+62 811 114 280 [email protected]

Toledo, Kota Dengan Kisah Toleransi Dan Perbedaan Tiga Agama Berbeda

Toledo

Toledo adalah salah satu kota yang pernah menjadi Ibu kota Spanyol ini memiliki kisah menarik. Karena pada masa kekuasaan Islam, kota tersebut dikenal dengan tingkat toleransi yang tinggi. Hal ini terbukti dengan kehadiran agama Yahudi, Kristen juga Islam di lingkungan tersebut yang justru hadir dengan berdampingan.

Masa-masa penuh toleransi tersebut dikenal dengan sebutan La Convivencia atau The Coexistence. Pada masa tersebut kota ini dikenal sebagai pusat penerjemah dari ilmu pengetahuan. Karena itulah baik ilmuan muslim, Kristen atau bahkan Yahudi mereka akan bekerja sama dalam menerjemahkan manuskrip dari bahasa Arab ke bahasa Latin.

Selain itu, berbagai macam karya penting dari ilmuwan Yunani dan Romawi yang sempat hilang pun mulai disalin kembali. Akan tetapi, kedamaian di antara tiga agama tersebut mulai hilang saat terjadinya Reconquista yang mulai dilakukan oleh bangsa Kristen.

Karena itulah bangsa Yahudi pun mulai terusir pada tahun 1482. Setelah itu, menyusul pula umat muslim yang juga mulai terusir pada tahun 1542. Hal tersebut juga ditandai dengan benteng terakhir dari kekuasaan Islam yang ada di Gramada yang mulai runtuh.

Kota berukuran kecil yang tidak pernah berubah

Meskipun masa-masa La Convivencia telah berlalu. Faktanya sisa bangunan peninggalan dari umat muslim yaitu Islam, Yahudi, bahkan Kristen sekalipun masih berdiri dengan kokoh. Bahkan keberadaannya pun masih terlihat lestari, karena itulah KotaToledo pun dikenal sebagai kota kecil yang tidak pernah berubah.
Sebagai salah satu kota yang terletak tidak jauh dari Madrid. Jarak yang harus Anda tempuh hanya berkisar antara 70 kilometer saja. Selain itu, kota cantik ini pun dikenal sebagai warisan dunia yang sudah ditetapkan pada tahun 1986 oleh UNESCO.

Baca juga:  Gerbang Utama Istana Harran Ditemukan Setelah 2 Tahun Proyek Penggalian oleh Para Arkeolog di Turki

Jika dilihat dari segi sejarah, kota Toledo dikenal sebagai kota yang telah dihuni sejak jaman Romawi atau sekitar tahun 192 sebelum masehi. Tempat ini pun digunakan sebagai pusat perdagangan serta administrasi dari Tarraconensis.

Namun setelah runtuhnya kekuasaan Romawi, kota ini pun mulai dikuasai oleh bangsa Visigoth yang kemudian menjadikannya sebagai ibu kota. Hal tersebut terjadi hingga bangsa Moor yaitu agama Islam mulai menaklukkan Semenanjung Iberia yang terjadi pada abad ke -8.

Pada masa tersebut ada banyak sekali pasukan yang dikirimkan oleh khalifah. Hanya saja pasukan Tariq memang memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pasukan lainnya. Tariq sendiri telah banyak menaklukkan kota dan akhirnya mencapai Toledo.

Keindahan dari Kota Toledo

Sebagai salah satu kawasan kota yang ada di Spanyol. Bagi Anda yang tengah berlibur di kawasan tersebut, pastikan pula untuk tidak melewatkan Toledo. Ada banyak keindahan yang dapat Anda temukan dengan mudah di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari atas bukit. Kota Toledo pun terlihat seperti negeri dongeng. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang dapat mengingatkan Anda pada keberadaan kerajaan, kastil, atau bahkan pangeran berkuda dan lainnya.

Toledo hadir sebagai kota dengan tampilan berwarna keemasan. Kawasan tersebut dikelilingi oleh sungai berwarna kehijauan serta pohon-pohon dengan warna perak dan berguguran pada saat musim dingin tiba.
Di kawasan kota tersebut ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi, seperti halnya kawasan Alcazar Palace. Tempat tersebut dikenal sebagai istana yang dibangun pada abad ke-3 saat kekuasaan dari bangsa Romawi. Untuk letaknya sendiri berada di bagian atas bukit batu Alcazar.

Selain dikenal sebagai tempat untuk berlatihnya para tentara kerajaan. Lokasi tersebut juga dikenal sebagai tempat pertahanan kota. Lokasi lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Primate Cathedral of Saint Mary of Toledo atau Katedral Toledo. Tempat ini dikenal sebagai Saksi atas perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di Toledo. Bahkan banyak sekali hasil terjemahan dari agama Islam, Yahudi serta Kristen yang tersimpan di lokasi tersebut.

Baca juga:  Daya Tarik Budaya Korea Selatan yang Khas dan Unik

Kemudian ada lagi tempat lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Lokasi tersebut adalah Santa Maria La Blanca, yaitu bangunan yang pernah menjadi Masjid, Gereja dan juga Sinagoga. Karena itulah interior yang dimilikinya pun merupakan perpaduan unik di antara ketiganya.

Toledo juga dikenal sebagai kota dengan tiga peradaban karena di tempat tersebut terdapat tiga sentuhan arsitektur berbeda. Hal ini dibuktikan dengan adanya sentuhan Gothic, Mudejar hingga Renaissance. Bahkan tidak hanya dalam gaya arsitektur saja, tetapi juga dalam berbagai macam karya seni yang dihadirkannya.

Itu sebabnya kota Toledo dan berbagai isinya dinyatakan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Bahkan Toledo juga dikenal sebagai rumah dari sosok pelukis abad pertengahan terkenal asal Spanyol. Sosok tersebut adalah El Greco yang dikenal dengan nama asli Domenikos Theotokopoulos.

Paket Tour Rihlah Peradaban Wisata Halal Muslim Maroko Spanyol Portugal 16 Hari

Tidak hanya itu, sejumlah karya yang dimilikinya pun tersimpan dengan rapi di beberapa gereja yang ada di kawasan Toledo. Namun jika Anda tidak sempat melihatnya, beberapa karyanya juga tersimpan di Museum Nasional Prado yang ada di kawasan Madrid.

Image from: https://twitter.com/Carol_Chula/status/1432681996820619272/photo/1

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!