+62 811 114 280 [email protected]

8 Inspirasi Rumah Korea Paling Kekinian

rumah korea

Rumah Korea memiliki desain yang sangat menarik karena kerap bermain dengan material alami. Hal ini membuat rumah ala Korea terlihat cantik, unik dan memberikan nilai lebih pada sebuah hunian. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang tipe-tipe rumah dengan arsitektur khas Korea Selatan, berikut kami rangkum ulasannya untuk Anda.

1.     Rumah hanok

Tipe rumah satu ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hingga saat ini rumah hanok masih menjadi salah satu warisan budaya yang dijaga oleh masyarakat Korea. Pada umumnya, pemilik rumah hanok di masa ini ialah para lansia dengan desain tradisional yang sangat khas. Akan tetapi, juga ada generasi muda yang mengkombinasikan arsitektur rumah hanok dan hunian modern, desainnya benar-benar elegan dan cantik lho!

Rumah hanok sangat kental dengan unsur natural karena terbuat dari kayu, baik lantai maupun tiangnya. Di bagian interior, rumah ini dilengkapi sekat ruangan menggunakan pintu kayu geser. Untuk bentuknya, bangunan hanok berbentuk persegi panjang biasa.

2.     Rumah minimalis satu lantai

Anda pernah menonton drama Korea? Jika pernah, pasti Anda tidak asing dengan pemeran utama yang kerap tinggal dalam rumah minimalis satu lantai bukan?

Ukuran rumah ini memang tidak terlalu besar, namun semua akan terselamatkan dengan penggunaan pintu kaca yang menutupi hampir seluruh bagian rumah dan membuat tampak lebih mewah dan elegan. Selain itu, penataan interior dan perabotan yang tepat akan membuat rumah minimalis satu lantai lebih indah dan jauh lebih besar.

Baca juga:  Sosok Teladan untuk Umat, Begini Kisah Nabi Ibrahim AS

3.       Rumah dua warna

Tipe rumah dua warna terlihat sedikit lebih mencolok karena didesain dengan 2 warna cat yang cukup kontras. Tidak hanya dijadikan point of interest bangunan, pemakaian dua cat yang berbeda juga menjadi tanda pembatas antar ruangan rumah.

Berbeda dari hunian pada umumnya, tipe rumah dua warna biasanya tidak menggunakan atap segitiga melainkan identik dengan penggunaan atap di satu sisi rumah saja. Rancangan ini membuat fasad rumah bagian depan terlihat lebih unik dan mewah.

4.       Rumah desain eksotis

Tipe rumah dengan desain eksotis sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan selalu senang bereksperimen. Rumah Korea satu ini memiliki desain tembok bagian atas yang dibuat lebih menonjol jika dibandingkan bagian lantai bawah.

Arsitektur juga akan menambahkan tiang yang disusun sejajar atau membentuk huruf V sebagai penopang sisi rumah. Rumah dengan desain eksotis biasanya akan diberikan cat warna terang seperti kuning atau tosca di bagian dinding agar memberikan kesan mencolok. Bagaimana, Anda siap  dan tertarik memilikinya?

5.       Kombinasi rumah bata dan kayu

Tipe rumah yang cukup populer hingga hari ini di Korea ialah kombinasi rumah bata dan kayu. Penggunaan dua material berbeda akan memberikan kesan modern dan tradisional pada rumah tipe ini. Biasanya rumah ini akan ditambahkan pencahayaan lampu kuning dan memberikan suasana yang lebih hangat.

Pada rumah bata dengan kayu, jendela yang digunakan berukuran besar ditambah tirai warna putih. Hasilnya, rumah akan tampak lebih sejuk dan hangat. Anda dan keluarga semakin betah berada di rumah dengan desain seperti ini.

6.        Rumah panggung kayu

Jauh berbeda dengan jenis rumah panggung yang kebanyakan ada di Indonesia atau Thailand, bagian penopang rumah panggung ala Korea tidak menggunakan kayu melainkan tersusun dari patok batu. Bentuknya hampir menyerupai rumah hanok.

Baca juga:  15 Keindahan Alam Indonesia Menjadi Daya Tarik Mata Dunia

Pada tipe rumah ini, kayu digunakan sebagai elemen yang paling mendominasi. Di bagian depan saja biasanya digunakan 2 pintu kayu besar dan ditambahkan jendela-jendela dengan aksen lis kayu.

7.       Rumah dengan rooftop

Rumah tipe ini menjadi impian banyak orang karena desainnya yang modern dan menenangkan. Oleh para penggemar drama Korea, rumah rooftop  selalu ditemukan di setiap drama terkenal, kamu pernah nonton Rooftop Prince?

Pada umumnya, rumah rooftop berbentuk flat tanpa atap. Di bagian atasnya kemudian ditambahkan rooftop sebagai tempat bersantai bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai tempat berkebun. Anda bisa menyisakan sedikit lahan di lantai atas sebagai teras.

8.     Rumah open plan

Sesuai namanya rumah ini menggunakan sistem open space dengan tujuan meminimalisir pembatas ruangan. Dalam beberapa desain bangunan rumah open plan, ruangan seperti ruang makan, ruang tamu dan dapur tidak diberikan sekat dan memberikan kesan lebih luas.

Konsep rumah satu ini juga tidak banyak dilengkapi perabotan sehingga lebih menonjolkan kesan minimalis, nyaman dan elegan. Saat ini ada banyak orang yang menggunakan konsep rumah open plan dalam mewujudkan bangunan hunian impiannya. Anda juga mau?

Demikianlah ulasan mengenai beberapa inspirasi rumah ala Korea. Kini Anda bisa menemukan lebih banyak pilihan desain rumah Korea untuk dijadikan inspirasi membangun hunian impian

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!