+62 811 114 280 [email protected]

Tidak Hanya Tentang Kebab, Ini Dia Fakta Menarik Tentang Negara Turki

negara turki

Jika mendengar negara Turki, bagi warga Indonesia mungkin akan teringat dengan balon udara Cappadocia. Tempat wisata tersebut sempat banyak diperbincangkan karena dibahas pada salah satu TV series Indonesia.  Karena itu, banyak yang menjadi tahu bahwa Turki punya tempat indah yang bisa menjadi destinasi impian yang harus dikunjungi.

Tetapi jangan salah, ada banyak sekali fakta menarik yang banyak orang belum tahu. Contoh yang paling umum saja, banyak yang mengira bahwa ibukota Turki adalah Istanbul, padahal ibukota negara Turki sebenarnya adalah Ankara yang berada di bagian Asia. Masih banyak lagi fakta tentang Turki yang akan kita ulas kali ini. Simak pembahasannya dibawah ini.

Fakta Negara Turki Yang Jarang Diketahui

Negara Transkontinental

Negara Turki adalah negara yang terletak di kawasan negara pada benua Eropa dan Asia sehingga disebut sebagai negara Transkontinental atau trans benua yang menjadi surga bagi arkeolog dan sejarawan dunia. Kawasan Turki terbentang dari semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai Balkan di Eropa Tenggara.

Mayoritas agama penduduknya adalah Islam

Mayoritas agama penduduk Turki adalah Islam dengan persentase sebesar 98% dari total penduduk di Turki. Turki adalah satu-satunya negara Islam yang memisahkan urusan agama dengan urusan negara dan pemerintahan atau sekuler. Mayoritas muslim di Turki menganut paham sunni dan lainnya adalah kaum Syi’ah dengan berbagai aliran seperti Alevi, Ja’fari, dan Alawi.

Baca juga:  Sosok Teladan untuk Umat, Begini Kisah Nabi Ibrahim AS

Selain Islam, agama Kristen juga menjadi agama terbesar kedua di Turki. Mayoritas orang Kristen di Turki berasal dari denominasi gereja-gereja ritus timur. Selain itu, sebagian kecil penduduknya juga ada yang menganut paham protestanisme dan Yahudi.

Istanbul menjadi salah satu kota terpadat di dunia

Bukan sebagai ibukota Turki, tetapi Istanbul adalah kota terbesar di Turki yang memiliki total penduduk sekitar 15 juta jiwa. Kini Istanbul adalah jantung Negara Turki untuk setiap sektor seperti ekonomi, budaya, pendidikan, kesenian, olahraga, dan media.

Padatnya penduduk menyebabkan timbulnya masalah lalu lintas di Istanbul. Banyaknya mobil pribadi yang memadati jalan utama maupun jalan tol setiap harinya semakin memperburuk situasi lalu lintas saat ini.

Memiliki 4 musim dalam waktu sama

Letak negara Turki dikelilingi oleh tiga laut yaitu laut hitam, laut marmara, dan laut ege. Turki berada dalam jarak 7000 kilometer dari garis pantai Laut Mediterania. Kondisi tersebut membuat Turki memiliki iklim kontinental yang terbentang di wilayah dalam dan Timur.

Apabila pergi ke Antalya di bulan April kita bisa menikmati matahari dengan berjemur, sedangkan di Kayseri sedang cocok untuk bermain ski. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa hidup 4 musim dalam 1 hari, pagi bersalju, siang panas terik, sore berangin, dan malamnya hujan deras.

Alfabet di Turki tidak ada X, Q, dan W

Alfabet Turki lebih banyak 3 huruf daripada alfabet latin yaitu terdiri dari 29 huruf. Namun dalam alfabet Turki tidak akan ada huruf X, Q, dan W. Ada fakta unik yaitu Turki memiliki kata terpanjang “Muvaffakiyetsizleştiriveremeyebileceklerimizdenmişsinizcesine” dimana artinya dalah mereka yang beranggapan bahwa dirinya tidak bisa berubah secara tiba-tiba menjadi orang yang gagal.

Baca juga:  Menarik! Fakta Unik Tentang Pegunungan Alpen dan Desa Mempesona Untuk Berwisata

Konsumsi teh tertinggi

Fakta lain tentang Turki adalah sekitar 96% orang Turki suka meminum teh, setidaknya 1 orang akan mengonsumsi teh 3-5 cangkir setiap hari. Apalagi selama musim dingin, jumlah tersebut bisa meningkat menjadi 10 cangkir setiap hari. Cuaca dingin di Turki sangat meningkatkan penjualan teh di kedai minuman dan produsen teh di Turki.

Cara membuat teh di Turki juga sangat berbeda dengan pembuatan teh di negara lainnya, karena di Turki membutuhkan waktu 20 menit untuk menyeduh teh sebelum disajikan. Kedai-kedai teh telah menjadi sejarah dan tempat bersosialisasi bagi masyarakat Turki. Ada jenis teh Turki yang dibuat secara khusus sering disebut dengan “Darah Kelinci” karena kental dan warnanya merah menyerupai darah.

Transportasi gratis

Di negara Turki ada fasilitas pada transportasi di Turki, seperti memberikan potongan harga sesuai status atau umur. Adapula transportasi gratis seperti di kota Konya bagi para pelajar dari negara lain yang ingin mengakses bus dan tram. Tentunya fasilitas ini dapat digunakan setelah mendaftarkan diri dengan beberapa persyaratan ke departemen transportasi.

Budaya kuliner

Turki memiliki budaya kuliner yang luar biasa. Masakan Turki yang kaya akan daging, sayuran, dan pastry tidak diragukan lagi kelezatannya. Hal ini karena wilayah Balkan, Kaukasus, Timur Tengah, dan Asia Tengan adalah wilayah peninggalan Kekaisaran Ottoman sehingga mendominasi makanan warisan Turki.

Itulah beberapa fakta menarik tentang negara Turki yang bisa kami bagikan. Dengan berbagai sisi positif dan negatif tentang Turki, hingga kini Turki masih menjadi tujuan wisata banyak orang bahkan menetap bersama keluarga atau melanjutkan pendidikan disana.

2 Responses
hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!