+62 811 114 280 [email protected]

Fakta-Fakta Menarik Terkait dengan Gurun Sahara

gurun sahara

Sahara adalah gurun panas yang terbesar di dunia dan mencakup hampir sebagian besar wilayah dari Afrika Utara. Walaupun sudah terkenal, nyatanya tidak banyak orang yang mengetahui terkait dengan fakta di balik Gurun Sahara ini.

Fakta-fakta tersebut tentunya dapat membuat Anda tercengang dan menambah pengetahuan terkait dengan Sahara. Apakah Anda ingin mengetahuinya lebih jauh lagi? Tentunya Anda harus membaca ulasan ini hingga selesai.

Fakta Menarik Gurun Sahara

Berikut ini beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui terkait dengan Gurun Sahara:

  1. Letak geografis. Perbatasan dari Gurun Sahara adalah dengan Laut Merah di timur, Sahel Savannah di selatan, laut mediterania di utara, serta Samudera Atlantik di barat. Terdapat beberapa fitur yang ada di daratan Gurun Sahara dan yang paling terkenal yaitu padang pasir.
    Bukit pasir yang ada di Gurun Sahara dapat mencapai ketinggian 183 meter, tetapi hanya menutupi sekitar 15 persen dari keseluruhan gurun.
  2. Sahara bukanlah gurun terbesar di dunia. Faktanya Gurun Sahara merupakan gurun panas terbesar yang berada di belakang Antartika dan juga Arktik, serta kedua adalah merupakan gurun dingin. Selama bulan-bulan di musim panas, nyatanya suhu di Sahara rata-rata akan mencapai 38 sampai dengan 48 derajat Celcius.
  3. Fauna dan flora. Mempunyai kondisi yang panas dan juga gersang, maka beberapa hewan dan tanaman bisa beradaptasi serta hidup di Gurun Sahara. Menurut World Wildlife Fund, sudah ada sekitar 500 spesies tumbuhan, 90 spesies burung, 70 spesies mamalia, serta 100 spesies reptil yang sudah hidup di Gurun Sahara ini.Unta merupakan salah satu fauna ikonik yang ada di Sahara. Mamalia yang besar ini asalnya dari Amerika Utama dan sudah didomestikasi sekitar kurang lebih 3 ribu tahun yang lalu di Semenanjung Arab bagian Terangga.
  4. Gurun Sahara telah terbentang sekitar 8,6 juta km persegi. Namun, nyatanya hal tersebut berubah seiring dengan perjalanan waktu akibat luas dari gurun yang sebenarnya dapat menyusut dan mengembang seiring dengan musim yang ada.
  5. Para ilmuwan sudah memperkirakan bahwa ukuran dari keseluruhan Gurun Sahara sudah berkembang menjadi 10 persen lebih besar. Walaupun sebagian perkembangan tersebut disebabkan oleh siklus iklim yang alami, nyatanya perubahan iklim yang diakibatkan oleh manusia juga dapat berkontribusi.
  6. Gurun Sahara sudah mencakup hampir sepertiga dari wilayah benua Afrika dengan total 11 negara. Ini sendiri termasuk negara Mesir, Chad, Mali, Maroko, Sudan, Tunisia, Sahara Barat, Niger, Mauritania, Libya, dan Aljazair.
  7. Iklim. Gurun Sahara sudah berganti dari gurun yang gersang, kering, serta oasis hijau yang subur di setiap 20 tahun.
  8. Gurun Sahara diperoleh dari nama bahasa Arab, yaitu Sahara yang artinya gurun.
  9. Padang pasir di Gurun Sahara sendiri hanya menutupi sekitar kurang lebih 25 persen dari permukaan Gurun Sahara yang sebenarnya. Gurun Sahara juga mempunyai banyak sekali fitur daratan lainnya, termasuk juga dataran garam, dataran tinggi, dataran berkerikil, dan juga bahkan pegunungan di mana salju pernah turun.
  10. Walaupun terdapat banyak sekali bukit pasir yang ada di Sahara dan mencapai ketinggian yang lebih dari 180 meter, nyatanya titik tertinggi gurun tersebut ada di gunung berapi yang sudah pernah punah. Gunung tersebut bernama Gunung Koussi di Chad dan mempunyai ketinggian 3,415 meter.
  11. Gurun Sahara menjadi salah satu lingkungan yang paling ekstrim di Bumi, tapi Sahara juga nyatanya menampung berbagai satwa liar yang sudah beradaptasi dengan kehidupan yang keras.
  12. Selain adanya unta dan juga kambing, nyatanya spesies lainnya di Gurun Sahara ada rusa, cheetah, rubah Fennec, biawak, dan juga burung unta. Makhluk yang lebih mematikan juga ada, seperti kalajengking serta ular pasir yang berbisa.
  13. Adanya mata atau the eye of Sahara yang dikenal dengan sebutan struktur richat, merupakan situs geologi di gurun Sahara yang berbentuk seperti mata raksasa serta membentang sekitar panjang 40 km.
  14. Tidak hanya rumah bagi hewan, nyatanya sekitar 2,5 juta orang telah menyebut bahwa Gurun Sahara sebagai rumah yang sebagian besar berakar dari Arab atau Berber.
  15. Rute perdagangan dari Sahara sudah memainkan peran yang penting di dalam perekonomian Afrika Kuno. Barang-barang yang seperti garam, emas, dan juga tembaga sudah diangkut dengan menggunakan karavan unta. Karavan unta umumnya terdiri dari ribuah unta.
Baca juga:  Sering Muncul di Drakor! Ini 8 Spot Wisata Terpopuler di Pulau Jeju

Itulah beberapa fakta menarik terkait dengan Gurun Sahara yang nantinya dapat menambah pengetahuan Anda. Sebagian dari Anda tentunya sudah sering mendengar terkait dengan Sahara, tetapi fakta-fakta menarik apa saja yang ada di dalamnya juga perlu Anda ketahui supaya membuat Anda lebih mencintai terkait dengan keindahan dunia.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!