+62 811 114 280 [email protected]

Fakta Menarik Istana Changdeok Korea Selatan, Yuk Intip

changdeokgung

Istana Changdeok Korea Selatan merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke negeri Korea.

Istana Changdeok merupakan sebuah nama dari istana yang berada di Korea Selatan. Istana ini merupakan peninggalan pada masa pemerintahan Raja Taejo. Bangunan istana masih tertata dan terawat dengan rapi hingga sekarang. Detail bangunannya unik dan megah. Itulah mengapa tempat ini ramai akan wisatawan hingga era sekarang.

Meskipun terletak di Gunung Bukhansan, namun istana ini memang didesain dengan serapi dan seindah mungkin. Bentuk bangunannya sangat memukau menggambarkan harmonisasi luar biasa antara alam dengan pandangan leluhur.

Sekilas Tentang Istana Changdeok

Istana Changdeok Korea Selatan merupakan tempat yang dianggap penting, terlebih lagi sejak berkuasanya Raja Seongjong yang merupakan raja ke sembilan dari Dinasti Joseon. Istana ini sebenarnya pernah terbakar pada tahun 1952. Namun pada pemerintahan Pangeran Gwanghaegun, istana dibangun kembali dengan megah.

Konsep bangunan dari istana ini memadukan antara gaya dari 3 kerajaan yaitu Baekje, Silla, dan Goguryeo. Harmonisasi dengan alam sangat terlihat menyatu dari bangunan istana keren ini. Arsitektur yang melekat padanya menyimpan berbagai nilai filosofis yang sangat membanggakan.

Berikut beberapa elemen menarik yang bisa ditemukan di Istana Changdeok Korea Selatan .

  • Gerbang Donhwa

Ini merupakan gerbang utama dari istana. Gerbang ini disebut juga dengan nama Gerbang Transformasi Kebenaran.

Gerbang yang dibangun sejak tahun 1609 ini memiliki 5 lorong. Namun, hanya 3 lorong saja yang bisa dilewati oleh pengunjung yang datang.

  • Gerbang Jinseon
Baca juga:  Menilik Budaya Korea yang Khas, Unik dan Menarik

Gerbang ini merupakan gerbang istana bagian dalam. Anda bisa memasukinya setelah melewati gerbang Donhwa.

  • Gerbang Sukjon

Gerbang lain yang bisa dilewati oleh pengunjung adalah gerbang Sukjon. Ini merupakan pintu masuk dari aula Injeong. Aula ini memiliki 2 atap tumpang. Aula Injeongjon merupakan tempat bagi raja untuk memberikan ucapan selamat kepada para menteri.

  • Balai Huijeong

Balai Huijeong terletak di dalam ruang Daejo. Balai ini dibangun sekitar tahun 1.700 an. Ruangan ini digunakan sebagai tempat diskusi para raja dan menteri. Namun, kebakaran juga sempat menimpa balai ini.

Akhirnya, pada tahun 1.920 balai ini dibangn kembali . Rumah kediaman para bangsawan ini memiliki taman belakang yang sangat memukau.

  • Huwon

Huwon adalah bagian dari Istana Changdeok yang biasa disebut dengan secret garden. Mengapa disebut dengan secret garden? Ini disebabkan karena dari semua komposisi yang terdapat dalam Huwon hanya 1% saja yang merupakan buatan manusia.

Taman ini sangat indah dan ditumbuhi dengan pepohonan raksasa yang berumur ratusan tahun. Anda bisa mendapatkan waktu yang paling istimewa ketika musim gugur tiba. Dedaunan pepohonan yang menghijau akan tergantikan dengan pucuk-pucuk daun baru yang benar-benar menyegarkan mata.

Fakta Menarik Tentang Istana Changdeok

Sebelum mengunjungi tempat wisata yang cukup populer di negera Korea ini, Anda bisa mencari beberapa fakta unik dan menarik tentang Istana Changdeok Korea Selatan .

  1. Situs warisan dunia UNESCO

Hal yang perlu diketahui oleh banyak orang adalah bahwa istana ini masuk dalam salah satu situs warisan budaya UNESCO. Hal ini telah diakui sejak tahun 1997 pada sebuah rapat yang dilangsungkan di Italia, tepatnya di Naples.

  • Istana kerajaan kedua

Ternyata, Istana ini bukan merupakan satu-satunya istana di Korea. Bahkan, istana yang sangat indah ini merupakan istana kedua di kerajaan Korea. Istana ini menjadi tempat kediaman dari kerajaan kedua.

Baca juga:  Jenis Perlengkapan Haji yang Jangan Sampai Terlewat

 Lahan istana sendiri terdiri dari area publik atau umum istana, tempat tinggal raja dan keluarga, hingga taman belakang. Istana ini dibangun setelah pembangunan istana pertama yaitu istana Gyeonbukgung.

  • Merupakan kediaman dinasti Joseon

Istana mulai menjadi tempat tinggal sejak pemerintahan Dinasti Joseon, tepatnya pada tahun 1392 hingga tahun 1910.

  • Memiliki taman belakang yang indah

Taman belakang yang disebut dengan secret garden merupakan hal yang paling populer dan dilihat banyak wisatawan. Taman ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Taejong. Sebenarnya, pembangunan taman ditujukan sebagai tempat bagi keluarga istana untuk beristirahat.

Di taman tersembunyi ini, terdapat beberapa paviliun yang bisa dijadikan sebagai tempat singgah yang nyaman. Ada juga pohon raksasa yang kira-kira berusia 300 tahun.

  • Merupakan tempat wisata yang ramai

Fakta menarik terakhir dari tempat wisata ini adalah menjadi tempat wisata yang cukup ramai di negeri Korea. Bagi wisatawan asing yang ingin datang ke Istana Changdeok Korea Selatan , maka harus menggunakan Pemandu Wisata. Kunjungan ke istana dibagi-bagi dalam setiap bulannya. Contohnya, kunjungan ke taman belakang hanya dibuka pada bulan Maret hingga Mei dan September hingga Oktober saja. Jadi, Anda tidak bisa ke tempat ini kapanpun.

Rencanakanlah dengan baik kunjungan Anda ke istana ini agar bisa mendapatkan kunjungan yang benar-benar luar biasa. Jika Anda ingin menghabiskan liburan bersama sahabat dan keluarga di tempat ini, maka Anda bisa menggunakan jasa tour agent.

Tips Berkunjung Ke Istana Changdeok

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, perhatikanlah beberapa tips berikut.

Ketahui jadwal kunjungan secara lengkap

Jadwal kunjungan wisata ke Istana ini dibagi-bagi dalam beberapa bahasa. Untuk Bahasa Korea dibuka pada bulan Maret hingga September pada pukul 09.20, 10.20, 11.20, 12.20, 13.20, 14.20, 15.20, 16.20 dan pukul 17.00. Sedangkan pada bulan Juni hingga Agustus pada pukul 17.20 saja.

Baca juga:  Galata Tower, Menara Penuh Cerita Nan Eksotis

Untuk Bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa China dibuka pada jam yang berbeda. Sedangkan untuk kunjungan Mandiri dilakukan pada hari Rabu dan Sabtu terakhir pada setiap bulan. Istana tutup setiap hari Selasa.

Ketahui tiket masuk untuk menentukan budget

Untuk memasuki istana ini, orang dewasa harus membayar 1000 won sedangkan anak-anak harus membayar 500 won. Usia dewasa dihitung mulai dari 19 hingga 64 tahun dan usia anak-anak dihitung mulai dari 7 hingga 18 tahun. Untuk usia dibawah 6 tahun tidak dikenakan tiket masuk atau gratis.

Bawa tour leader

Memasuki Istana Changdeok tentunya sangat asing bagi wisatawan dari luar Korea. Maka, setiap wisatawan diharuskan untuk membawa tour leader agar tidak mengalami kesulitan atau kebingungan saat berkunjung. Semua wisatawan bahkan harus mengenakan hanbok ketika masuk ke dalam istana.

Persiapkan dokumentasi

Berkunjung ke Korea khususnya ke istana ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Anda. Oleh karena itu, persiapkan dokumentasi secara lengkap. Bawalah kamera yang bisa menghasilkan gambar yang baik agar semua objek wisata bisa didokumentasikan dengan lengkap.

Berkunjung ke negeri Korea menjadi impian menarik bagi banyak orang. Anda bisa mengunjungi istana ini jika melakukan perjalanan ke negeri Korea. Ada banyak hal menarik dan unik yang bisa Anda dapatkan selama berkunjung ke istana ini. Dapatkan pengalaman yang berharga dengan mengunjungi bangunan tua dan megah yang menjadi kediaman bagi raja-raja terdahulu di negeri Korea. Gunakan paket wisata murah terpercaya untuk menemani Anda ketika berkunjung ke Istana Changdeok

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!