+62 811 114 280 [email protected]

Air Mata Kucing, Minuman Berkhasiat Asal Negeri Jiran

air mata kucing

Pernahkah kamu mendengar istilah air mata kucing? Air mata kucing bukanlah, air mata yang dihasilkan dari tangisan kucing lho ya. Ternyata ini adalah sebuah minuman pelepas dahaga di Kuala Lumpur, Malaysia khususnya Petaling Street.

Banyak orang yang rela mengantre demi mendapatkan minuman berwarna hitam ini. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa mencicipinya saat jalan-jalan ke Negeri Jiran.

Apa Itu Air Mata Kucing?

Minuman dengan cita rasa manis bak liang teh ini mampu membuat orang berbondong-bondong untuk menikmatinya. Minuman tersebut bernama air mata kucing, yang merupakan sebutan untuk buah lengkeng dalam bahasa Malaysia.

Minuman ini diracik secara lezat dengan irisan buah daging kelengkeng kering. Banyak penjual minuman yang berwarna kecoklatan ini dengan menambahkan biji selasih untuk menambah kenikmatan kesegarannya.

Minuman dengan bahan dasar buah kelengkeng ini, juga dicampur dengan lo han kuo, buah dari Tiongkok sebagai pereda panas dalam. Selain itu juga terdapat buah kundur yang merupakan manisan labu air. Untuk menambah cita rasa manis cukup ditambah dengan gula dan air.

Dalam pembuatannya semua bahan yang ada direbus selama 3 jam dengan api kecil hingga mendidih. Bagi lidah Indonesia dilansir dari travel.kompas.com rasa dari minuman ini seperti halnya cincau hitam namun berbentuk air.

Dinamakan air mata kucing, karena fisik dari buah lengkeng mirip dengan mata kucing. Hitamnya biji buah lengkeng berpadu dengan putihnya daging buah kelengkeng inilah yang menjadikan dikenalnya buah mata kucing.

Berapa Harga Air Mata Kucing ?

Saat berwisata ke Malaysia, belum lengkap jika belum merasakan minuman khas negeri Jiran ini. Minuman dengan bahan dasar kelengkeng ini dibanderol dengan harga 1,5- 2 Ringgit Malaysia atau setara dengan 5000-8000 rupiah.

Baca juga:  Hilangnya Peradaban Kota Petra Dan Kaitannya Dengan Islam Dalam Al-Qur’an

Untuk menambah kenikmatannya bisa ditambah dengan biji selasih dan nata de coco dengan tambahan sedikit biaya. Harga untuk satu gelas ini memang cukup terjangkau bagi wisatawan maupun orang yang lalu lelang untuk sekedar melepas dahaga.

Kalau kamu pecinta minuman dingin, kamu bisa minta ke penjual untuk menyajikan minuman bercampur lo han kuo ini dengan campuran es batu. Tapi kalau kamu lagi kurang enak badan alis meriang, kamu bisa minta penyajian minuman secara hangat. Selain itu sajian hangat minuman ini akan terasa lebih nikmat jika cuacanya sedang dingin.

Dimana Kamu Bisa Menemukan Air Mata Kucing?

Untuk mencicipi sajian khas dari negara tetangga dengan system pemerintahan kerajaan kamu bisa berkunjung ke pusat ibukota Malaysia. Selain di Kuala Lumpur, minuman ini bisa kamu temui di kawasan Pecinan atau lingkungan yang ada keturunan Tionghoanya.

Hal ini karena salah satu bahan dasar pembuatan minuman ini selain buah kelengkeng adalah lo han kuo. Sebagai buah yang asalnya dari Tiongkok, tentu akan sangat mudah mendapatkan bahan dasar ini di lingkungan Pecinan. Tanaman ini tumbuh merambat dan sering digunakan sebagai salah satu obat herbal.

Sementara itu di Indonesia juga terdapat replika atau tiruan dari minuman ini. Minuman dengan campuran gula batu ini bisa kamu temui Bandung Jawa Barat dan khususnya di Metro Indah Mall. Kenapa di Bandung juga terdapat minuman ini, karena pasalnya banyak wisatawan yang datang ke kota Bandung ini berasal dari Negeri Malaysia.

Khasiat Air Mata Kucing

Setiap produk kehidupan diciptakan tentu mengandung berbagai manfaat untuk kehidupan. Begitu pula dengan minuman berwarna kecoklatan dengan cita  rasa menyegarkan ini.

Baca juga:  Fakta Menarik Istana Changdeok Korea Selatan, Yuk Intip

Selain menyegarkan ketika diminum apalagi ketika berbuka puasa, ternyta minuman sehat nan menyegarkan ini mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh

Apa saja manfaat dari minuman popular khas Negeri Jiran ini, mari kita simak bersama :

  • Mengobati panas dalam

Panas dalam umumnya terjadi dikarenakan kekurangan vitamin C dan juga kekurangan serat. Selain itu bisa juga disebabkan oleh factor lingkungan seperti cuaca panas. Oleh sebab itu, banyak dokter yang menyarankan untuk banyak minum air putih dan makan makanan berserat.

Lantas bagaimana dengan orang yang tidak suka minum air yang tidak berasa ini? Dengan minum racikan dari buah mata kucing yang lezat dan menyegarkan ini, kamu tidak perlu bingung mengatasi panas dalam.

Karena kandungan vitamin C pada buah ini cukup tinggi dan mampu menyembuhkan panas dalam.

  • Mengobati radang tenggorokan

Rasa nyeri, iritasi dan bahkan gatal yang disebabkan keringnya tenggorokan merupakan gejala dari radang tenggorokan. Meski dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu kurang lebih seminggu.

Tapi radang tenggorokan tetap membuat rasa tidak nyaman pada tubuh terutama saat ingin menelan. Salah satu khasiat dari minuman air mata kucing disinyalir dapat mengobati radang tenggorokan.

  • Pelepas dahaga

Apapun jenis minuman tentu bisa melepaskan rasa dahaga pada tubuh kita. Tak terkecuali minuman khas asal negeri Jiran ini. Apalagi  ketika cuaca panas melanda, rasanya tubuh kita membutuhkan begitu banyak air.

Hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh kita keluar bersama keringat akibat cuaca. Untuk itu meminum minuman seperti cincau hitam ini akan terasa lebih segar saat disajikan secara dingin.

  • Meredakan batuk dan mengeluarkan dahak

Saat musim pancaroba tiba, penyakit musiman seperti batuk meriang datang silih berganti. Hal ini disebabkan oleh lemahnya daya tahan tubuh, sehingga virus mudah menyerang.  

Baca juga:  Panduan Shalat Tarawih Di Rumah Saat Pandemi Corona

Batuk merupakan suatu reason tubuh terhadap suatu benda asing yang menyerang saluran pernafasan. Kandungan antibiotic dan antioksidan dalam buah mata kucing ini dipercaya dapat membunuh bakteri jahat penyebab batuk. Selain meredakan batuk minuman ini juga mengeluarkan dahak sekaligus

  • Mengurangi resiko kanker

Belakangan ini penyakit kanker semakin merajalela akibat dari pola hidup yang kurang sehat. Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, kamu bisa menyeimbanginya dengan minum racikan daari buah kelengkeng ini. Pasalnya buah-buah yang terkanduung dalam minuman ini kaya akan quercetin dan quercitrin. Dimana kandungan keduanya bersifat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker, diabetes serta penyakit kardiovaskular.

  • Meningkatkan stamina

Mempunyai buah hati yang sehat adalah dambaan setiap orangtua. Untuk stamina dari ibu sejak kehamilan hingga persalinan pun harus dijaga. Dengan mengkonsumsi minuman ini, sang ibu dapat meningkatkan staminanya, karena nengandung protein, glukosa, dan juga lemak yang tinggi.

Selain keenam manfaat tersebut, khasiat dari air mata kucing ini dapat mencegah anemia dan penyakit lainnya lho. Bahkan minuman yang disajikan dengan gula batu ini juga kelelahan kronis,insomnia, hingga nafsu makan yang menurun. Jadi gimana semakin penasaran untuk mencoba minuman kaya akan khasiat yang khas dari negeri Malaysia bukan? Kini kamu tidak usah bingung lagi untuk mencicipi minuman berkhasiat tinggi ini. Kamu bisa memilih paket tour Malaysia persembahan dari jasa tour terpercaya untuk menikmati wisata kuliner tersebut. Jangan ragu lagi, segera tentukan paketnya dan konsultasikan liburan ke Malaysia.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!