+62 811 114 280 [email protected]

Pohon Sahabi Menjadi Pohon yang Berjasa Bagi Nabi

pohon sahabi

Kita semua pastilah sering melihat pohon di sekeliling rumah ataupun taman. Pohon merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki akar, batang, dan juga daun. Pohon dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah pohon hias, dan pohon buah. Pohon juga menjadi tempat untuk melakukan perlindungan dari terik matahari. Dengan berlindung di bawah pohon yang rindang, tentu akan merasa sejuk dan nyaman.

Untuk pohon hias, umumnya digunakan sebagai pengindah rumah, namun untuk pohon buah, menjadi pohon yang paling disukai karena dapat menghasilkan buah dan berbagai manfaat lainnya. Selain menghasilkan buah dan juga bunga, yang paling dominan dari pohon ilalah pohon tentu akan menghasilkan kayu.

Kisah Pohon Sahabi

Pada zaman rasul ada kisah pohon yang bernama pohon sahabi. Pohon sahabi merupakan pohon yang tunduk kepada nabi Muhammad SAW ketika nabi mengikuti pamannya. Paman nabi yakni Abu Thalib melakukan perdagangan ke Syam dan Suriah. Kisah pohon sahabi bermula saat nabi Muhammad berusia masih 12 tahun. Saat itu, nabi Muhammad mengikuti pamannya berdagang dengan rombongan quraisy dan kemudian bertemu dengan biarawan yang memiliki nama Bahira.

Dalam pertemuan antara Bahira dengan nabi dan para rombongan quraish, Bahira mengatakan kepada paman nabi yakni Abu Thalib jika Muhammad SAW memiliki tanda kenabian yang berupa adanya awan yang selalu menaungi nabi dari panasnya sinar matahari. Selain itu, terlihat dari nabi Muhammad yang sering berlindung di bawah pohon sahabi dan pohon tersebut melindungi nabi dari panasnya matahari.

Di masa kecilnya, nabi Muhammad SAW sering berteduh di bawah pohon sahabi. Tentu saja pohon sahabi tunduk dan melindungi nabi dari terik matahari yang menyengat di gurun. Itulah sedikit cerita tentang kisah dari pohon sahabi dengan nabi Muhammad SAW.

Baca juga:  Mengenal Hajar Aswad

Letak Pohon Sahabi

Pohon sahabi menjadi pohon yang tunduk pada nabi Muhammad SAW dan termasuk menjadi teman masa kecil nabi. Pohon sahabi ini terletak di gurun Yordania dan sudah berdiri selama 1400 tahun. Letak lebih jelasnya dari pohon sahabi ini ada di bagian utara padang pasir Yordania.

Pohon sahabi memiliki bentuk fisik yang menarik. Pohon sahabi menjadi pohon yang sangat besar dan dapat hidup di gurun pasir dengan adanya kondisi kurangnya air. Pohon sahabi memiliki batang yang lebar dan besar, akar yang kuat dan juga daun yang lebat sekali. Untuk berteduh di bawah pohon sahabi tentunya akan merasakan perasaan yang tenang, karena pohon sahabi menjadi pohon yang sering digunakan oleh rasulullah untuk berteduh.

Pohon Sahabi Sahabat Nabi

Pohon sahabi menjadi pohon yang disebut sebagai pohon sahabat nabi. Pohon sahabi ini memiliki keistimewaan. Salah satu keistimewaan dari pohon sahabi ialah usianya yang dapat mencapai hingga ribuan tahun. Selain itu, pohon sahabi juga dapat hidup dan tumbuh semakin subur di cuaca yang panas seperti gurun pasir.

Jika di negara Indonesia, pohon sahabi dapat diartikan mirip dengan pohon beringin. Pohon beringin pada Indonesia ini memiliki betuk tuhub pohon yang besar dan daun yang lebat. Selain itu, pohon beringin juga memiliki ciri lainnya seperti ada layaknya tali pohon dari pohon beringin.

Pohon Sahabi Tempat Nabi Berteduh

Kisah pohon sahabi ini dimulai dari cerita berikut. Dalam perjalanan berdagang bersama dengan paman dan rombongan quraish, nabi seringkali melakukan istirahat dan berteduh dibawah pohon sahabi. Nama pohon sahabi sendiri diambil dari artian pohon sahabat nabi yang kemudian lebih banyak dikenal pohon sahabi. Jadi saat nabi sedang melakukan perjalanan dagang, nabi bertemu dengan seorang nasrani bernama Bahira.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Rumah Nabi Muhammad SAW

Saat pertemuan antara nabi dengan Bahira, usia nabi saat itu masih kecil. Dalam perjalanan, Bahira selalu memperhatikan nabi yang masih kecil dan kemudian memahami dan sadar tentang adanya tanda-tanda kenabian pada diri nabi Muhammad SAW. Tak lama setelah Bahira melihat tanda kenabian, Bahira segera menemui paman nabi dan berpesan agar selalu menjaga nabi, karena kelah nabi Muhammad SAW akan menjadi penolong dari umat manusia.

Saat itu, nabi beristirahat di bawah pohon sahabi dan kemudian Bahira melihat ada tanda nabi yang semakin jelas. Kemanapun nabi berada, selalu saja ada yang melindungi nabi dari terik panasnya matahari. Sama dengan di bawah pohon sahabi. Di bawah pohon sahabi, terlihat nabi sedang beristirahat dan kemudian pohon sanabi bergerak gerak untuk melindungi nabi dari terik panas matahari.

Nah jadi itulah kisah tentang pohon sahabi yang merupakan sahabat nabi. Kisah ini menjadi kisah yang sudah turun temurun diceritakan dan dikenal oleh banyak umat muslim. Pohon sahabi menjadi pohon besar yang sangat berjasa kepada nabi Muhammad SAW. Selain sebagai pelindung nabi, pohon sahabi juga sudah menjadi sahabat nabi dari kecil.

hayatun tour logo bawah Penyelenggara travel umroh dan wisata halal bersertifikat di BSD Tangerang Selatan Indonesia. Semua program dilaksanakan sesuai sunnah sehingga inshaa Allah perjalanan menjadi penuh hikmah dan bermakna.
error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!