+62 811 114 280 [email protected]

Ingin Tahu Lebih Lengkap Sejarah Palestina? Simak Penjelasan Berikut

sejarah palestina

Kalian mungkin mengetahui bahwa saat ini Palestina sedang berkonflik dengan Negara Israel, yang mana banyak sekali dukungan dari masyarakat dunia untuk membebaskan negeri yang satu ini. Perlu kalian ketahui bahwa telah menjadi rahasia umum di Palestina sana sudah banyak sekali korban yang berjatuhan, tentu ini semua tak terlepas dari Sejarah Palestina dan Israel sejak dulu.

Perang militer mereka berdua pun di Jalur Gaza banyak menyisakan perasaan haru dan empati yang masyarakat dunia, banyak masyarakat dunia yang menghendaki perang antar kedua bangsa ini segera berakhir karena banyak menewaskan masyarakat sipil yang tidak tahu apa – apa. Lalu bagaimana mengenai sejarah Negeri Palestina? Kenapa mereka berdua bisa berperang satu sama lain?

Sejarah Palestina

Palestina sendiri merupakan sebuah wilayah dengan luasan yang kecil namun amat berperan sangat signifikan di dalam sejarah kuno mengenai timur tengah hingga modern. Bangsa yang satu ini terkenal dengan wilayahnya yang amat rawan dengan konflik, mereka juga kerapkali mendapatkan perlakuan tidak adil dengan adanya perampasan tanah milik mereka.

Jika dilihat dari segi geografis maka wilayah Negara ini termasuk kedalam wilayah yang strategis karena terletak dalam persimpangan antar benua afrika dan juga benua asia. Orang – orang dari bangsa ini juga terkenal dengan tekadnya yang kuat demi untuk menjadikan negerinya sebagai Negara yang merdeka.

Semenjak era kekaisaran ottoman jatuh ketika perang dunia pertama melanda hingga tahun 1948, kata “ Palestina” berpindah makna dari sebuah Negara menjadi acuan terhadap letak secara geografis antara lautan mediterana dan Sungai Jordan. Kemudian orang = orang dari arab kembali menyebutkan wilayah tersebut dengan nama Palestina semenjak abad ke – 20.

Baca juga:  Keunikan Masjid Al Aqsa Sebagai Tempat Ibadah Umat Muslim Tertua

Banyak sekali wilayah tanah di Palestina yang dicaplok oleh Israel, tapi ketidak ditelisik secara teori maka luas wilayah  bangsa ini berkisar antar tepi bagian barat diantar Negara Israel dan Jordania. Lalu jalur gaza yang mana batasannya antara Mesir dan juga Israel. Meskipun begitu, bangsa Palestina tak seutuhnya memiliki kendali penuh terhadap wilayahnya tersebut.

Tak ada satupun perjanjian di dunia internasional mengenai batasan Palestina. Kini, telah banyak sekali wilayah – wilayah yang di klaim oleh bangsa Palestina namun tetap menjadi wilayah pendudukan oleh Israel dalam jangka waktu yang lama. Terdapat 135 Negara di dunia yang masuk kedalam anggota PBB yang telah mengakui kedaulatan Palestina untuk menjadi Negara yang merdeka.

Tapi campur tangan Amerika dan sejumlah Negara yang lain memiliki sikap yang berbeda mengenai konflik antara Israel dan Palestina. Di dalam sejarah bangsa Palestina sendiri, mereka setidaknya pernah dikuasai oleh berbagai macam kelompok, beberapa diantaranya yaitu Persia, Arab, Romawi, dan lain – lain.

Alasan Mengapa Konflik Palestina – Israel Terjadi

Ketika zaman pemerintahan ottoman yang menguasai sejumlah besar wilayah di Palestina ini berkutat antara tahun 1517 hingga 1917. Tapi ketika pemerintahan ini runtuh sejak perang dunia pertama maka wilayah Palestina sendiri diambil alih kekuasaannya oleh Negara Inggris, kemudian sejak itu liga bangsa dunia memberikan mandate kepada mereka untuk menjalankan pemerintahan Palestina secara administratif.

Yang mana mandat tersebut juga mencakup hak untuk menentukan tanah air dari bangsa Yahudi di Negeri Palestina itu yang berlaku pada tahun 1923. Setelah sekitar 20 tahun Inggris menguasai Palestina, kemudian PBB langsung menggagas rencana untuk membuat wilayah di Negeri tersebut menjadi dua bagian, yakni bagian Yahudi dan Arab yang merdeka.

Baca juga:  Fakta-Fakta Menarik Terkait dengan Gurun Sahara

Lalu kemudian di Kota Yerusalem sendiri ditetapkan menjadi wilayah internasional khusus yang tetap diperebutkan oleh kedua kubu tadi. Pada tahun 1949 sendiri, ketika inggris telah menarik pemerintahannya dari Palestina, tiba – tiba saja Israel langsung mendeklarasikan sebagai Negara yang merdeka begitu saja. Dan hal inilah yang mengubah Sejarah Palestina secara signifikan.

Tentu sikap politik Israel tersebut membuat orang – orang Palestina merasa kecewa dan keberatan dan beberapa Negara arab melakukan mobilisasi demi terhentinya pembuatan Negara Israel.

Dari kejadian inilah yang menjadi konflik utama perang antara arab dan Israel ketika tahun 1948 terjadi. Kendati perang telah berakhir, Israel tetap bisa memperluas kekuasaannya dengan mengambil sebagian wilayah bekas inggris tersebut. Dan termasuk Yerusalem menjadi tempat yang berhasil dikuasai oleh Israel.

Sampai detik inipun bangsa Palestina tetap melakukan perjuangan demi memperebutkan kedaulatannya supaya diakui oleh seluruh Negara di dunia dengan resmi. Meskipun banyak warga Palestina tetap bermukim di wilayah utama, termasuk kedalam jalur gaza dan tepi barat, dan juga sebagian dari orang – orang Israel tetap berada di tempat yang telah disepakati tetap berada dalam kontrol Palestina.

Itulah sedikit mengenai Sejarah Palestina yang dapat kami uraikan kepada kalian semua, semoga artikel ini nantinya bermanfaat dan menjadi salah satu referensi untuk kalian untuk memahami konflik dari kedua Negara tersebut.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!