+62 811 114 280 [email protected]

Belajar tentang Korea Selatan, Seoul, Surga Kosmetik di Dunia

Korea Selatan Seoul

Berbicara mengenai Korea Selatan tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Korea Selatan adalah salah satu negara maju yang berada di kawasan Asia Timur. Negara yang terkenal dengan julukan negeri Gingseng ini merupakan merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer bagi turis dari seluruh dunia. Tempat pertama yang patut dikunjungi adalah Seoul ibukota dari Korea Selatan itu sendiri.

Mengenal Korea Selatan, Seoul

Seoul merupakan bagian dari Daerah Ibukota Nasional Seoul (DINS) bersama dua distrik administratif lainnya yaitu Gyeonggi-do dan Incheon. Daerah ini terletak di barat laut Korea Selatan. DINS sendiri tempat hidup untuk 26 juta lebih jiwa dan mendapat posisi kedua sebagai wilayah metropolitan di dunia.

Kota terbesar dari wilayah DINS adalah Seoul dan memiliki penduduk terdaftar dalam area wilayah sebesar 605.21 km2  sebanyak 10juta lebih jiwa. Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia yang telah menempatkan Seoul sebagai kota digital – kabel di dunia.

Seoul sendiri identik dengan panorama gedung – gedung pencakar langit juga bangunan antik. Selain itu, Seoul dikenal akan harga murah pada berbagai produk kecantikan.

Sejarah Korean Selatan, Seoul

Bila ditilik berdasarkan sejarahnya, DINS memiliki beragam nama berdasarkan eranya. Daerah tersebut dibangun pertama kali pada masa dinasti Baekje yaitu pada abad 19 Sebelum Masehi dengan nama Wirye-seong.

Lalu, pada abad ke – 6, tanah tersebut kemudian diambil oleh dinasti Silla dengan nama Namgyeong. Kemudian setelah jatuhnya dinasti Silla, daerah tersebut diambil alih oleh Taejo sebagai raja dinasti Goryeo dan diberi nama Kaesong. Selanjutnya, pada era dinasti Joseon daerah tersebut dikenal dengan nama Hanseong atau Hanyang.

Baca juga:  Ajak Pasangan ke Namsan Tower, Objek Wisata Romantis di Korea Selatan

Pada masa kekaisaran Korea, daerah tersebut berkembang pesat terutama pada transportasi umum dengan dibuatnya trem dan troli yang ditarik secara manual, serupa dengan taksi.

Tahun 1910, pasca aneksasi Jepang – Korea, daerah tersebut berganti nama kembali menjadi Hanseong Keijo (Gyeongseong) dan ditetapkan sebagai ibukota dari kolonial Korea. Kemudian tahun 1945, setelah pembebasan Korea dari Jepang, daerah tersebut resmi berganti nama menjadi Seoul dan dinobatkan sebagai ibukota Korea Selatan.

Sekarang, kota Seoul dibagi menjadi 25 Gu, yang dipecah lagi menjadi 522 Dong, kemudian dipecah lagi menjadi 13.787 Tong, dan masih dipecah lagi menjadi 102.796 Ban. Hal tersebut bila di Indonesia bisa disebut sebagai kecamatan, kelurahan, RT maupun RW.

Agama Penduduk Korea Selatan, Seoul

Berdasarkan Seong Hae Young, seorang  profesor di Collage of Humanities of Seoul National University. Korea Selatan adalah salah satu negara langka, sebab penduduknya lebih banyak yang memilih tidak beragama dibandingkan memiliki agama.

Berdasarkan survey pada tahun 2015 yang dilakukan oleh kantor Statistik Nasional setempat, terdapat sebanyak 56 % orang Korea yang diidentifikasi tidak agama, sedangkan sisanya 46 % memiliki agama.

Transportasi di Korea Selatan, Seoul

Sebagai kota yang penuh dengan teknologi dan bermacam – macam kemajuan, tentu saja berpengaruh pada moda transportasi yang ada di Seoul. Berikut beberapa transportasi yang ada disana:

  1. Bus
    Transportasi pertama yang ada Seoul adalah bus. Bus merupakan salah satu transportasi andalan. Bus di Seoul dibedakan berdasarkan warna dari bus tersebut. Bus warna biru merupakan bus yang memiliki banyak trayek dan jarak tempuh panjang untuk mengelilingi kota Seoul.
    Bus dengan warna hijau merupakan bus yang memiliki trayek pendek, umumnya mengantarkan ke stasiun subway atau halte bus trayek panjang. Kemudian bus dengan warna merah adalah bus cepat dengan trayek dari Seoul ke kota – kota satelit Seoul.
    Terakhir ada bus dengan warna kuning yaitu bus yang memiliki trayek hampir serupa dengan bus hijau, rata – rata berhenti di stasiun besar ataupun pusat perbelanjaan.
  2. Bus Wisatawan
    Seoul memiliki bus khusus untuk wisatawan yang bisa mengantarkan turis mengunjungi tempat wisata terkenal disana seperti Gyeongbokgung, pasar Namdaemun dan Dongdaemun, Istana Changgyeonggung serta Seoul Tower.
  3. Subway
    Subway merupakan kereta bawah tanah yang memiliki 10 jalur dengan 3 jalur berbeda yaitu Gyeongui Line, Bundang Line, dan Jungang Line. Alat transportasi ini beroperasi sejak pukul 05.30 pagi sampai dengan 23.00.
  4. Jalan Tol
    Jaringan jalan tol di Korea Selatan diklaim yang terbaik di dunia. Jalan tol tersebut menghubungkan Seoul dengan semua kota besar di Korea Selatan bahkan sampai kepelosok desa sekalipun.
  5. Transportasi Udara
    Di Seoul sendiri terdapat dua Bandara. Pertama Bandara Internasional Incheon salah satu bandara terbaik di dunia dan Bandar Internasional Gimpo.
Baca juga:  Mengambil Hikmah dari Kisah Sahabat Nabi : Salman Al Farisi

Demikianlah informasi mengenai Korea Selatan, Seoul. Data yang disajikan di atas bisa saja tidak sama lagi dengan yang terjadi di lapangan, karena beberapa faktor seperti perubahan tahun, aturan dan semakin majunya negara tersebut.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!