+62 811 114 280 [email protected]

Palestina; Tanah Yang Suci Namun Terus Dirundung Konflik

palestina

Palestina adalah wilayah yang sangat kental dengan Islam namun terus saja dirundung konflik yang tak berkesudahan. Hal ini karena Israel menganggap bahwa Palestina adalah “tanah Yahudi yang dijanjikan” sehingga mereka berfikir berhak mendapatkannya.

Segala macam cara dilakukan untuk merebut tanah Palestina tersebut dengan segenap cara hingga dengan kekuatan militer. Israel ingin mengusir para muslim Palestina agar pergi dari tanah kelahiran mereka.

Di dalam sejarah dikisahkan bahwa umat islam sangat ingin mengupayakan islamisasi tanah Palestina walaupun belum sempat dibebaskan oleh Rasulullah SAW. Proses perjuangan ini terus diupayakan setelah wafatnya Rasulullah yang tepatnya pada saat era Amru bin al-‘ash. Wilayah yang tersisa tinggal Baitul Maqdis dan Qaisariyyah yang pada akhirnya dibebaskan pada Mei 637 M.

Sebuah kisah yang terkenal sampai saat ini adalah saat Amir al-Mukminin Umar bin al-Khattab masuk ke kota Jerusalem dengan mengendarai onta secara bergantian dengan para pengawalnya. Serah terima kota ini dihadiri oleh banyak sahabat yang kurang lebih berjumlah 4 ribu orang. Kota ini kuncinya diterima langsung oleh Amir al-Mukminin.

Pembebasan kota ini ditandai dengan adanya peristiwa Perjanjian Umar yang dilaksanakan tahun 15 H dengan para penduduk Elia. Bersamaan dengan hal tersebut jiwa dan harta mereka telah diberikan jaminan keamanan dan keselamatan. Dengan jaminan yang diberikan tentu saja proses Islamisasi penduduk di Palestina berjalan lebih lancar dan mudah. Dengan kata lain penduduk Palestina mayoritas menjadi beragama Islam.

Agama Islam berkuasa di Palestina sudah cukup lama yaitu sekitar 12 abad mulai tahun 636 hingga 1099 M, 1187 hingga 1917 M. Hal ini merupakan penguasa terpanjang dalam sejarah negeri Palestina. Jadi tak mengherankan bila Palestina menjadi negeri yang memiliki tempat khusus untuk seluruh umat manusia.

Baca juga:  Sungai Eufrat, Penentu Kapan Hari Kiamat

Beberapa tempat khusus istimewa bagi umat Islam yang terdapat di Palestina adalah sebagai berikut ini :

Masjid al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa merupakan situs masjid yang disucikan dan menjadi kiblat pertama bagi umat Nabi Muhammad SAW.

  • Masjid Al-Aqsa telah dianggap sebagai salah satu masjid yang dihormati bagi kaum muslim. Yang nomor satu paling dihormati adalah Masjidil Haram yang berada di Makkah dan yang kedua adalah Masjid Nabawi yang terletak di Madinah. Apabila kita beribadah di masjid al-Aqsa, shalat kita mendapat pahala 500 kali shalat di masjid biasa.
  • Palestina merupakan bumi yang benar-benar diberkahi oleh Allah SWT yang jelas tertulis dalam surat al-Isra ayat 1, al-Anbiya ayat 70, 80 dan al-Saba ayat 18.
  • Negara Palestina juga telah disebut di dalam al Quran surat Al-Maidah ayat 57 bahwasanya Palestina adalah bumi yang suci.
  • Palestina juga merupakan buminya para Nabi yaitu Ibrahim, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Luth, Daud, Sulaiman, Shaleh, Zakariya, Yahya dan Isa A.S.
  • Palestina juga merupakan tempat dimana Rasulullah melakukan perjalanan Isra dan mi’raj. Dalam kisah yang dituturkan oleh Dr. Mohsen, seluruh Nabi dikumpulkan oleh Allah SWT di Masjid al-Aqsa. Tujuan dikumpulkannya bukan lain adalah sebagai symbol perpindahan dari kepemimpinan yang diserahkan pada khatimul anbiya ini.
  • Rasulullah pernah bersabda, “Itulah para malaikat yang membentangkan sayapnya atas Syam”. Dengan kata lain, Palestina merupakan bagian bumi yang dinaungi oleh bentangan sayap para malaikat di atasnya.
  • Nantinya tanah Palestina ini akan dijadikan sebagai mahsyar dan mansyar. Tempat ini dijadikan sebagai tempat berkumpulnya manusia sebelum hari kiamat.
  • Rasulullah pernah bersabda bahwa ….ketahuilah bila terjadi berbagai fitnah sesungguhnya iman itu di Syam. Tempat ini dirundung fitnah dan petaka.
  • Di dalam hadits Abu Darda telah disampaikan bahwasanya Palestina adalah negeri di mana Jihad akan terus selalu berkobar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah ….dan barang siapa yang menduduki salah satu pesisir dari pesisir-pesisirnya maka ia dalam jihad.
  • Baitul Maqdis adalah tempatnya sekelompok umat Islam yang tetap berpegang teguh dalam kebenaran. Hal ini ada dalam hadits riwayat Abi Umamah hadits marfu’, lihat Dr.Mohsen, at-Thariq Ila al-Quds, hal.51.
Baca juga:  10 Destinasi Wisata di Aqsa Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Dengan beberapa alasan diatas, kita semakin yakin bahwa Palestina merupakan tempat yang sangat istimewa di hati para umat Muslim. Walaupun serangan yang bertubi-tubi terus terjadi namun tidak menyurutkan semangat untuk terus berjihad.

Di dalam sejarah Islam, sudah banyak sekali peperangan yang terjadi di Palestina. Peperangan tersebut antara lain adalah perang Ajnadin, Fahl Bisan, Yarmuk, Hithin dan ‘Ain Jalut. Semua para sahabat dan tabiin berjuang hingga titik darah penghabisan di tanah Palestina. Semua yang dipaparkan diatas tentu saja merupakan bukti nyata dari sejarah bahwasanya islam tidak dibatasi oleh territorial seperti yang selama ini dianut oleh konsep nation-states Barat. Semua yang kita lakukan dengan membela sesame umat muslim di Palestina merupakan bukti cinta kita pada Islam. Hal ini sangat erat kaitannya dengan akidah dan juga eksistensi keislaman seorang muslim.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!