+62 811 114 280 [email protected]

7 Masjid Spektakuler Di Spanyol yang Recommended Untuk Dikunjungi Wisatawan

masjid spanyol

Berkunjung ke negara lain sambil melakukan wisata religi nampaknya bisa dijadikan agenda liburan Anda. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi masjid spektakuler di Spanyol yang berarsitektur megah dan unik.

Beberapa diantaranya adalah bangunan peninggalan jaman dahulu dan ada beberapa yang letaknya berdekatan dengan kapel. Banyak hal yang akan membuat Anda terkesima dengan beberapa masjid spektakuler tersebut. Anda akan dibuat terheran-heran karena tidak pernah menemukan masjid semacam itu di daerah Indonesia.

Masjid Spektakuler Di Spanyol Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi

Berikut ini adalah beberapa masjid spektakuler di Spanyol yang sangat recommended untuk dikunjungi karena kemegahan dan keunikannya.

1.Masjid Agung Cordoba

Masjid spektakuler di Spanyol yang paling banyak dikunjungi adalah masjid Cordoba. Disini Anda dapat menikmati banyak hal yang spektakuler sehingga akan membuat hati merasa kagum.

Anda juga harus tahu bahwa masjid ini sudah dinobatkan menjadi salah satu situs warisan yang ada di dunia oleh UNESCO. Jika Anda berkunjung kesana, akan ada tour guide yang akan menemani Anda berkeliling dan menjelaskan apapun yang ingin diketahui selama 1 jam.

Di dalam masjid ini Anda akan merasa takjub saat melihat arsitekturnya lengkap dengan penjelasan dari tour guide yang akan membuat Anda merasakan berada di abad pertengahan. Inspirasi dari masjid ini berasal dari masjid Agung Damaskus.

Selain itu Anda juga akan menemukan hutan yang berpadu dengan lengkungan ganda dan kolam, mihrab, maqsura dan juga paduan suara. Suara ini biasanya terdengar di dekat kapel Mayor. Yang lebih menakjubkan lagi adalah dindingnya yang dihiasi dengan prasasti quran.

Baca juga:  10 Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kejayaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

Di tempat ini Anda juga dapat menemukan situs menara asli yang merupakan tempat diletakkannya lonceng. Anda juga dapat menaiki tangga untuk melihat pemandangan dari puncak yang sangat menawan. Kombinasi dari segi arsitektur dan religious membuat tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Semuanya berpadu dengan selaras dan memukau setiap pengunjung yang datang.

2.Masjid Pusat Madrid

Jika membicarakan tentang pusat kebudayaan Islam, masjid spektakuler di Spanyol yang menjadi sorotan adalah Masjid Pusat Madrid. Masjid ini berada di sekitar daerah Tetuan dan dikenal juga dengan nama masjid Abu-Bakr.

Selain itu ada pula yang menyebutnya masjid Selat karena letaknya dekat dengan stasiun metro Estrecho (Selat). Di dalam bangunan 4 lantai ini ternyata tidak hanya terdapat masjid saja, namun juga ada sekolah, kantor, pembibitan, auditorium, perpustakaan dan toko.

Jadi, tempat ini sangat multifungsi dan memberikan banyak manfaat pada banyak orang. Beberapa diantaranya adalah untuk fungsi pendidikan, ibadah, amal, sosial dan budaya. Dengan letaknya yang strategis di pusat kota, tempat ini wajib Anda kunjungi saat berada di Spanyol. Siapa tahu hal ini bisa menginspirasi kita untuk membuat tempat yang sedemikian rupa di Indonesia.

3.Masjid Cristo de la Luz

Masjid Cristo de la Luz merupakan salah satu masjid spektakuler di Spanyol yang

dapat membuat Anda kagum dengan arsitekturnya. Lewat arsitektur yang ada di dalamnya, Anda dapat belajar dan mengetahui kisah kotanya.

Masjid ini merupakan masjid yang mash memiliki arsitektur yang beum berubah seperti di periode Moor. Ukuran masjid ini bisa dibilang tidak cukup besar dan dihiasi dengan lengkungan tapal kuda Moor dan interior persegi kecil. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan taman dimana dan melihat pemandangan pengunjung transporasi kota.

Baca juga:  Jelajahi Negara Maroko, Negara Dengan Dua Ibukota

Ada pula jalan Romawi yang masih terpelihara dengan baik dilengkapi dengan lantai kaca. Di tempat ini juga terdapat taman yang menawan dan mengarah ke balkon sehingga Anda dapat melihat pemandangan sekitarnya. Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah melihat skema gelang diskon yang akan memberikan harga masuk yang lebih murah di 6 situs keagamaan di daerah sekitar Toledo.

4.Masjid Bashrat

Di Pedro Abad comarca Spanyol Alto Guadalquivir provinsi Cordoba, terdapat masjid spektakuler di Spanyol yaitu masjid Bashrat. Masjid ini mempunyai sejarah yang penting dan merupakan pusat dari gerakan Ahmadiyah di daerah Spanyol.

Masjid ini dibangun pada tahun 1982 dan memiliki 2 bangunan Menara yang kurang dikenal. Walaupun begitu, bangunan ini memiliki makna besar dalam sejarah. Masjid ini memang sengaja dibangun untuk tempat ibadah para muslim sejak akhir abad ke-15.

5.Masjid Almonaster

Walaupun tidak terlihat sebagai monumen yang sangat indah, namun ada banyak pengetahuan yang akan Anda dapatkan dari dinding benteng Castle Almonaster ini. Jadi tidak mengherankan bila bangunan ini juga termasuk masjid spektakuler di Spanyol. Banyak kisah tentang periode Moor yang bisa diketahui melalui bangunan ini. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai permata sejarah yang terdapat di sudut Spanyol.

Perlu Anda ketahui, masjid ini dibangun di abad ke-10 dan menjadi masjid yang masih hidup di daerah Spanyol.

Bentuknya memang terlihat cukup unik dan aneh karena terbuat dari batu dan batu bata. Letak masjid ini ada di atas bukit yang berada di dalam benteng menghadap ke Almonaster la Real yang ada di provinsi Huelva, Spanyol. Saat peraturan islam dirubah menjadi peraturan Kristen, tempat ini dirubah menjadi gereja.

Dalam beberapa abad, bangunan ini mengalami banyak sekali perubahan namun ciri islamnya tetap dipertahankan dan ada beberapa unsur Kristen baru yang ditambahkan. Daya tarik lain yang dapat dinikmati adalah pemandangan lembah yang berpadu dengan kicauan burung dan dapat dinikamti saat berjalan-jalan di sekitar masjid.

Baca juga:  Kota-kota Bersejarah di Spanyol, Warisan Kejayaan Agama Islam

6.Masjid Raja Abdul Aziz

Masjid spektakuler di Spanyol yang terletak di Marbella Spanyol adalah masjid Raja Abdul Aziz. Bangunan ini dibangun adalah salah satu masjid pertama yang dibangun di era modern di kawasan Spanyol. Pembangunan masjid ini dibiayai oleh Arab Saudi dengan ukuran yang cukup besar. Masjid ini dapat digunakan oleh 800 orang lebih lengkap dengan taman yang indah, perpustakaan dan perumahan untuk imam.

Aura dari Andalusia begitu terpancar dari latar belakang alami yang ada di tempat tersebut dan berpadu sempurna dengan pohon-pohon palem sebagai hiasannya. Di tempat ini, area pria dan wanita dibuat terpisah sehingga sangat nyaman untuk para muslim beribadah di dalamnya. Dari tempat ini juga selalu berkumandang adzan di 5 waktu shalat dengan begitu indah dan merdu.

7.Masjid las Tornerías

Salah satu masjid spektakuler di Spanyol yang merupakan bekas bangunan tua masjid Moor di Toledo adalah masjid las Tornerías. Bangunan ini dulunya dibangun di pertengahan abad ke-11 dengan pondasi arsitektur Romawi. Letaknya berada di lingkungan lama dari Muslim Arrabal de Francos. Di sini juga terdapat dinding tangki air Romawi yang berfungsi sebagai tempat pendistribusian air minum untuk wilayah seluruh kota Spanyol.

Sayangnya tempat ini masih tertutup dan belum dioperasikan untuk umum karena belum dipulihkan. Masih perlu pemugaran kembali agar tempat ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Hal ini sangat disayangkan karena merupakan salah satu dari dua masjid yang terdapat di kota tiga budaya. Semoga pihak pemerintahan segera memperbaikinya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Ternyata ada banyak sekali masjid spektakuler di Spanyol yang dapat Anda datangi saat berada di sana. Semuanya akan membuat Anda merasa takjub dan belajar banyak hal tentang sejarah dan budaya. Semoga informs ini dapat menjadi referensi Anda saat ingin melakukan perjalanan ke beberapa masjid yang ada di Spanyol.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!