+62 811 114 280 [email protected]

Seri Negara Balkan Rumania: Surganya Destinasi Wisata Muslim Yang Mempesona

negara balkan rumania

Nama Kota Rumania mungkin masih terdengar asing di telinga kita karena tidak begitu terkenal seperti negara-negara lain yang ada di Eropa. Namun jangan salah, di tempat ini banyak sekali hal menarik yang dapat digali. Tidak ada salahnya kita mengenal Rumania lebih dekat lagi karena ada banyak pengetahuan, hal unik dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Rumania merupakan salah satu negara di kawasan Balkan.

Destinasi Wisata Yang Recommended

Mendatangi suatu tempat tanpa berwisata tentu saja rasanya kurang afdol. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke Rumania, berikut ini ada beberapa tempat yang recommended untuk dikunjungi.

Barn castle

Salah satu hal yang cukup iconic di Rumania adalah keberadaan banyak kastil. Salah satunya lebih sering dikenal sebagai kastil drakula yang terletak di Translvania. Kastil ini sudah lama tidak dihuni dan jarang yang mau menempatinya.

Walaupun sudah mengalami renovasi berulang kali, namun kesan angker dan gelap tetap terlihat. Namun hal ini ternyata menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Kastil ini juga menginspirasi Bram Stoker, seorang penulis yang membuat cerita fiktif tentang drakula yang bernama Vald the Impaler.  

Rumania seaside

Anda suka dengan wisata alam? Jangan lupa untuk mengunjungi Rumania seaside yang memiliki hamparan pemandangan cantic dan memukau. Tempat ini dikelilingi oleh monument kuno dan kebun anggur yang jarang ditemui di daerah pantai lain.

Selain bersantai menikmati indahnya laut, Anda juga bisa berjalan-jalan ke monument dengan arsitektur kuno ataupun hotel di daerah tersebut. Anda dapat puas menikmati pemandangan kota dan pantai saat menginap di hotel dengan view yang memukau.

Baca juga:  Menggali Informasi Jejak Islam Di Albania Dan Wisatanya Yang Recommended

Corvin Castle

Corvin castle merupakan salah satu kastil tertua yang masih bagus keadaannya hingga saat ini. Designnya terlihat sangat ghotic dan masih asli sehingga terlihat khas. Bagi yang melihatnya dengan sepintas pasti yang terlintas pertama kali adalah bentuk bayangannya yang mirip kastil di film-film Walt Disney.

Peles Castle

Kastil berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Peles castle yang sangat khas. Dilihat dari designnya, mayoritas kastil berwarna gelap dan kelam namun terlihat anggun dan mempesona. Tempat ini bisa dikatakan sebagai kastil yang paling cantik karena dikelilingi pohon cemara dan memiliki banyak ruangan. Kastil ini terlihat seram dan misterius namun sangat berkarakter.

Ibu Kota Bucharest

Bucharest adalah ibu kota dari Rumania yang bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata. Ada banyak hiburan dan keindahan pemandangan yang bisa dinikmati. Kegiatan yang direkomendasikan selama Anda di sini diantaranya adalah tempat belanja, café, taman, istana besar dan beberapa museum besar lainnya.

Vaser Valley Forestry Railway

Kereta api ini dulunya dipakai sebagai alat pengangkut kayu dari daerah hutan ke penggilingan. Namun kini kereta api yang memakai tenaga uap ini sudah beralih fungsi untuk mengangkut para wisatawan. Anda akan puas berkeliling selama 2 jam di area hutan yang sangat berkesan sambil makan siang.

Delta Danube

Wisata alam lain yang tidak boleh ketinggalan adalah Delta Danube yang merupakan bagian dari sungai besar di Eropa. Akan ada banyak hewan liar yang dapat dilihat terutama jenis burung. Tempat ini sering dijadikan sebagai area berkumpulnya burung dari jauh yang ingin berkembang biak.

Poiana Brasov

Ingin merasakan sensasi ski yang menantang? Anda dapat mendatangi Poiana Brasov. Letaknya ada di pegunungan Carpathian dengan lereng sepanjang 25 km. setelah selesai menikmati ski, Anda dapat minum anggur dan makanan ringan sambil menghangatkan badan.

Baca juga:  Negara Balkan Republik Makedonia: Negara di Wilayah Eropa dengan Jejak Islam Menarik

Transylvanian Alps

Daerah ini merupakan area pegunungan yang terdapat padang rumput luas dengan banyak domba yang mencari makan. Tempat ini dapat menjadi destinasi favorit saat hiking di musim panas. Ketinggian aplen ini di bawah 200 meter dan tidak setinggi pegunungan rocky dan pegunungan alpen.

Merry Cemetery

Walaupun tempat ini adalah sebuah pemakaman, namun tidak Nampak aura seramnya karena mirip dengan galeri seni. Banyak nisan yang memiliki beragam warna lengkap dengan berbagai patung dan salib.

Budaya seperti ini dimulai saat ada salah seorang yang mengukir salib, melukis foto orang yang meninggal di salib, menuliskan puisi dan lain sebagainya. Kebiasaan inilah yang tetap dilakukan hingga sekarang sehingga pemakaman ini lebih mirip dengan galeri seni.

Peninggalan Jejak Islam Di Rumania

Rumania merupakan salah satu negara yang memiliki sedikit kaum muslim. Bila dihitung, mungkin hanya ada sekitar 0,3 persen muslim yang tinggal di sini sehingga cukup sulit mencari jejak peninggalan Islam di Rumania.

Salah satu bangunan yang merupakan peninggalan jejak Islam yang ada di Rumania adalah masjid. Masjid ini merupakan tempat yang sangat penting bagi umat muslim di sana karena keberadaannya tidak terlalu banyak.

Salah satu masjid yang terkenal di daerah Rumania adalah Masjid Agung Costanta. Masjid ini dibangun diatas lahan yang dulunya ternyata adalah sebuah masjid yang bernama masjid Mahmudia.

Masjid ini dibangun oleh Hafiz Husseyin Pasa dan diberi nama seperti nama Sultan Kerajaan Ottoman yang saat itu menjabat yaitu Sultan Mahmud II. Sekitar tahun 1910 masjid kembali dipugar oleh raja Carol I dan dikenal dengan nama masjid carol I.

Makanan Halal Khas Rumania

Berkunjung ke suatu negara nampaknya tidak lengkap bila tidak mencicipi hidangan kulinernya. Namun Anda juga harus hati-hati dalam memilih makanan karena umat muslim di sana minoritas.

Baca juga:  Balkan Dengan Destinasi Wisatanya Yang Menarik Dan Jejak Sejarah Islamnya

Berikut ini beberapa makanan halal khas Rumania yang bisa Anda coba :

Sarmale

Bila dilihat dari bentuk dan bahannya, makanan ini sangat mirip dengan siomay. Yang membedakannya adalah kubis yang dihidangkan diisi dengan daging dan nasi. Tetapi untuk lebih amannya Anda tanyakan dulu daging apa yang menjadi isiannya.

Biasanya digunakan adalah daging kambing, sapi, ayam, ikan dan terkadang babi. Sarmale seringkali dihidangkan dengan krim asam dan juga jagung sehingga lebih nikmat.

Varza a la Cluj

Makanann ini sebenarnya mirip dengan sarmale, hanya saja cara penghidangannya yang berbeda. Varza a la Cluj diletakkan di dalam wadah dan di oven tanpa menggunakan balutan kubis. Makanan ini juga lebih nikmat saat dihidangkan bersama dengan krim asam.

Drob De Miel

Makanan ini terbuat dari daging domba yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan di tengahnya diletakkan sebuah telur rebus. Namun kebanyakan orang mengganti daging tersebut dengan hati ayam sehingga lebih lembut.

Ciorba de Burta

Bagi Anda penggemar babat sapi, menu ini bisa dijadikan pilihan. Menu ini merupakan babat sapi yang dipadukan dengan cuka, krim asam dan pasta bawang putih. Kenikmatan ini dijamin akan membuat lidah Anda ketagihan.

Papanasi Cu Branza de Vaci Si Affine

Untuk Anda yang mencari hidangan dessert khas Rumania, Papanasi Cu Branza de Vaci Si Affine dapat dijadikan sebagai pilihan. Bahan dasar makanan ini terdiri dari keju sapi manis yang nantinya digulung dan dibentuk menjadi donat. Makanan ini juga diisi menggunakan krim manis dan di atasnya dituangkan selai cerry atau selai berry. Nikmatnya dessert ini akan membuat Anda selalu terkenang dengan Rumania. Ternyata banyak daya Tarik yang disimpan oleh negara Rumania ini. Siapkan diri Anda saat akan berkunjung dan jangan sampai lupa mengabadikan moment di banyak kastil yang iconic. Semoga perjalanan Anda akan menyenangkan dan membawa banyak kesan.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!