+62 811 114 280 [email protected]

Makanan Khas Jepang Yang Mudah Dibuat Sendiri Dan Banyak Disajikan Saat Musim Dingin

makanan khas jepang

Berbagai makanan khas Jepang tentu sudah sering Anda jumpai, seperti onigiri atau nasi kepal khas Jepang yang dibalut dengan Nori (rumput laut). Selain itu, Jepang juga memiliki banyak macam makanan tentunya lezat dan bergizi. Di sini akan dijelaskan mengenai makanan Jepang.

Tentang Makanan Khas Jepang

Jepang terkenal dengan makanan yang sehat, di mana tidak menggunakan bumbu barbau tajam dan rempah-rempah dari biji-bijian yang dihaluskan. Selain itu masakan Jepang terbuat dari hasil pertanian dan makanan laut yang memang memiliki pengelolaan cukup baik, serta pada umumnya makanan Jepang itu sendiri mengandung banyak garam dan rendah lemak.

Bisa dikatakan jika makanan khas Jepang itu unik. Salah satunya makanan tradisional Jepang, yaitu wagashi (berbagai jajanan tradisional Jepang dengan rasa manis), camilan ini biasanya akan dinikmati dengan secangkir teh hijau. Lalu, untuk makanan khas Jepang yang mudah dibuat seperti onigiri, sushi, takoyaki, yakitori, sashimi, okonomiyaki, taiyaki, dorayaki dan masih banyak yang lagi.

Mengetahui Makanan Jepang Yang Halal

Bagi Anda yang muslim dan ingin pergi ke Jepang, tidak perlu bingung lagi atau susah-susah membawa makanan yang halal ke sana karena di Jepang sudah banyak tempat makan atau resto yang menyajikan makanan khas Jepang halal dan tentunya sudah memiliki sertifikat halal secara resmi.

Hidangan yang disajikan pada setiap negara memang berbeda-beda karena memiliki ciri khas atau keunikannya sendiri, seperti keunikan dari makanan Jepang ini. Berikut keunikannya yang bisa dengan mudah dikenali dan dirasakan adalah :

  1. Menggunakan nori 
    Banyak makanan Jepang yang memanfaatkan  nori (rumput laut) dalam penyajiannya, sehingga bau amis dari rumput laut tersebut menjadi aroma khas makanan Jepang.
  2. Porsi kecil
    Jika Anda melihat makanan Jepang yang disajikan seringkali ditempatkan pada piring-piring kecil, seperti  sushi atau onigiri. Hal ini dilakukan karena hidangan Jepang masing-masing dibuat dalam ukuran kecil agar bisa dinikmati dengan berbagai hidangan lainnya yang bisa menyeimbangkan gizi.
  3. Menggunakan beras khusus
    Beras yang digunakan di Jepang untuk membuat disajikan, memiliki tekstur beras yang lebih lembut dan lebih lengket, seperti yang digunakan untuk sushi yang sering disajikan restoran Jepang.
  4. Banyak menggunakan ikan salmon
    Masyarakat Jepang memang terkenal suka mengkonsumsi ikan. Namun, jenis ikan yang paling banyak digunakan dalam makanan Jepang yaitu salmon dengan daging berwarna orange.
  5. Banyak menggunakan bahan mentah
    Hidangan di Jepang memang banyak disajikan dalam keadaan segar menggunakan bahan mentah. Seperti bahan makanan ikan yang biasa disajikan mentah.
Baca juga:  Fakta Unik Tentang Selat Gibraltar

Apa Saja Makanan Khas Jepang Saat Musim Dingin?

Berbagai makanan Jepang yang lezat dan tentunya bergizi bisa dengan mudah Anda temukan, apalagi saat musim dingin Anda akan menemukan banyak resto yang akan menyajikan makanan hangat, jadi Anda perlu tahu apa saja makanan khas Jepang di musim dingin?

  1. Sukiyaki
    Makanan ini biasanya disajikan dengan hot pot, di mana hidangan ini berisi daging sapi yang diiris tipis dan dimasak langsung di atas meja dengan api yang kecil, selain daging ada sayur mentah untuk melengkapi hidangan tersebut.
    Selain itu, untuk hidangan sukiyaki biasanya menggunakan  bumbu seperti kecap, gula, dan mirin (bumbu dapur Jepang yang berupa cairan alkohol yang berwarna kuning, rasanya manis karena ada campuran gula) yang memberi rasa yang khas.
  2. Ramen
    Tentu sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini, ramen menjadi salah satu makanan Jepang yang populer di  masyarakat hampir  seluruh dunia. Ramen ini biasanya dilengkapi kuah yang terbuat dari air kaldu serta mie yang diberi lauk  beberapa topping seperti tempura, ikan, daging, dan juga daun bawang yang membuat rasa mie ramen menjadi  lebih lezat dan gurih.
  3. Sup Miso
    Sup miso biasa disajikan untuk makanan pembuka, isi makanan ini ada dashi(bumbu yang  digunakan untuk membuat kaldu ikan), miso dan tahu. Miso sendiri adalah produk bumbu khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang  difermentasikan.
  4. Shabu Shabu
    Shabu Shabu adalah hidangan yang memiliki bahan-bahan dan cara memasak hampir seperti sukiyaki. Untuk Shabu shabu  berisi daging yang diiris tipis dan sayuran yang dimasak dengan kuah yang disediakan sebelumnya.  Shabu shabu ini mempunyai rasa yang  gurih dan tidak terlalu manis seperti sukiyaki karena setelah daging dimasak di dicelupkan dalam minyak wijen dan dimakan bersamaan dengan nasi yang sudah disajikan sebelumnya.
Baca juga:  Ini Dia 5 Budaya Jepang yang Unik

Itulah beberapa hidangan makanan khas Jepang yang bisa Anda temukan di Indonesia. Anda bisa menemukan menu dengan rasa yang gurih, manis, maupun asin. Hidangan yang disajikan bisa sesuai dengan musimnya. Selain itu, ada juga makanan Jepang yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahannya yang mudah ditemukan.

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!