+62 811 114 280 [email protected]

Ketahui Estimasi Tahun Keberangkatan Melalui Nomor Porsi Haji

nomor porsi haji

Tak perlu bingung, untuk mengetahui kapan waktu berangkat haji ialah dengan menggunakan nomor porsi haji.

Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam, setelah zakat. Meski  menjadi sebuah kewajiban setiap umat muslim, pergi ke baitullah ini dijalankan oleh mereka yang mampu. Mampu di sini tidak hanya mampu fisik semata, namun mampu secara finansial dan mental.

Salah satu keutamaan dari naik haji atau umroh adalah menghilangkan kefakiran dan dosa. Dari situlah banyak umat muslim yang ingin menunaikan ibadah ini. Saat ini banyak calon jamaah yang sudah mendaftar haji namun belum mengetahui secara pasti tahun berapa mereka berangkat. Padahal sebenarnya estimasi tahun keberangkatan dapat diketahui dari nomor porsi haji.

Apa Itu Nomor Porsi Haji?

Menunaikan ibadah ke tanah suci atau naik haji memiliki segudang manfaat untuk kehidupan. Selain sebagai kewajiban, naik haji memberikan manfaat untuk kesehatan badan dengan pahala yang berlimpah.

Tak jarang manusia yang memiliki banyak masalah akan dilanda rasa ketidaktenangan dalam hidup. Oleh karena itu, manusia perlu meletakan pikiran negatif dan berpasrah pada Sang Pencipta. Dalam Islam haji atau umrahlah solusi terbaik untuk membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

Ketika calon jamaah mendaftar haji ke bank dengan memberikan setoran awal, maka calon jamaah akan mendapatkan sebuah nomor porsi haji. Dilansir dari haji.kemenag.go.id nomor porsi adalah nomor antrean atau nomor urut pendaftaran calon jamaah ibadah haji yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Nomor porsi haji didapatkan setelah calon jamaah melakukan pendaftaran di bank dengan bukti setor awal dari bank penerima. Di era digital ini, semakin memudahkan seseorang untuk mencari segala informasi.

Baca juga:  PAKET UMROH EXCLUSIVE PLUS WISATA MUSLIM HALAL MANCANEGARA / EROPA...

Termasuk untuk mengetahui estimasi keberangkatan haji. Fungsi dari adanya nomor porsi haji ini untuk mengecek tanggal keberangkatan haji secara online.

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Porsi Haji?

Seiring bertambahnya peminat penduduk di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji, membuat antrian haji semakin panjang. Untuk itu pemerintah selalu berupaya untuk menambah kuota haji. Mengingat lamanya waktu untuk menunggu keberangkatan dalam ibadah ini, maka sebaiknya segeralah mendaftar dan dapatkan nomor porsi haji.

Dengan mengetahui estimasi keberangkatan haji, maka Anda dapat mempersiapkan segalanya dengan matang. Setelah mengetahui fungsi dari nomor porsi haji, tapi masih bingung bagaimana caranya untuk mengecek keberangkatan.

Berikut disampaikan langkah-langkah untuk mengecek keberangkatan haji secara online:

  1. Pastikan Anda mendapatkan nomor porsi haji setelah melakukan setoran awal BPIH (biaya penyelenggara ibadah haji)
  2. Buka situs resmi dari Kementerian Agama di haji.kemenag.go.id
  3. Pada halaman awal situs Anda akan menemukan halaman untuk mengecek nomor urut ibadah haji yang tercantum sebagai nomor porsi haji pada setoran BPIH.
  4. Masukkan nomor porsi haji yang berjumlah 10 digit yang terletak pada ujung atas bukti setoran
  5. Setelah input nomor porsi, klik cari untuk melihat perkiraan waktu keberangkatan.
  6. Data calon jamaah akan muncul setelah klik “cari” mulai dari nama calon jamaah, tempat tinggal, hingga perkiraan tahun keberangkatan haji baik tahun masehi maupun hijriah.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan oleh calon jamaah untuk mengecek keberangkatan ibadah yang di lakukan pada bulan Dzulhijah ini. Selain melalui situs online tersebut calon jamaah bisa juga menghubungi call center haji di no. Telp 021-500 425. Atau bisa datang langsung ke Direktor Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh yang beralamat di Jalan Lapangan Benteng Barat No.3-4 Jakarta.

Baca juga:  Bagaimana Pelaksanaan Tata Cara Umroh? Berikut Urutannya

Informasi Detail Mengenai Kode Nomor Porsi

Kode nomor porsi pada bukti setoran awal ini bukanlah nomor cantik yang direkayasa semata. Kode nomor haji yang dikeluarkan oleh Kemenag ini sebenarnya memiliki makna dan fungsi tersendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui informasi mengenai nomor porsi haji secara detail, berikut kami sajikan detail informasinya:

  • Nomor urut pendaftaran keberangkatan haji

Nomor porsi haji merupakan nomor urut pendaftaran keberangkatan haji calon jamaah yang secara legal dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu juga sebagai bukti bahwa calon jamaah telah secara resmi terdaftar di Kemenag.

  • Sebagai informasi estimasi keberangkatan

Kode yang terdiri dari 10 digit angka ini memiliki fungsi penting, yakni untuk mengecek jadwal keberangkatan calon jamaah haji yang sudah terekam identitasnya. Selain itu nomor porsi ini juga berfungsi untuk memastikan bahwa Anda masuk dalam kuota haji yang ditentukan pemerintah.

  • Bukti jamaah terdaftar di Kemenag

Nomor porsi didapatkan setelah melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari mengurus keuangan hingga administrasi lainnya. Saat semua persyaratan telah terpenuhi, maka Anda bisa mendapatkan nomor porsi sebagai bukti bahwa Anda merupakan calon jamaah haji yang sudah terdaftar di Kementrian Agama.

  • Mempermudah jamaah sebelum keberangkatan.

Saat mengetahui jadwal keberangkatan haji, ini akan mempermudah segala persiapan yang berkaitan dengan keberangkatan. Seperti biaya, fisik maupun persiapan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat di tanah suci.

Informasi detail mengenai nomor porsi haji ini bisa menjadi pertimbangan segal persiapan Anda saat hendak menunaikan ibadah ke tanah suci. Hal ini juga berguna untuk mempersiapkan pelunasan pembiayaan haji lainnya.

Tips Memilih Mitra Travel Yang Tepat

Bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki waktu untuk mengurus segala persiapan seputar naik haji  tentu akan memilih penyelenggara travel haji. Karena Anda tidak perlu repot kesana kemari untuk mengurus pendaftaran dan akomodasi naik haji lainnya. Namun belakangan ini marak terjadi kasus penipuan pihak travel dengan calon jamaah.

Baca juga:  Perbedaan dari Umroh dan Haji Adalah

Untuk itu kami paparkan beberapa tips untuk memilih mitra penyelenggara travel haji yang tepat, yakni :

  1. Pilihlah pihak penyelenggara haji atau umroh yang memiliki legalitas, agar bisa dipercaya dan dituntut saat melakukan penyelewengan
  2. Program yang dijalankan saat haji dan atau umroh merujuk seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
  3. Sebaiknya pilih penyelenggara yang memiliki pembimbing sesuai dengan syariat Islam dan telah terlatih
  4. Memiliki pelayanan prima dan sesuai dengan harapan kita
  5. Memiliki fasilitas dokter umum dan hotel yang terdekat dengan beberapa lokasi yang digunakan saat menunaikan ibadah haji

Itulah beberapa tips mengenai cara memilih mitra travel penyelenggara haji yang tepat. Beberapa tips di atas dapat Anda pertimbangkan dan gunakan saat menentukan mitra penyelenggara ibadah ke Baitullah ini. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penipuan dan Anda menjadi korbanya.

Jika Anda ingin menunaikan salah satu ibadah yang memiliki segudang manfaat ini, tapi masih bingung mesti bagaimana, cukup percayakan saja ke pihak travel. Mengingat haji adalah sebuah perjalanan ibadah, maka jangan ragu untuk mempercayakan perjalanan Anda bersama agen travel terpercaya di kota Anda. Dengan memanfaatkan berbagai paket haji dan umroh yang tersedia, dapat dipastikan ibadah haji Anda akan berjalan dengan khusuk. Selain itu Anda hanya perlu menunggu waktu keberangkatan dan melakukan pelunasan saja, saat Anda memilih agen travel yang terpercaya.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!