+62 811 114 280 [email protected]

12 Tempat Wisata Di Yordania Yang Indah Dan Bersejarah Yang Wajib Dikunjungi

wisata yordania

Yordania adalah salah satu negara yang menyajikan berbagai wisata yang menarik, indah dan penuh dengan sejarah. Negara ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan wisata setelah melakukan ibadah umroh. Jadi, tidak hanya perjalanan ibadah saja yang didapatkan namun juga refreshing ke negara yang penuh sejarah di dekat mekkah. Berbagai tempat wisata di Yordania pasti akan memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan bagi Anda.  

Beberapa negara yang menarik di kawasan Yordania yang wajib Anda kunjungi adalah sebagai berikut ini:

1. Jerash

jerash yordania

Kota kuno Romawi yang indah dan menarik untuk di kunjungi adalah Jerash. Tempat wisata di Yordania ini sering disebut Gerasa dan dapat Anda tempuh dengan jarak kurang lebih 48 km dari kota Amman. Apabila menggunakan kendaraan darat, Anda dapat sampai kesana dengan durasi waktu kurang lebih 60 menit perjalanan.

Sesuatu yang khas dan iconic dari tempat ini adalah adanya pintu masuk yang dinamakan sebagai Hardian Arch. Nama ini diambil dari nama seorang kaisar yang telah berjasa membuat kota Jerash semakin terkenal. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melihat keindahan Temple of Zeus dan juga Oval Plaza di dalam bangunan Jerash.

2. Petra

petra yordania

Di sudut sebelah selatan kota Anda akan menemukan tempat wisata menarik yang bernama Petra. Tempat wisata di Yordania ini berada di kawasan tebing-tebing dan kawasan gurun yang dominan berwarna merah. Di tempat wisata Petra ini Anda dapat melihat pesona dari symbol peradaban Nabatea Arab.

Kawasan ini merupakan salah satu daerah yang cukup penting dalam dunia perdagangan bagi wilayah tersebut. Petra sudah lama ada kurang lebih sejak abad ke 4 sebelum masehi. Karena tempatnya yang menarik dan iconic, tak heran kawasan ini sering dipilih menjadi lokasi shooting film Hollywood.

Baca juga:  Tempat Wisata Osaka Castle, Saksi Bisu Penyatuan Bangsa Jepang

3. Wadi Rum

ilustrasi wadi rum

Keindahan bentang alam di Yordania dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Wadi Rum. Wadi memiliki arti lembah, sedangkan Rum memiliki arti menanjak atau tinggi. Hal ini tergambar jelas dari pemandangan yang terlihat. Disini Anda dapat menikmati bentangan gurun pasir dengan bukit batu yang memiliki warna kuning, merah dan orange.

Tempat ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata warisan dunia terbaik oleh UNESCO. Karena keindahannya, tak heran bila Wadi Rum sering dijadikan sebagai tempat lokasi shooting dari berbagai film Hollywood.

4. Al-Khazneh

Al-Khazneh yordania

Tempat wisata di Yordania selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Al-Khazneh. Tempat ini sangat menarik dan bangunannya merupakan tujuan wisata penting yang menjadi bukti sejarah masa Kerajaan Nabatea. Al-Khazneh ini juga dipercaya sebagai tempat untuk para bajak laut menyimpan harta hasil jarahan. Tak heran bila tempat ini dikenal sebagai ruang harta. Beberapa informasi juga menyebutkan bahwa Al-Khazneh pada jaman dahulu dijadikan sebagai kantor keuangan di jaman pemerintahan Firaun.

5. Ajloun

Ajloun

Tak jauh dari Kota Amman, ada tempat wisata yang menarik yaitu Ajloun atau biasa disebut Ajlun. Kota ini sangat recommended untuk dikunjungi saat berlibur di daerah Yordania. Beberapa tempat populernya adalah Ajloun Castle yang sangat terkenal. Disini Anda dapat melakukan hiking ke puncak istana tersebut. Jam operasional tempat ini di mulai dari jam 8 pagi hingga 7 malam.

6. Aqaba

aqaba yordania

Di sebelah selatan Yordania, Anda dapat menemukan tempat wisata menarik yaitu kota Aqaba. Tempat wisata di Yordania ini dapat dikatakan sangat berdekatan dengan perbatasan Israel. Penduduk di kota ini kurang lebih berjumlah 70.000 penduduk. Selain itu kota ini juga mendapat julukan sebagai kota industry, ilmiah, sosial, budaya.

Anda dapat menikmati liburan dengan berkunjung di pantainya dan menginap di resort. Ada banyak pilihan resort mewah yang berjajar di kawasan Teluk Tala sebelah selatan. Destinasi wisata yang lainnya adalah reruntuhan arkeologi dari Tall Hujayrat Al-Ghuzam. Di kawasan Shatt Al-Ghandour Anda juga dapat berkeliling melihat perkebunan kurma.

Baca juga:  Seongsan Sunrise Peak | Wisata Menarik Instagramable di Korea Selatan

Untuk yang gemar melihat keindahan bawah laut, Anda dapat mencoba wahana scuba diving. Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai keindahan terumbu karang dan juga berbagai macam ikan.

7. Dana Nature Reserve

Dana Nature Reserve

Ingin berkunjung ke tempat wisata yang bernuansa alam? Dana Nature Reserve dapat dijadikan sebagai pilihan. Tempat ini berupa cagar alam yang di sekelilingnya terdapat perbukitan dan lembah dengan material bebatuan. Selain itu Anda juga dapat melihat cantiknya puncak tebing yang merupakan hasil pahatan di masa lampau.

Tempat wisata di Yordania ini memiliki pemandangan yang sangat mengesankan dan juga masih memiliki penduduk dengan gaya hidup kuno masyarakat kawasan Timur Tengah. Disini Anda dapat mengunjungi beberapa pondok-pondok batu kering yang terdapat di desa kuno. Pengalaman yang tak kalah menyenangkan adalah Anda dapat merasakan sensasi menginap di tempat tersebut beberapa waktu.

8. Madaba

Madaba yordania

Kota Madaba di dominasi oleh bangunan masjid dengan beberapa Menara sehingga tak heran bila banyak yang mengatakan tempat ini sebagai destinasi wisata terbaik. Selain itu Anda juga dapat menemukan beberapa situs yang letaknya tersembunyi dan ada sejak jaman Bani Umayyah.

9. Dead Sea

laut mati

Tempat lain yang sangat terkenal di kawasan Yordania adalah dead sea atau disebut juga laut mati. Lokasinya terbentang di perbatasan Palestina dan Yordania. Tahukah Anda mengapa laut ini disebut dengan laut mati? Hal ini dikarenakan tidak adanya tanda-tanda kehidupan dari dalam laut ini. Alasannya adalah kandungan garam di dead sea sangat tinggi yaitu kurang lebih 32% dibanding kadar garam di daerah lain yang hanya berkisar 3% saja.

Selain berwisata, banyak orang yang berendam di dead sea sambil mengoleskan lumpur yang berasal dari dead sea ke tubuh. Lumpur yang berasal dari dead sea ini tinggi akan kalium dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan dan juga sirkulasi darah. Nah, jangan lupa mencoba aktivitas ini ya saat nanti Anda berkunjung ke dead sea.

Baca juga:  Mengenal Sakura Hanami, Tradisi Menikmati Keindahan Sakura di Jepang

10. Zarqa

ilustrasi Zarqa yordania

Zarqa ini berada di sisi utara Yordania yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 635.160 jiwa. Tempat wisata di Yordania ini dikenal sebagai ‘the blue city’ dan sangat menarik untuk dikunjungi walaupun tidak memiliki monument bersejarah ataupun reruntuhan arkeologi. Ada banyak bangunan estetik untuk dijadikan latar berfoto yang menarik. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat berbelanja ke pasar atau toko di kawasan tersebut. Ada berbagai makanan lokal dan juga souvenir khas yang dijual disana.

11. Irbid

irbid yordania

Jika Anda ingin mengunjungi suatu tempat yang memiliki banyak objek wisata, Anda dapat mendatangi kawasan Irbid. Di kawasan ini banyak terdapat kafe dan restaurant yang dibuka hingga larut malam. Selain itu berbagai macam peninggalan budaya juga dapat Anda nikmati di museum-museum yang ada di kota ini.

Daya tarik lain dari tempat wisata di Yordania ini adalah Anda bisa melihat keindahan lembah Yordania, Ajloun, Umm Qais dan banyak tempat lain. Di daerah Irbid ini juga terdapat beberapa universitas yang salah satunya yang bergengsi adalah Universitas Yamouk.

12. Mujib Nature Reserve

Mujib Nature Reserve yordania

Lembah sungai yang berliku dapat memanjakan mata Anda dan tempat wisata ini bernama Mujib Nature Reserve. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat penampakan lembah sungai yang berliku dan juga lembah curam yang merupakan hasil pahatan peninggalan beberapa abad yang lalu. Para wisatawan juga dapat mengexplore tempat ini sambil mendaki tebingnya sampai ke puncak.

Ada banyak sekali tempat wisata di Yordania yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Tidak hanya refreshing saja yang bisa Anda peroleh, namun juga belajar banyak tentang sejarahnya melalui banyak peninggalan yang masih tersisa. Semoga liburan Anda ke Yordania menyenangkan.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!