+62 811 114 280 [email protected]

Keistimewaan Baitul Maqdis Bagi Umat Muslim dan Sejarahnya

baitul maqdis

Salah satu bangunan yang cukup terkenal dan menjadi perbincangan banyak orang di Dunia beberapa waktu ini adalah keberadaan baitul maqdis. Yang mana tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Bahkan saking uniknya bangunan tersebut juga di jelaskan dalam Al-Quran oleh Allah SWT.

Apa saja keunikan yang dimiliki dari bangunan tersebut? Bagaimana sejarah dan pentingnya baitul maqdis bagi orang Islam? Berikut sedikit penjelasan mengenai bangunan dan juga sejarah maqdis beserta dengan keistimewaanya bagi orang islam.

Apa itu baitul maqdis?

Baitul maqdis adalah nama lain dari masjidil Aqsha. Yang mana merupakan tanah suci yang diberkahi oleh Allah dan menjadi salah wilayah yang disucikan oleh tiga agama sekaligus. Tiga agama tersebut adalah agama islam, agama nasrani, dan agama yahudi. Meskipun terdapat tiga agama berbeda, disana sangat memberlakukan toleransi beragama.

Banyak yang tidak mengetahui mengenai apa itu baitul maqdis dan masjidil aqsha. Banyak yang beranggapan bahwa keduanya sama, padahal sebenarnya masjidil aqsha adalah salah satu bangunan yang berada di wilayah tanah suci maqdis. Sehingga tanah suci maqdis merupakan wilayah yang meliputi beberapa bangunan salah satunya masjidil aqsha dan sekitarnya.

Tanah suci maqdis merupakan tempat dimana para Nabi utusan Allah menyerukan dakwah mereka. Nabi tersebut di antaranya ada Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa. Bahkan dalam firman Allah SWT, tempat suci maqdis merupakan tempat yang diberkahi dan menjadi tempat turunnya wahyu bagi para Nabi terdahulu.

Allah SWT tidka hanya memberi keberkahan pada wilayah masjidil Aqsha dan sekitarnya, namun juga termasuk tanah syam yang biasa dikenal dengan palestina. Di tanah maqdis terdapat masjidil aqsha yang mana merupakan salah satu dari tempat suci bagi kaum muslimin.

Baca juga:  Info Tentang 9 Negara Eropa Timur yang Perlu Anda Tahu

Tempat suci bagi kaum muslimin tidak hanya di masjidil aqsha saja, tapi juga di masjidil haram (Makkah), dan masjid nabawi (Madinah).

Namun berbeda dengan dua agama lain yang menganggap tanah maqdis merupakan tanah suci. Jika orang islam menggunakan masjidil aqsha sebagai tempat suci, orang Kristen menggunakan gereja makam kudus sebagai tempat ziarah yang suci yang berada tidak jauh dari masjidil Aqsha.

Dan bagi orang yahudi al-Aqsha merupakan tempat dibangunnya kubah sulaiman pada dahulu kala. Bangunan tersebut biasa dikenal sebagai dinding ratapan. Dengan ketiga agama tersebut membuat wilayah ini menjadi tempat suci dengan keunikannya.

Sejarah baitul maqdis

Selain menjadi tempat yang suci dan diberkahi, ternyata wilayah maqdis mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dalam sejarah umat islam, orang-orang yahudi merupakan salah satu kaum pilihan Allah SWT. Bani israil merupakan salah satu kaum pilihan Allah SWT sebagai umat terbaik dibandingkan umat lainnya.

Oleh karena itu, letak maqdis berada di wilayah kaum yahudi. Dan baitul maqdis terletak di kota yerusalem, perbatasan dari palestina dan Israel. Yang mana beberapa waktu ini sering timbul banyak konflik.

Berdasarkan sejarah umat islam, dahulu bani Israel diperintahkan untuk dapat beriman kepada Allah SWT. akan tetapi mereka angkuh dengan kepintaran dan kecerdasan yang dimilikinya. Sehingga menjadikan bani israil tidak mau taat dan beriman kepada Allah.

Keistimewaan bagi umat islam

Setelah mengetahui mengenai sedikit sejarah terdahulu dan beberapa informasi terkait tanah suci maqdis, lantas apa keistimewaan baitul maqdis bagi umat islam? Sebelumnya kamu perlu mengetahui ternyata maqdis mempunyai kedudukan penting bagi umat islam, diantaranya:

  1. Tanah wahyu para Nabi terdahulu dan kenabian
  2. Tanah isra’ mi’raj
  3. Tanah kiblat pertama
  4. Tanah yang ditaklukkan tanpa adanya perang
  5. Tanah yang dijanjikan
  6. Tanah kesabaran dan jihad
  7. Tanah khalifah di masa depan
  8. Tanah dimana manusia dikumpulkan
Baca juga:  Belajar tentang Korea Selatan, Seoul, Surga Kosmetik di Dunia

Setelah mengetahui pentingnya kedudukan tanah suci maqdis bagi umat muslim di Dunia, kamu juga perlu mengetahui keistimewaannnya bagi umat Muslim.

  1. Saksi isra’ mi’raaj nabi Muhammad SAW
    Bagi umat muslim tentunya peristiwa isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peristiwa yang sangat bersejarah. Isra’ mi’raj merupakan peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan hijrah dari masjidil Haram yang berada di Mekkah, menuju Masjidil Aqsha yang bertempat di yerussalem.
    Dan selama peristiwa itu, Nabi Muhammad bertemu dengan buroq yakni hewan dengan kecepatan hanya dengan kedipan mata. Dan Rosulullah menjadi imam dalam sholat berjamaah bersama dengan para nabi rosul dan malaikat.
  2. Tempat tegaknya khalifah di akhir zaman
    Terdapat sebuah hadits yang mengatakan bahwa jika sudah muncul kekhalifahan di bumi maqdis, hal tersebut menjadi tanda akhir zaman sudah dekat.

Demikian beberapa informasi terkait tanah suci maqdis yang menjadi salah satu tempat suci bagi tiga agama sekaligus. Dan menjadi salah satu tempat yang diberkahi oleh Allah SWT.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!