+62 811 114 280 [email protected]

Inilah Perlengkapan Umroh Wanita yang Tak Boleh Ketinggalan

perlengkapan umroh wanita

Apa sajakah perlengkapan umroh wanita? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Umroh ialah berkunjung atau ziarah ke Baitullah. Hukumnya wajib bagi orang-orang yang mampu. Kewajibannya itu dikerjakan hanya sekali seumur hidup. Kalau mau beberapa kali berumroh ke Makkah itu pun tidak apa-apa. Jika belum pernah umroh sama sekali bisa digabungkan dengan ibadah haji. Akan tetapi tata cara umroh berbeda dengan haji. Prosedur umroh hanya melakukan ihram dari miqad, thawaf, sa’i, dan bercukur.

Umroh boleh dilakukan kapanpun. Tidak ada batasan waktu. Pelaksanaanya sekitar 9 hingga 15 hari. Sebelum keberangkatan ke Makkah alangkah lebih baiknya para jamaah mempersiapkan segala sesuatu. Persediaan yang lengkap dan memenuhi kebutuhan selama beribadah itu baik. Bahkan bisa memperlancar ibadahnya. Persediaan item-item untuk jamaah laki-laki, perempuan, dan anak-anak itu berbeda. Yuk kita bahas mengenai perlengkapan umroh wanita. 

Perlengkapan Umroh Wanita

Sedia payung sebelum hujan. Peribahasa itu sangat tepat bagi orang-orang yang mau bepergian. Umroh salah satunya. Seorang perempuan membutuhkan persediaan umroh yang lebih lengkap. Karena kebutuhan wanita pun lebih banyak dibanding laki-laki. Sebelum berangkat buatlah daftar barang yang dibutuhkan selama di sana. Hal ini baik bagi orang yang pertama kali berangkat umroh. Berikut beberapa perlengkapan umroh wanita:

Baju ihram

Perlengkapan umroh wanita yang paling penting dibawa ialah baju ihram. Pakaian ini nantinya digunakan melakukan ibadah umroh, seperti thawaf.

Hanya perlu membawa dua atau tiga baju saja. Disunnahkan memakai baju berwarna putih. Kalau tidak punya, bawalah warna yang tidak mencolok atau terlalu cerah.

Baca juga:  Sejarah Kota Cordoba, Bukti Kejayaan Islam yang Mengagumkan di Sudut Andalusia

Baju sehari-hari

Baju ini sangat diperlukan dalam beribadah di Baitullah. Tidak mau kan hanya memakai baju ihram saja selama di sana. Pilihlah baju yang menyerap keringat. Berhubung sedang menjalankan ibadah, pakailah baju-baju yang syar’i. Menutupi seluruh aurat perempuan dan longgar.

Bawalah baju secukupnya atau sesuaikan dengan kebutuhan selama di sana. Diri sendiri lah yang tahu kebutuhan. Bisa bawa sekitar 4-5 baju. Sertakan juga membawa jaket dari rumah. Udara di sana pada malam hari sangat dingin. Jadi ketika malam hari tiba dan merasakan kedinginan tinggal pakai saja jaket tersebut.

Baju tidur

Istirahat akan lebih nyenyak jika memakai pakaian yang bersih dan tidak bau. Usahakan memakainya yang panjang. Entah itu berupa potongan celana atau daster. Dengan begitu, ketika mau ibadah malam tidak perlu susah payah ganti baju lagi.

Cukup kenakan baju tidur saja. Kecuali jika pakaiannya terkena air liur, lebih baik ganti pakaian yang bersih. Berhubung di Baitullah bisa juga mencuci, bawalah baju itu secukupnya saja.

Pakaian dalam

Masing-masing wanita mempunyai kebutuhan underwear yang tidak sama. Ada yang sehari harus ganti pakaian dalam dua atau tiga kali. Jikalau seorang perempuan sedang mengalami keputihan, lebih baiknya membawa celana dalam lebih banyak.

Atau bisa juga membawa pakaian dalam sekali pakai. Pilihlah barang ini sesuai kebutuhan selama beribadah di Baitullah. Jangan sampai hanya karena ada masalah tentang pakaian dalam ibadah tidak dijalankan dengan baik.

Mukena

Di Makkah warganya tidak mengenakan mukena (rukuh) saat sholat. Mereka hanya memakai baju, kerudung, dan kaos kaki yang menutup aurat ketika sholat. Aurat perempuan yang boleh terlihat ketika beribadah ini hanya muka dan telapak tangan. Jadi di sana mungkin tidak ada rukuh di dalam masjid.

Baca juga:  Metropol Parasol, Karya Megah dari Seorang Arsitek Genius

Dianjurkan membawa mukena sendiri dari rumah. Ini menjadi perlengkapan umroh wanita yang tidak boleh terlewatkan. Bawalah sekitar 2 mukena. Sehingga ada cadangan ganti  ketika mukena tersebut terkena najis atau kotor. Ibadah lancar anda pun senang.

Al-Quran

Meningat sedang umroh di kota suci ini. Maka perbanyaklah ibadah. Salah satunya dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Membawa kitab suci umat Islam ini sesuai keinginan jamaah wanita. Pilihlah yang lebih mudah dibaca dan bisa dibawa kemana-mana.

Obat-obatan

Perlengkapan umroh wanita yang juga tak kalah penting adalah obat-obatan. Sebelum berangkat ke Mekah biasanya akan melakukan check up ke dokter. Bawalah obat apa yang disarankan dokter tersebut.

Apabila tidak melakukan itu, bawa saja obat yang sekiranya dibutuhkan selama di sana. Misalnya obat pusing, diare, pilek, batuk, atau nyeri haid.

Tidak hanya itu vitamin pun sangat diperlukan selama beribadah. Supaya stamina badan untuk ibadah  kuat dan lancar. Kesehatan orang tidak ada yang tahu.  Jadi berjaga-jagalah.

Peralatan mandi

Kebersihan adalah sebagian dari Iman. Jika mandinya hanya dengan air saja, tubuh masih terasa kotor. Peralatan mandi yang perlu dibawa berupa shampo, sabun, sikat gigi, odol, dan pencuci muka.

Usahakan memilih sabun cair dan shampo botol. Sehingga mudah dibawa kemana-mana. Biasanya dari pihak hotel telah menyediakan item-item tersebut. Namun tidak ada salahnya membawa dari rumah.

Handuk

Meskipun dari hotel sudah menyediakannya, namun membawa handuk sendiri itu lebih baik. Sudah dijamin kebersihannya. Akan tetapi ada beberapa tempat penginapan di sana menyediakan handuk sekali pakai.

Jadi sebelum tiba di sana searching dulu hotelnya. Menanyakan kepada agen umrohnya pun lebih baik. Biasanya pihak itu sudah ada pengalaman.

Baca juga:  Keistimewaan Mengusap Rukun Yamani Di Ka’bah

Make-up

Menjaga kesehatan kulit selama menjalankan umroh sangat baik. Udara yang membuat kulit kering sangat tidak nyaman.

Gunakan handbody dan pelembab yang sesuai kulit. Selain itu untuk antisipasi bawa juga water spray khusus wajah. Sehingga selama umroh kulit terasa lembab, wangi, dan segar.

Tas kecil

Barang ini sangat utama untuk menemani ibadah umroh. Banyak sekali item-item yang dibutuhkan selama di sana. Kegunaan tas kecil ini bisa diisi uang, doa-doa, dan buku panduan manasik umroh. Bahkan make-up pun bisa dimasukan di tas tersebut. Jadi jamaah wanita tidak perlu kerepotan membawa banyak barang. Praktis kan?

Alas kaki dan kaos kakinya

Kenakan alas kaki yang aman dan nyaman di kaki. Bisa berupa sepatu atau sandal. Jangan menggunakan alas kaki yang berhak tinggi. Itu akan mempersulit ibadah umroh. Misalnya saja seperti sa’i dan thawaf yang memanfaatkan kaki. Perlengkapan umroh wanita lainnya berupa kaos kaki. Selain digunakan untuk sholat, item ini bisa menghangatkan kaki ketika udara dingin datang. 

Pembalut atau pantyliner

Pembalut dan pantyliner sebagai jalan alternatif untuk berjaga-jaga selama beribadah. Perlengkapan umroh wanita satu ini untuk menghindari celana dalam terkena najis.

Seorang perempuan biasanya menghadapi keputihan ketika banyak beraktivitas. Udara berbeda pun sangat mempengaruhinya. Maka dari itu kenakan pantyliner guna kenyamanan dan kelancaran ibadah umroh.

Masker dan kacamata

Kacamata dan masker dibutuhkan ketika sedang beribadah atau ziarah pada siang hari. Teriknya matahari disertai adanya debu membuat tidak nyaman dalam melakukan aktivitas tersebut. Oleh karena itu, gunakan masker dan kacamata untuk melindungi wajah anda.

Setiap perempuan berbeda pula persediaannya dengan perempuan lainnya. Perlengkapan umroh wanita diatas gambaran pada umumnya. Mungkin dari anda hanya cukup membawa beberapa barang saja. Jadi lebih baiknya sebelum pergi, cek lebih dahulu persediaan apa yang memang benar-benar dibutuhkan selama beribadah. Atau lebih baiknya konsultasi terlebih dahulu di pihak agensi yang menaungi ibadah umroh anda. Tidak mau kan ibadah terhambat hanya karena kekurangan perlengkapan umroh?

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!