+62 811 114 280 [email protected]

Menggali Informasi Jejak Islam Di Albania Dan Wisatanya Yang Recommended

negara balkan albania

Albania merupakan suatu daerah yang letaknya dikelilingi oleh daerah pegunungan. Selain itu, negara ini juga memiliki banyak keistimewaan dan keunikan yang terus terpelihara. Ada beraneka ragam sejarah, kebudayaan, sosial dan juga berbagai tempat wisata iconic yang recommended untuk dikunjungi. Agar menambah pengetahuan dan dapat dijadikan bekal saat berkunjung ke Albania, mari kita simak berbagai informasi penting dari negara ini.

Destinasi Wisata Albania

Di negara Albania ini terdapat banyak destinasi wisata yang recommended untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

Gjirokastra

Destinasi wisata ini memiliki arsitektur yang unik dan juga rumah yang designnya seperti istana kecil. Tak heran bila tempat ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi para wisatawan.

Ada banyak galeri seni dan museum militer yang menyajikan banyak hal untuk dinikmati oleh pengunjung. Selain itu Anda juga dapat menikmati festival dongeng rakyat yang dilakukan di benteng Gjirokastra setiap 5 tahun sekali.

Tirana

Tirana adalah ibu kota dari negara Albania dan di tempat ini terdapat masjid Et’Hem Bey. Bangunan masjid ini sudah ada sejak abad ke 18 dan ada pula Skanderbeg Square yang merupakan plaza yang luasnya 40.000 meter.

Di daerah ini Anda dapat melihat museum sejarah nasional Albania. Di Tirana, Anda juga dapat melihat patung bersejarah dari pahlawan nasional “Skanderberg” sekaligus menikmati berbagai makanan dan minuman dengan harga yang ramah di kantong.

Pogradec

Ada banyak cerita rakyat yang sangat dikenal di daerah ini. Di samping itu ada pula festival teater wayang yang menjadi daya tarik untuk wisatawan yang berkunjung ke Albania. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat berkunjung ke taman nasional Shebenik-Jabllanice yang jarak tempuhnya 30 hingga 45 menit dari Pogaradec.

Baca juga:  Pesona Wisata Kosovo dengan Syiar Islam yang Mengudara

Durres

Durres merupakan pelabuhan utama yang ada di Albania dan memiliki rumah teater di ruang terbuka yang paling besar di Balkan. Di sini ada banyak destinasi wisata museum yang bisa dikunjungi diantaranya adalah museum arkeologi Aleksander Moisiu dan Royal Villa of Durres. Di kesempatan tertentu juga selalu diadakan acara kebudayaan yang digelar setiap tahunnya.

Shkodra

Daerah Shkodra ini adalah kota yang kental dengan kegiatan kultural di Albania. Tak heran bila tempat ini selalu dipilih untuk menjadi tuan rumah acara karnaval, festival anak, festival jazz dan lake day.

Ada pula teater Migjeni yang terkenal Shkodra. Jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Shkodra yang bernama Mazzle karena merupakan salah satu kuliner terbaik di Albania.

Berat

Kota Berat ini juga sering disebut sebagai kota seribu jendela atau “The City of a Thousand Windows”. Banyak sekali bangunan beragam dengan arsitektur campuran antara Albania dan Ottoman.

Anda juga dapat menjumpai bangunan berupa benteng yang bernama Kalja yaitu Gereja St. Mary di Blachernae dan ada pula Mangalem Quarter. Yang lebih istimewa lagi, kota Berat ini menjadi salah satu warisan dunia Unesco world heritage di tahun 2008.

Riviera

Daerah ini sangat kental dengan keindahan musiknya yang dianggap sangat penting. Ada banyak pagelaran musik internasional yang diadakan di sini. Beberapa diantaranya adalah Soundwave Albania dan Turtle Fest. Di sisi lain, ada juga beberapa klub malam seperti Folie Marine yang berada di pantai Jale dan Havana Beach Club di dekat Dhermi.

Jejak Islam Di Albania

Di awal pemerintahan Presiden Sali Berisha, ada tugas berat yang harus dihadapi yaitu merenovasi tempat ibadah yang telah hancur. Banyak sekali sarana ibadah terutama bangunan masjid yang hancur dan rusak pada jaman komunis dan harus segera direnovasi.

Baca juga:  Balkan Dengan Destinasi Wisatanya Yang Menarik Dan Jejak Sejarah Islamnya

Salah satu orang yang diperintahkan untuk menangani restorasi masjid ini adalah Sulejman Dashi. Jumlah masjid di Albania sendiri tergolong banyak yaitu ada sekitar 800 masjid dan 360 situs bersejarah yang lain.

Yang pertama mendapatkan penanganan dalam renovasi tersebut adalah masjid tertua yang sudah ada sejak tahun 1380. Lokasinya berada di kota Berat yang dibangun di masa kekhalifahan Turki menguasai Albania.

Masjid bersejarah lainnya berada di kota Kora yang berdekatan dengan perbatasan daerah Yunani. Masjidnya bernama Ilias Mirahori yang telah dibangun sejak tahun 1494. Ada lagi satu masjid tua yang dibangun pada tahun 1779 yang terletak di kota Kruje di sebelah utara ibu kota Tirana.

Dashi dan segenap timnya yang membantu pengerjaan restorasi masjid di Gjirokastor dan juga masjid di Pegin yang tidak jauh dari kota Elbasan. Masjid Abdurahman Pashi yang terletak di Pegin ini juga merupakan elemen penting di dalam kebudayaan Islam yang ada di Albania. Masjid ini telah dibangun sejak tahun 1822 dan mempunyai sebuah Menara jam dan Menara adzan. Kedua bangunan ini terhubung dengan bangunan utama. Arsitektur dari masjid Pegin juga banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur Turki Ottoman.

Peranan masjid juga sangat penting untuk tempat beribadah dan kegiatan umat islam di Albania. Selain itu semangat keislaman juga dapat tumbuh dengan kuat walaupun dalam kondisi yang sulit.

Tak heran bila di setiap daerah terdapat masjid yang menjadi pertanda bahwa masyarakat muslim Albania menganggap tempat ibadah sangat penting. Jumlah penganut agama islam di Albania juga cukup besar yaitu 70%, kurang lebih jumlahnya 3,5 juta jiwa.

Makanan Khas Halal Albania

Di Albania terdapat beragam makanan khas. Apa sajakah itu?

Baca juga:  10 Tempat Wisata Recommended di Slovenia Bagi Wisatawan Mancanegara

Byrek

Makanan khas yang terkenal di Albania adalah byrek yaitu pai asin yang dibuat filo pastry dengan cita rasa lezat. Makanan ini dijual di seluruh penjuru negara Albania dengan berbagai ukuran dan juga jenis. Semua versinya sangat lezat dan yang paling terkenal adalah byrek dengan bayam, keju atau daging.

Fërgesë

Makanan ini terbuat dari tomat, paprika dan keju cottage dan dapat ditemui di Tirana dan sekitarnya. Hidangan ini merupakan makanan khas dari Albania tengah. Semua produknya adalah bahan segar yang dimasak bersama hingga berwujud krim dan dihidangkan bersama roti yang berpadu sempurna.

Tavë Kosi

Jika Anda berkunjung ke Albania, jangan lupa untuk mencicipi hidangan ini. Banyak sekali penduduk setempat yang sangat menggemarinya dan merupakan hidangan khas Elbasan yaitu kota yang berdekatan dengan Tirana. Hidangan ini dapat Anda jumpai dimana saja di penjuru Albania. Bahan baku pembuatannya adalah telur, daging domba dan yoghurt.

Speça Me Gjize

Makanan ini dibuat dari berbagai warna paprika seperti paprika oranye, hijau, kuning dan merah sehingga dikenal sebagai makanan paling berwarna yang lezat. Paprika nantinya akan dikombinasikan dengan keju cottage, nasi dan rempah-rempah sebelum dipanggang di dalam oven.

Trilece

Jika berkunjung ke Albania, jangan lupa mencicipi hidangan dessert trilece ini. Kue ini cukup istimewa di Albania dan namanya berasal dari bahasa spanyol yang artinya kue yang dibuat dengan 3 susu. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah krim, susu, dan susu kental manis.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda dan dapat dijadikan referensi saat berkunjung ke Albania. Mulai dari sekarang Anda dapat memilih tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi sekaligus mencoba hidangan khas Albania yang lezat.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!