+62 811 114 280 [email protected]

Sebelum Berangkat, Yuk Ketahui Sunah Haji Berikut Ini

sunah haji

Ibadah merupakan salah satu bentuk perilaku yang merupakan bakti kepada Allah SWT, dengan penuh kesadaran untuk menjalani segala bentuk perintah sekaligus larangan – Nya. Salah satu ibadah yang ada dalam Islam adalah ibadah haji.

Apa itu Haji?

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam selain syahadat, sholat, puasa, zakat. Ibadah ini merupakan kewajiban bagi setiap pemeluk agama Islam bagi yang memiliki kemampuan secara jiwa jiwa dan raga, ilmu dan mampu dalam hal materi materi. Ibadah ini paling tidak dilakukan satu kali seumur hidup.

Secara istilah haji memiliki arti ziarah ke tempat tertentu pada waktu tertentu lalu melakukan amalan tertentu yang diniatkan ibadah kepada Allah SWT. Adapun tempat yang dikunjungi adalah Baitullah atau Kabah, Mina, Padang Arafah dan Muzdalifah.

Sunah Haji

Haji terdiri dari beberapa hal diantaranya rukun haji, syarat wajib, dan sunah. Semua itu dilakukan untuk membuat ibadah haji sempurna. Nah pada kali ini kami akan membahas tentang sunah dalam melakukan ibadah ini.

Sunah haji adalah suatu bentuk amalan ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapat balasan pahala, namun apabila tidak dikerjakan tidak akan mendapat dosa. Sunah pada haji sebaiknya tetap dilaksanakan agar menyempurnakan pahala ketika beribadah nantinya.

Lalu, apa saja sunah dalam haji? Berikut kami paparkan beberapa sunnah haji yang patut anda ketahui.

  1. Mandi ketika ihram
    Sunah pertama yang perlu dilakukan ketika mandi baik itu bagi laki – laki maupun perempuan yang dalam keadaan haid maupun suci . Perintah mandi tersebut semata – mata untuk kebersihan diri sebelum melaksanakan ibadah.
  2. Thawaf Qudum
    Selanjutnya adalah  thawaf qudum, yaitu thawaf yang dilakukan oleh orang – orang ketika baru tiba di Makkah sebagai bentuk penghormatan kepada Kabah. Sunah haji tersebut dilaksanakan ketika orang – orang datang dari luar Makah mengunjungi kabah.
  3. Mabit di Mina
    Mina adalah tempat yang didatangi para jamaah hari saat tanggal 8 Dzulhijjah. Mabit atau bermalam di Mina merupakan sunah bagi jamaah haji. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan ketika bermalam di Mina yaitu tahalul awal, melempar jumrah aqabad dan mengambil nafar tsani atau nafar awal.
  4. Idhtiba
    Sunah haji selanjutnya yang bisa dilakukan jamaah hati yaitu Idhtiba. Idhtiba merupakan cara memakai kain ihram dengan membuka bahu pada sebelah kanan lalu menutup bahu sebelah kiri dengan kain ihram.
  5. Raml
    Raml ialah berjalan cepat dengan cara memendekkan langkah kaki. Sunah ini diperuntukkan bagi jemaah haji yang laki – laki saja. Sunah ini dilakukan dengan berjalan cepat pada tiga putaran pertama. Lalu selanjutnya dilakukan dengan jalan biasa.
  6. Mencium Hajar Aswad 
    Sunah haji yang lain adalah mencium hajar aswad. Hajar aswad sendiri merupakan batu yang diturunkan dari surge, awalnya berwarna putih namun berubah menjadi hitam karena dosa manusia.
  7. Sholat di Hijr Ismail
    Hijr Ismail merupakan bangunan yang  berada pada sisi kabah dengan bentuk piring dan terdapat pancuran emas di atasnya. Kawasan ini tidak pernah sepi, sebab dengan melaksanakan sholat di Hijr Ismail akan mendapatkan kemuliaan sholat yang dilaksanakan di Kabah.
  8. Membaca Talbiyah
    Secara bahasa talbiyah memiliki arti pemenuhan, pengabulan, jawaban atas sebuah panggilan yang didasari niat dan ikhlas. Sedangkan secara istilah, talbiyah merupakan kalimat yang diucapkan untuk memenuhi sebuah panggilan Allah ketika dalam keadaan muroh maupun ibadah haji.
  9. Minum Air Zam – zam
    Sunah haji selanjutnya adalah minum air zam – zam. Air zam – zam sendiri memiliki banyak keutamaan dan keberkahan di dalamnya. Air ini bertempat di Masjidil Haram, jaraknya dengan Kabah kurang lebih 20 meter. Adapun adab ketika meminum air zam – zam yaitu membaca basmalah, lalu membaca doa minum air zam – zam, minum menggunakan tangan kanan, minum dengan posisi duduk, terakhir jangan terburu – buru ketika meminumnya.
  10. Berdoa ketika melihat Kabah
    Salah satu momentum yang ditunggu – tunggu jamaah hari adalah melihat kabah. Ketika jamaah haji melihat kabah maka dianjurkan untuk mengucap syukur serta pujian yang ditujukan kepada Allah SWT ketika melihat sesuatu yang indah dan mengagumkan.
  11. Mengucapkan doa ketika masuk Masjidil Haram
    Masjidil haram merupakan masjid yang terletak di pusat kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat paling suci bagi umat Islam, sehingga memiliki keistimewaan dan keutamaan. Untuk itu sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca doa ketika memasuki Masjidil Haram.
Baca juga:  Derawan Island, Salah Satu Alternatif Destinasi Liburan

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai sunah – sunah dalam beribadah haji. Ketahui juga ilmu – ilmu lain terkait ibadah wajib haji ini, agar nilai dan pahala yang didapat ketika melangsungkan ibadah maksimal dan terus meningngkat. Semoga kita semua dimudahkan jalannya untuk menunaikan ibadah ini, aamiin.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
× WA 0811114280 Sekarang!