+62 811 114 280 [email protected]

Gerbang Utama Istana Harran Ditemukan Setelah 2 Tahun Proyek Penggalian oleh Para Arkeolog di Turki

istana harran

Berbicara mengenai sejarah dan arkeologi, penemuan gerbang utama Istana Harran kuno sudah pasti menjadi tonggak pencapaian terbaru penelitian pada situs bersejarah di Harran. Berikut akan dibahas mengenai rincian penemuan serta latar belakang penting dari situs sejarah kota Harran yang wajib Anda ketahui. Meskipun Anda belum mengerti tentang seluk beluk situs sejarah Haran, Anda tidak perlu cemas karena dibawah ini disediakan sebagian informasi dasar mengenai situs tersebut.

Letak Kota Harran

Lokasi kota Harran berjarak kurang lebih 44 kilometer dari wilayah Provinsi Şanlıurfa, dan terletak di bagian tenggara negara Turki. Ini membuat wilayah kotanya berdekatan dengan perbatasan Suriah. Dari yang sudah diketahui para arkeolog, Harran modern yang dikenal saat ini dibangun diatas sisa kota Harran kuno yang pada waktu itu menjadi tempat berkumpulnya orang dari berbagai daerah.

Harran dulunya berfungsi sebagai pemukiman yang memiliki peranan penting dalam kegiatan perdagangan yang dilakukan di daerah Mesopotamia dan sekitarnya. Karena itu, Harran kuno menjadi kota yang disinggahi dan dihuni oleh orang dengan latar belakang yang beranekaragam sehingga menjadikannya pusat budaya pada zaman dulu.
Karena sudah dihuni sejak tahun 6000 SM, kota ini termasuk sebagai salah satu pemukiman tertua yang ada di dunia. Tidak hanya sebatas pemukiman, Harran dikenal sebagai kota yang melahirkan banyak ilmuan dan kaum terpelajar karena disana merupakan tempat dibangunnya universitas Islam pertama dimana orang dari dalam maupun luar daerah datang untuk belajar.

Seputar Situs Sejarah Istana Harran

Di Timur Tengah dulunya terdapat beberapa kerajaan dan istana kuno yang menjadi pusat pemerintahan pada saat itu. Namun, salah satu istana yang mampu bertahan hingga saat ini yaitu Istana Harran. Istana yang terletak di wilayah Şanlıurfa ini merupakan peninggalan bersejarah yang sudah ada sejak 9 abad lalu. Memiliki ruangan yang jumlahnya ratusan, Istana Harran memiliki keunikannya tersendiri dan dikatakan sebagai salah satu istana yang langka pada Abad Pertengahan, terutama di Timur Tengah.

Baca juga:  Keindahan Karpet Turki, Permadani Berkualitas Tinggi

Karena dianggap sebagai kawasan bersejarah dengan peranan besar pada zaman dulu, sekarang situs ini menjadi salah satu fokus penting Pemerintah Turki. Hal ini terbukti karena sampai saat ini arkeolog bersama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki masih terus menjalankan proyek penggalian di sekitar situs tersebut dengan harapan untuk menemukan lebih banyak prasasti maupun ruangan istana yang terkubur, seperti penemuan gerbang utama Istana Harran.

Dengan tingginya frekuensi penggalian yang dilakukan di sekitar situs, maka semakin banyak pula peninggalan yang bisa ditemukan, dijaga, dan dipelajari. Dengan begitu, akan ada banyak orang akan tertarik untuk berkunjung ketika tempatnya sudah dibuka untuk publik. Jika berhasil mengundang pengunjung asing, tentu dapat menambah sumber pendapatan negara nantinya.

Penemuan di sekitar situs

Beberapa waktu lalu, penemuan pemandian istana yang memiliki 3 kubah cukup membuat kagum banyak pihak, utamanya tim penggali. Pemandian ini diperkirakan dibangun pada abad ke 12-13 dan masing-masing kubahnya berfungsi sebagai ruangan pendingin, penghangat, dan pemanas. Namun yang lebih menarik yaitu, baru-baru ini gerbang utama Istana Haran berhasil ditemukan oleh tim arkeolog dan penggali dari Universitas Harran.
Diberitakan bahwa penggalian tersebut dipimpin oleh Mehmet Önal, kepala Departemen Arkeologi Universitas Harran, yang akhirnya bisa diselesaikan selama 2 tahun.

Dari dua gerbang utama yang terdapat di Istana Harran, salah satunya telah ditemukan dan diteliti. Gerbang tersebut dilaporkan memiliki tinggi 7 meter (sekitar 23 kaki) dan terbuat dari batu basal. Di dekat lokasi penemuan juga diketahui adanya ukiran motif bintang.
Selain itu, Önal juga melaporkan bahwa pada penggalian yang sama ditemukan pula sebuah prasasti yang ditulis pada batu basal dalam bahasa Arab. Penelitian lebih mendalam masih akan dilakukan mengenai penemuan prasasti tersebut serta simbol yang terdapat pada sebuah segel stempel, cincin, dan mata panah yang ditemukan oleh tim penggali.

Baca juga:  Sejarah Kota Cordoba, Bukti Kejayaan Islam yang Mengagumkan di Sudut Andalusia

Penemuan barang-barang itu dianggap sebagai salah satu penemuan signifikan semenjak dimulainya penggalian pertama di Harran pada tahun 1950, yang menjadikan kota ini terdata dalam daftar tentatif UNESCO sejak tahun 2000 lalu. Secara otomatis, ini membuat Harran menjadi salah satu kontributor besar sejarah dunia.
Apabila diperhatikan, penemuan bersejarah selalu berhasil membuat orang heran dan penasaran. Dengan segala kesederhanaan alat dan teknologi yang digunakan pada zaman dulu, orang masih dapat membuat barang maupun bangunan yang masih bisa bertahan hingga sekarang ini. Ini merupakan bukti kompeten sumber daya manusia pada zaman dulu.

Diatas merupakan sedikit dari bukti sejarah di Harran yang bisa dibahas melalui penemuan gerbang utama Istana Harran. Masih ada banyak yang bisa dipelajari dan teliti mengenai situs bersejarah tersebut di Internet. Jika ada saudara maupun teman yang tertarik mengenai informasi penemuan bersejarah, Anda bisa membagikan kabar ini untuk menambah pengetahuan mereka mengenai sejarah dunia.

Picture: https://twitter.com/anadoluagency/status/1318234087509905408/photo/1

Leave a Reply

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!