+62 811 114 280 [email protected]

Negara Balkan Republik Makedonia: Negara di Wilayah Eropa dengan Jejak Islam Menarik

Negara Balkan Macedonia

Republik Makedonia merupakan salah satu negara yang memiliki luas negara yang tak begitu besar yaitu 25.713 km2. Namun, walaupun Makedonia tak memiliki lahan yang luas negara ini menyimpan banyak sekali kekayaan di dalamnya. Republik Makedonia yang merupakan negara yang terletak di Eropa ini merupakan salah satu harta terpendam yang dimiliki oleh benua Eropa.

Sedikit yang mengenal nama Republik Makedonia ini karena luas negara yang terlampau kecil. Tetapi daya tarik wisatawan untuk Republik Makedonia tak kalah diminati dari daerah-daerah lain di benua Eropa.

Sejarah Singkat Republik Makedonia

Republik Makedonia merupakan salah satu nama negara yang berada di Benua Eropa. Negara ini bernama Makedonia yang sekarang telah berubah nama menjadi Republik Makedonia Utara. Republik Makedonia merupakan negara kecil yang ada di barat laut Yunani atau lebih tepatnya berada di Semenanjung Balkan.

Negara pertama yang menguasai daerah Republik Makedonia adalah kerajaan Paionia dan itu berlangsung pada abad 336 SM. Setelah Kerajaan Paionia kehilangan identitas pada abad 400 M, Republik Makedonia dikuasai oleh tentara Romawi dan menjadi bagian dari dua provinsi di Romawi. 

Republik Makedonia merdeka dari Yugoslavia dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1991. Republik Makedonia secara damai didirikan sebagai negara yang berdaulat dan berbeda dengan beberapa negara lain yang memisahkan diri dengan Yugoslavia dengan memicu peperangan.

Jejak Islam di Republik Makedonia

Republik Makedonia merupakan salah satu negara yang populasi penganut agama islam yang cukup banyak. Sepertiga dari negara ini menjadi penganut agama islam. Agama islam menjadi agama paling banyak kedua di negara ini selain agama Kristen Protestan dan Kristen Katolik.

Mayoritas penduduk muslim di Republik Makedonia berada di beberapa wilayah bagian barat dan barat laut negara ini. Islam yang dianut merupakan islam Sunni dari Mazhad Hanafi. Sebagian besar merupakan dari etnis Albania dan muslim lainnya terutama Rumania, Bosnia, Tobes dan Turki.

Baca juga:  Seri Negara Balkan Rumania: Surganya Destinasi Wisata Muslim Yang Mempesona

Meskipun mayoritas penduduk di Republik Makedonia adalah pemeluk Ortodoks namun, Republik Makedonia memiliki kurang lebih 600 masjid yang masih aktif digunakan. Sentuhan Turki pada Republik ini sangat nyata dan melekat karena kekuasaannya selama lima abad di tanah Balkan ini.

Tak sedikit dari warga muslim negara Albania yang hijrah ke Republik Makedonia dan menambah populasi jumlah penduduk muslim bertambah karena letak geografis yang berdekatan antar negara.

Di Negara ini anda dapat menjumpai Old Bazaar yang merupakan pasar tua yang masih terjaga sampai saat ini. Pasar tua ini menjadi bukti otentik toleransi beragama di Republik Makedonia. Di pusat pasar tua tersebut berdirilah sebuah masjid yang menjadi tujuan kaum muslim untuk menunaikan ibadah.

Di Republik Makedonia juga dapat dijumpai sebuah perkampungan muslim yang unik dan tersembunyi dari hiruk pikuk kota.  Perkampungan tersebut sekitar 130 kilometer dari Skopje yang berada di kota Radovish. DesaYuruci ini merupakan salah satu perkampungan muslim peninggalan Turki yang dihuni kurang lebih 50 kepala keluarga.

Berasal dari latar belakang suku dan budaya yang berbeda tak menjadi penghalang para kaum muslim hidup damai dan berdampingan di Republik Makedonia. Tantangan terbesar bagi kaum- kaum muslim yang menjadi minoritas di negara – negara Eropa ialah penyebaran isu – isu anti islam atau Islamfobia. 

Diskriminasi oleh mayoritas menjadi tantangan juga bagi umat Islam Republik Makedonia. Dari segi Pendidikan, ekonomi serta politik negara tersebut berbeda jauh dengan negara– negara lainnya di Benua Eropa.

Daya Tarik Yang Dimiliki Republik Makedonia

Republik Makedonia tak kalah indah dengan negara – negara yang ada di benua Eropa lainnya. Selain memiliki keindahan akan destinasi wisata yang dimiliki negara kecil ini, Republik Makedonia juga memiliki peninggalan budaya islam serta berbagai macam kuliner yang halal untuk muslim.

Eropa memiliki sejumlah negara – negara kecil tersembunyi yang sesungguhnya telah berkembang dan memperbaiki pariwisata yang dimiliki khususnya di area Eropa Timur antara lain Republik Makedonia. Jika anda berencana mencoba berwisata di negara Republik Makedonia ini, anda dapat mengunjungi beberapa tempat yang menjadi alternatif destinasi wisata yang ant mainstream.

Baca juga:  7 Tempat Wisata di Balkan Keren dan Menyenangkan

Skopje

Skopje merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keberagaman budaya islam dan kristiani yang membuat kota ini memilki daya tarik tersendiri. Keunikan serta kombinasi dalam perbedaan menjadikan kota tersebut dapat menarik mata wisatawan asing.

Pada destinasi Skopje terdapat Kameni Most yang merupakan salah satu icon di kota tersebut yang menggambarkan kombinasi kuno dan modern secara bersamaan. Kameni Most menjadi penghubung antara sisi kota yang modern dengan Kawasan Ottoman lama atau kuno.

Dengan mengunjungi Skopje, anda seolah – olah dapat merasakan pengalaman bepergian ke masa lalu dengan mudah. Karena wisatawan dapat menyeberangi lingkungan kawasan gedung modern menuju lingkungan yang kuno.

Ohrid

Ohrid merupakan salah satu tempat wisata yang telah diakui oleh Situs Warisan Dunia UNESCO. Ohrid merupakan nama sebuah kota yang berada di Republik Makedonia dan menduduki posisi kedelapan sebagai kota terbesar di Republik Makedonia.

Ohrid disebut sebagai Jarusallem of Balkan yang terkenal akan keberadaan 365 gereja di kota tersebut. Daya tarik kota Ohrid juga karena arsitektur yang indah pada rumah serta monumen yang dapat memikat mata wisatawan.

Di Ohrid anda jangan melewatkan untuk mengunjungi Benteng Tsar Samuil. Di sana wisatawan dapat menikmati pemandangan indah yang mengarah ke arah danau dan Ohrid Town serta dapat menikmati fasilitas menaiki perahu di Danau Ohrid.

Masjid Sultan Murat

Selain destinasi wisata yang dimiliki oleh Republik Makedonia, wisatawan muslim juga harus mengunjungi masjid yang menjadi warisan budaya Republik Makedonia. Masjid Sultan Murat dibangun di pusat bekas kota tua yaitu Skopje.

Masjid ini terdiri dari kuil, madrasah, menara jam terkenal Skopje dan terdapat makan orang – orang penting terdahulu. Masjid Sultan Murat dibangun pada tahun 1436 dan merupakan salah satu masjid pertama yan dibangun di Skopje.

Masjid Murat dibangun bersamaan dengan masjid terkenal lainnya yaitu masjid Muradiye di Bursa dan Masjid Uc Serefeli di Edirne. Masjid Sultan Murat juga memiliki nama lain yaitu Masjid Hunkjar yang artinya masjid Sultan. Tak hanya itu masjid ini juga dikenalsebaga Masjid Atk yang artinya Masjid Kuno.

Baca juga:  Balkan Dengan Destinasi Wisatanya Yang Menarik Dan Jejak Sejarah Islamnya

Tak afdol jika mengunjungi suatu negara tetapi anda tidak mencoba hidangan khas dan menggugah selera. Suatu negara tak lepas dari makanan yang menjadi identitas bagi suatu negara.

Makanan Khas

Di Republik Makedonia juga memiliki makanan khas yang akan memanjakan lidah wisatawan jika berkunjung ke negaranya. Beberapa rekomendasi makanan halal yang dapat dicoba oleh para wisatawan sebagai berikut.

Musaka

Makanan ini terkenal akan kelezatan dan menjadi menu rekomended bagi para wisatawan. Makanan yang terlihat seperti lasagna italia dengan daging sapi dan kentang sebagai bahan utama wajib dinikmati jika berkunjung ke Republik Makedonia.

Sarma

Wisatawan dapat menikmati makanan khas Makedonia yang berbahan kubis gulung ini sambil menikmati pusat kota Skopje saat musim dingin tiba. Berbahan dasar daging dan nasi yang telah dipanggang dapat memberikan sensasi hangat bagi tubuh.

Sarma juga dapat dinikmati pada musim panas, namun menggunakan gulungan daun anggur yang dipadukan dengan krim susu.

Turli Tava

Makanan khas ini sangat cocok bagi anda yang merupakan vegetarian. Turli Tava merupakan makanan sehat yang terbuat dari aneka sayuran yang bergizi dan disajikan dalam pot atau mangkuk.

Untuk anda yang bukan vegetarian dapat menambahkan potongan daging sapi sesuai selera. Nah untuk menambah kenikmatan mencicipi makanan khas Republik Makedonin anda perlu menambahkan sepotong roti yang lezat.

Zelnik

Anda yang sangat suka dengan makanan serba roti wajib mencicipi makanan satu ini. Makanan khas Makedonia ini berupa pie yang renyah berisi cincangan kubis dan telur. Biasanya untuk menikmati sepotong Zelnik anda bisa menyiapkan segelas yoghurt atau semangkuk krim keju.  Itulah informasi tentang Republik Makedonia yang merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah tentang Islam. Salah satu negara kecil di Benua Eropa yang memiliki kekayaan yang tak ternilai serta destinasi wisata yang indah dan tak kalah saing dengan negara-negara yang ada di Benua Eropa lainnya.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!