+62 811 114 280 [email protected]

Hal yang Menarik dari Gunung Jirisan Korea Selatan

gunung jirisan

Bagi penikmat tayangan drama Korea tentu saja sudah tidak asing dengan Gunung Jirisan. Gunung yang tahun lalu sempat menjadi sebuah judul drama ini cukup populer di Korea Selatan. Yuk lihat hal menarik apa saja yang ada pada Gunung Jirisan di Korea Selatan.

Gunung Tertinggi Kedua di Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara yang sedang populer sejak tahun 2010 karena Korean Wave. Terdapat banyak gunung yang juga dikenal luas oleh beberapa penggemar dunia hiburan Korea Selatan, salah satunya adalah Jirisan. Gunung tersebut diketahui sebagai gunung paling tinggi kedua di Korea Selatan. Sementara gunung tertinggi pertama ditempati oleh Gunung Halla.

Nama gunung yang sebenarnya adalah Jiri, sementara kata San memiliki arti gunung dalam bahasa Korea. Oleh karena itu di setiap nama gunung, mereka menambah kata San seperti Baekddusan dll. Jirisan terletak di bagian paling selatan Negeri Ginseng dengan ketinggian mencapai 1.915. Gunung yang terbentang luas ini berdiri di antara tiga provinsi yakni Jeolla Selatan, Jeolla Utara dan Gyeongsang Selatan.

Gunung Kebijaksanaan

Jirisan dikenal sebagai gunung kebijaksanaan. Hal itu diambil dari kata Jiri yang memiliki makna kebijaksanaan. Jadi, Jirisan dapat diterjemahkan sebagai gunung yang memiliki keindahan serta kebijaksanaan. Sebutan gunung kebijaksanaan tidak disematkan begitu saja tanpa alasan.

Ada tujuh kuil Buddha yang kerap digunakan sebagai tempat bertapa bagi pemeluk agama Buddha di pedalaman Gunung Jiri. Itu juga yang menjadi alasan mengapa gunung tersebut disebut gunung kebijaksanaan. Berdasarkan informasi, siapapun yang bertapa di kuil gunung tersebut, maka akan memperoleh kebijaksanaan. Tentu saja hal itu sejalan dengan ajaran yang diberikan oleh Agama Buddha.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Akan Dinasti Ayyubiyah

Gunung yang Menyimpan Sejarah Kelam

Selama perang Korea yang berlangsung pada tahun 1950, terdapat banyak warga dan pasukan Korea Utara yang bermukim di kawasan Gunung Jiri. Meskipun negara telah diambil alih oleh PBB, tapi masih ada beberapa warga dan pasukan yang menetap di area gunung guna melanjutkan perang gerilya.

Hal itu berakibat pada penyiksaan terhadap mereka yang masih bersikeras menetap di gunung tersebut. Pemukulan, penyiksaan bahkan pembunuhan terus terjadi di area Gunung Jiri hingga tahun 1955. Itulah sejarah kelam yang disimpan oleh Jirisan.

Hingga kini, ada banyak orang Korea yang percaya bahwa gunung tersebut didiami oleh para arwah korban pembantaian. Jadi, apabila ada yang mau mendaki gunung tersebut maka harus ekstra hati-hati.

Gunung dengan Jalur Pendakian Menantang

Gunung Jirisan memang menyimpan banyak sejarah kelam, tapi hal itu terkadang malah menjadi sebuah ketertarikan bagi sebagian orang. Pasalnya jalur pendakian Jirisan sangat menantang karena luasnya area gunung tersebut.

Masing-masing jalur pendakian memiliki tantangan tersendiri yang wajib Anda coba. Ada salah satu jalur pendakian yang paling banyak diminati oleh turis lokal maupun asing, yakni jalur Sancheong. Jalur tersebut merupakan jalur terpendek dengan jarak 5,4 kilometer.

Setiap tahunnya ad sekitar 280.000 orang yang mengunjungi Gunung Jiri melalui jalur pendakian tersebut. Bagi Anda yang berminat, jangan lupa untuk menyiapkan bekal yang cukup selama pendakian.

Gunung yang Menampilkan 10 Pemandangan Indah

Hal yang paling mencuri hati adalah Gunung Jiri menyimpan 10 pemandangan indah. Wajar saja jika banyak dikunjungi oleh para pendaki. Pemandangan indah dari Gunung Jiri, yakni matahari terbit dan terbenam dari Puncak Cheonwangbong.

Momen ini diketahui memiliki pesona yang sayang dilewatkan. Anda bisa mengunjunginya ketika akhir dan awal tahun. Saat tahun baru, matahari diperkirakan terbit pada pukul 07.38 sampai 07.48 Waktu Korea. Untuk matahari terbenam yakni mulai  pada pukul 17.25 sampai 17.33 Waktu Korea. Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu agar tidak ketinggalan momen indah tersebut.

Baca juga:  Fakta Unik Tentang Selat Gibraltar

Selain matahari terbit dan terbenam, Anda juga dapat menikmati pemandangan lautan awan di Nogodan. Kemudian ada bulan purnama di Byuk Ryung dan daun musim gugur Piagol. Lihatlah Royal Azalea mekar dan banyak pesona lainnya yang disimpan jauh di pedalaman Jirisan.

Gunung yang Menjadi Taman Nasional

Terdapat lebih dari 4.900 flora dan fauna di Gunung Jiri sehingga patut dijadikan Taman Nasional. Oleh karena itu pada tahun 1967, pemerintah Korea Selatan menjadikan Gunung Jiri sebagai Taman Nasional dengan luas 107 km. Hal itu membuat Taman Nasional Gunung Jiri menjadi taman nasional terluas.

Selain terdapat flora dan fauna yang beragam, Gunung Jiri juga memiliki kuil Buddha terbesar yaitu Hwaeomsa. Kuil tersebut menyimpan berbagai harta nasional dan seni batu yang berasal dari masa lalu.

Gunung dengan Empat Musim

Gunung Jiri terletak di negara Korea Selatan yang memiliki iklim subtropis sehingga wajar jika kawan pegunungannya juga memiliki empat musim. Musim gugur, musim dingin, musim hujan dan musim panas. Waktu yang tepat untuk Anda melakukan pendakian adalah musim gugur dan musim panas. Jika Anda melakukan pendakian pada musim hujan, salju akan turun sangat lebat sehingga membahayakan aktivitas pendakian.

Itulah beberapa hal menarik dari Gunung Jirisan. Tidak hanya legenda Gunung Jirisan, ternyata gunung tersebut menyimpan banyak pesona yang menarik untuk ditelusuri.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!