+62 811 114 280 [email protected]

Ibu Kota Turki dan Segala Keunikannya

ibu kota turki

Salah satu Negara yang mempunyai keunikan bangunan dan sejarahnya adalah Negara Turki. Turki merupakan Negara transbenua yang berada di kawasan Eurasia. Letaknya berada di perbatasan eropa dan asia. Dan tentunya anda mengetahui bahwa Negara ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata terutama bagi warga Negara Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan turki mempunyai segudang keunikannya mulai dari pantai, bangunan, dan juga peninggalan sejarah yang sangat bernilai tinggi. Saking uniknya, setiap daerah di Turki mempunyai keunikannya masing-masing.

Namun sayangnya banyak yang mengira bahwa ibu kota turki berada di Istanbul. Padahal faktanya ibu kota Negara turki berada di Ankara. Tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, dikarenakan Istanbul merupakan salah satu kota terbesar yang ada di turki. Sehingga banyak yang menganggap bahwa ibu kota Turki terletak di Istanbul.

Bagi kamu yang pernah bepergian di Turki pasti sering melihat kucing berkeliaran di jalanan. Berbeda dengan di Indonesia, yang mana kucing liar di Indonesia terlihat kumuh kotor dan tidak terawat. Lain halnya di turki terutama di ibu kota Turki yang terdapat banyak kucing liar berjenis anggora dan lainnya, sangat terawat dan bersih.

Banyaknya kucing anggora di jalanan turki bahkan di Ankara, dikarenakan kucing anggora merupakan salah satu ras kucing asli murni dari Ankara Turki. Sehingga tidak heran jika banyak kucing anggora tidak bertuan di jalanan. Bahkan pemerintah Turki juga memfasilitasi semua kucing liar yang ada di Turki.

Keunikan lainnya dari ibu kota Turki atau Ankara adalah salah satu daerah di Turki yang menjadi penghasil wol berkualitas. Tidak hanya kampung halaman dari ras kucing anggora, ternyata Ankara juga terkenal dengan domba wol yang berkualitas, sehingga lambing atau simbol dari kota tersebut adalah kucing anggora dan domba.

Baca juga:  Tidak Hanya Tentang Kebab, Ini Dia Fakta Menarik Tentang Negara Turki

Nama ibu kota turki sekarang adalah Ankara. Meskipun masih banyak yang belum tahu, namun hal tersebut juga tidak memberikan dampak atau citra yang kurang baik bagi kota tersebut. Pasalnya memang Negara Turki mempunyai banyak keunikan dan sejarah yang mengagumkan.

Ditambah lagi kota Istanbul memang terbilang sangat ramai dan banyak wisata menarik di daerah tersebut, sehingga banyak yang mengira Istanbul merupakan ibu kota Negara turki. Berbeda dengan kota Ankara yang tampak aman, tenang, dan damai.

Kota di Turki dan keunikannya

  1. Kota Alacata
    Bagi kamu yang menyukai olahraga air seperti berselancar, kota ini wajib kamu kunjungi ketika di Turki. Pasalnya kota Alacanta biasanya terdapat hembusan angin yang kuat dan juga konstan, sangat cocok buat kamu yang menyukai  olahraga selancar. Bahkan di kota tersebut juga sering mengadakan kompetisi selancar angin hingga tingkat internasional.
  2. Kota Cesme
    Kota lain yang wajib dikunjungi adalah kota Cesme. Dimana kota tersebut sangat terkenal dengan castle dan menaranya yang unik dan bersejarah. Bagi kamu pecinta sejarah wajib mengunjungi kastil di kota Cesme.
    Tidak hanya kastil, kamu juga dapat mengunjungi menara peninggalan kerajaan Ottoman dengan Rusia tahun 1768 silam. Di kota tersebut kamu juga dapat nongkrong di café atau restoran. Karena disana banyak café dengan pemandangan kota yang khas.
  3. Kota Istanbul
    Tentunya kota ini menjadi kota yang cukup diminati wisatawan. Bahkan saking banyaknya wisatawan dan penduduk di Istanbul, menjadikan kota Istanbul lebih ramai dibandingkan dengan nama Ibu kota Turki yakni Ankara.
    Kota Istanbul mempunyai banyak masjid dengan desain bangunan yang unik. Salah satunya masjid biru atau biasa dikenal dengan blue mosque. Masjid tersebut memiliki corak desain arsitektur romawi yang unik. Dan menjadi masjid terindah di Kota Istanbul.
    Selain itu ada juga gereja Santa Sofia yang sudah ada sejak masa kependudukan bangsa Romawi, dengan luas bangunan yang sangat besar bahkan menjadi bangunan terbesar kedua setelah piramida Mesir.
    Dahulu gereja tersebut pada jaman kerajaan Ottoman, berubah fungsi digunakan sebagai masjid. Namun setelah pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk diubah kembali menjadi museum pada tahun 1933.
  4. Pulau Buyukanda
    Selain kota yang memiliki banyak tempat wisata, di Negara Turki juga terdapat sebuah pulau dengan keindahan alam yang mengagumkan. Disana kamu dapat menikmati keindahan pantai dan panorama laut yang menakjubkan beserta dengan hangatnya sinar matahari di Turki.
  5. Ibu kota Ankara
    Selain daerah di Turki, ternyata di Ibu kota Turki sekarang yakni Kota Ankara, kamu juga dapat mengunjungi monumen bersejarah di daerah Ankara. Bahkan di sekitar jalanan Ankara banyak toko buku yang menarik. Karena di Ankara terdapat Universitas terbaik Turki.
Baca juga:  5 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Perang Jamal, Mulai dari Penyebab Hingga Ada Penyesalan Aisyah

Setelah membahas mengenai sekilas tentang ibu kota Negara Turki dan segala keunikan daerahnya, sekarang kamu jadi lebih sedikit mengetahui tentang Negara Turki dan keunikan tiap daerahnya.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!