki para tamu istimewa atau para petinggi-petinggi negara saja.

7.        Lantai Masjidil Haram selalu sejuk

Berdasarkan situs Islampos, dijelaskan jika Masjidil Haram memiliki lantai yang selalu dalam kondisi sejuk. Masjid yang memiliki luas lebih dari 356 ribu m2 ini bisa menampung lebih dari 900 ribu jamaah setiap tahunnya, benar-benar sangat luas. Masuk akal mengapa Masjidil Haram ditetapkan sebagai masjid paling besar di dunia.

Meskipun pada bagian tengah masjid telah dibuat terbuka tanpa atap, lantai Masjidil Haram selalu terasa dingin meskipun terkena sinar matahari. Hal ini dapat dijelaskan, Masjidil Haram dibuat menggunakan marmer terbaik yang didatangkan langsung dari Yunani dan merupakan jenis marmer terbaik di dunia karena mampu meredam hawa panas.

Itulah sedikit ulasan mengenai fakta-fakta menarik seputar ka’bah yang mungkin saja sudah pernah Anda dengar atau baca. Kabah adalah tempat suci umat Muslim yang memiliki banyak kelebihan-kelebihan, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya!

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!